Pembahasan Soal Ujian Nasional SMA 2016

Berisi PDF soal UN SMA 2016 yang dapat diunduh gratis plus video pembahasan soal ujian nasional untuk semua mata pelajaran yang diujikan di UN SMA 2016.

Halo semuanya.. Sesuai judulnya, udah ketahuan lah ya apa yang bakal lo dapatkan dari artikel ini. Yap, kita mau kasih link LENGKAP video pembahasan soal Ujian Nasional SMA 2016 yang dijalani sama kakak-kakak angkatan lo lalu April 2016, baik untuk IPA maupun IPS!

Mungkin sebagian dari lo merasa kalo sekarang ini terlalu cepet untuk mikirin Ujian Nasional. Yah, mungkin emang agak sedikit kecepetan. Tapi dengan jadwal kelas 12 SMA yang super padat, ga ada salahnya untuk nyicil dari sekarang. Minimal lo bisa sekedar ngintip dulu seperti apa sih tingkat kesulitan soal Ujian Nasional itu. Dengan begitu lo jadi bisa menyusun prioritas belajar hingga beberapa bulan ke depan.

Ada satu rahasia umum yang berharga banget untuk lo ketahui sebagai siswa/i kelas 12 yang lagi di penghujung masa belajar di bangku sekolah. Sebenarnya, lo bisa jauh lebih unggul kalo lo nyicil UN sedini mungkin. Kok bisa? Kalo lo bisa nyicil belajar UN dari sekarang, lo bisa punya waktu lebih banyak nantinya untuk fokus ke persiapan SBMPTN atau ujian masuk PTN lainnya. Persiapan belajar buat Ujian Nasional dibandingkan SBMPTN itu beda lho. Kalo lo udah mulai intip dan bandingin soal UN dengan soal SBMPTN, kerasa banget deh, tingkat kesulitan soal SBMPTN tuh gila banget! Soal Ujian Nasional ga seberapa dibandingin SBMPTN. Jadi, ada baiknya lo rampungin persiapan UN sesegera mungkin, biar nanti bisa punya waktu lebih banyak buat mantepin SBMPTN.

Cara paling praktis untuk meraba-raba tingkat kesulitan UN yang akan lo hadapi tahun depan adalah dengan mencoba ngerjain soal UN tahun sebelumnya dong! Yuk, langsung aja lo intip satu per satu soal sekaligus pembahasan UN SMA 2016.

Student talking in a video call on line with headsets and a laptop in a desk at home
Student talking in a video call on line with headsets and a laptop in a desk at home

PEMBAHASAN SOAL UN SMA 2016

*****

Kalo lo ga puas cuma ngerjain soal UN SMA 2016 aja, lo bisa lanjut latihan ngerjain soal UN dari tahun-tahun sebelumnya di zenius.net:

Oiya, sebagian dari lo mungkin ada yang mikir kalo soal UN 2017 nanti agak sulit diprediksi karena materinya kecampur-campur antara Kurikulum 2013 Revisi, Kurikulum 213 (non-revisi), dan materi KTSP 2006. Buat lo yang kebingungan sama variasi soal UN 2017 nanti, gak perlu khawatir. Nanti Zenius Blog pasti akan posting artikel panduan belajar UN 2017 oleh masing-masing tutor setiap mata pelajaran yang akan disesuaikan dengan SKL (kisi-kisi) dari pemerintah, sekaligus mengarahkan lo ke materi-materi, baik dari KTSP maupun K13, supaya upaya belajar lo jadi lebih tepat sasaran!

Oke deh. Silakan disantap dengan lahap semua soal di atas. Sekali lagi gue mau ingetin, ketika lo drill soal-soalnya, jadikan kesempatan itu buat nguasaain konsepnya ya, bukan sekedar hafalin tipe soal. Jadi kalo soalnya ntar dibelok-belokin kayak gimana juga, lo ga bakal kewalahan. Selamat belajar ya.. 🙂

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Fanny tentang pembahasan soal UN 2016 dan persiapan UN, langsung aja tinggal comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.