Tips Biar Pede Menghadapi Ujian Nasional

Tips Biar Pede Menghadapi Ujian Nasional

Halo rekan-rekan Zenius, terutama kamu-kamu yang sepertinya lagi stres menghadapi ujian nasional minggu depan. Sebelum stresnya makin nggak bisa dikendalikan, ada baiknya nih, kamu baca dulu tips-tips di bawah ini, biar makin pede buat ngadepin ujian apapun yang bakal kamu ikutin. Tipsnya sebenernya simpel yah kalau dibaca, tapi kalau kamu lakuin step-stepnya secara tepat, bakalan kerasa deh manfaatnya. Nah, sebelum kita mulai, ada baiknya nih, kalau kamu membaca tulisan tentang bedanya belajar buat persiapan ulangan dgn sbmptn, biar kamu bisa nentuin cara belajar yang kira-kira sesuai dengan jenis ujian yang mau kamu tempuh.

Menghadapi Ujian

Oke, sebelum kita masuk ke step-stepnya, ada baiknya kamu tau bahwa stres dan kecemasan itu sebenernya penting dalam kehidupan sehari-hari. Stres memberikan energi kepada kita untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas harian kita. Stres mampu membuat kita paham bahwa ada hal yang harus didahulukan dari hal-hal lainnya. Stres semacam ini menurut ahli endokrinologi Hans Selye, dinamakan eustress, yang disebut juga 'good stress' atau stres yang berdampak positif. Namun stres tipe ini apabila tidak dihadapi dengan baik, akan menjadi distress, atau 'bad stress', di mana tekanan psikologis yang kamu alamin terasa semakin parah dan malah menghambat ujian kamu. Ga mau ngalamin kan stres yang kaya gini? Makanya, stres tuh walau diperlukan, tetap harus kita atur. Nah, dengan adanya stres, kamu sebenernya sih sudah memiliki senjata psikologis untuk menghadapi ujian. Tapi tentunya stres ini juga harus dikendalikan agar tidak menjadi distress yang justru akan mengganggu performa kamu dalam ujian.

Persiapan Menjelang Ujian

Hal yang paling penting dalam menghadapi ujian tentu saja penguasaan kamu terhadap hal-hal yang akan diujikan tersebut. Nah, buat kamu yang ngerasa belum siap, sekaranglah waktunya untuk mempersiapkan diri, sebelum akhir minggu menjelang ujian. Untuk membantu kamu me-refresh memori kamu untuk mata pelajaran Matematika, misalnya, kamu bisa mengikut petunjuk persiapan belajar UN Matematika SMA di zenius.net.

Apabila ujian kamu mulai hari Senin, misalnya, usahakan pada hari Sabtu dan Minggu sebelumnya kamu tutup buku-buku pelajaran tersebut, dan menikmati akhir minggu dengan tenang, lakukan apa yang menurut kamu menyenangkan. Percaya deh, dengan ngelakuin ini, kamu bakal lebih tenang ngadepin ujian, bukan malah sebaliknya. Nah, selain itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa kamu lakukan sebelum ujian, antara lain:

  • Malam sebelum ujian, usahakan untuk tidur lebih cepat ketimbang hari-hari biasanya.
  • Pagi menjelang tes, usahakan makan makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Datang lebih awal di sekolah, lalu usahakan untuk ngobrol dengan teman-teman yang kira-kira dapat membuat hati kita tenang. Hindari untuk berbicara dengan teman-teman yang kamu nilai bakal ngomong "wah gue belom belajar nih", atau "duh gue ga siap deh nih", dsb. Usahakan ngobrol mengenai hal-hal ringan dan tidak menggunakan kapasitas otak yang berlebih.
  • Kalau kamu ga nemu orang yang bisa diajak ngobrol nyantai, dengerin musik aja pakai earphone.
  • Kalau bisa memilih tempat duduk, usahakan tempat duduk kamu berada di tempat yang paling minim gangguan serta cahaya yang memadai.
  • Usahakan bawa cemilan, lalu kalau kamu ngerasa panik, maka nyemil lah sebelum atau antara satu ujian dengan ujian lainnya.
  • Dan, yang paling penting adalah, bentuklah konsep pemikiran dalam otak kamu bahwa ujian ini adalah sarana untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kamu dalam satu subjek tertentu.

Udah dapat gambaran belom kira-kira, apa aja yang harus dilakukan sebelum ujian? Kalau udah, nah berarti kamu udah bisa ngebayangin kan, suasana sebelum ujian yang akan kamu tempuh seperti apa? Yuk, mari kita melangkah ke cara menghadapi tes itu sendiri, ketika kita mengerjakan tes tersebut.

Ketika Ujian Berlangsung

Duduk rapi, sudah. Alat-alat ujian, sudah dirapikan. Kartu ujian, sudah dipersiapkan. Lalu tiba saatnyalah sang pengawas membagikan soal ujian. Jreeeng...! Tiba-tiba semua yang udah kamu pelajarin serasa blank. Kok bisa yah? Itu namanya distress yang tadi baru kita bahas di atas. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya kamu lakukan step-step seperti di bawah ini:

  • Biasanya kalau di kertas ujian kan ada instruksi cara menjawab tuh, nah, kali ini dibaca deh pelan-pelan. Walaupun itu instruksi nggak berubah-ubah dari zaman dulu, tapi membaca instruksi membuat kita larut dalam ujian sebelum kita membaca soal-soalnya terlebih dahulu. Dengan kata lain, membaca instruksi membuat kita engage sama aktivitas ujian.
  • Baca keseluruhan soal secara cepat, dari nomer satu sampai nomer terakhir. Hal ini diperlukan untuk menentukan kecepatan yang kita butuhkan untuk menjawab masing-masing soal.
  • Gunakan waktu-waktu awal ujian kita untuk menjawab soal yang paling simpel. Hal ini baik untuk membangkitkan rasa percaya diri kita akan keseluruhan ujian.
  • Jika memungkinkan, tulis rumus-rumus dasar untuk mata-mata pelajaran eksak di tepi soal ujian agar kita bisa langsung mengerjakan soal-soal serupa dengan memilih dari rumus-rumus tersebut. Hal ini sangat penting untuk menghemat waktu untuk mengerjakan soal-soal kala ujian.
  • Yang paling penting adalah, ujian itu adalah sarana untuk menilai kemampuan pribadi kamu. Jadi jangan sampai kamu terdistrak dengan teman-temanmu yang mengumpulkan ujian mereka terlebih dahulu. Itu adalah urusan mereka dengan nilai mereka sendiri. Urusan kamu adalah dengan nilai ujian kamu yang sedang kamu kerjakan.

Selain step-step umum di atas, ada juga nih, untuk kamu-kamu yang masih ngerasa stres atau panik ketika ujian tengah berlangsung, beberapa teknik relaksasi dasar yang sudah teruji mampu untuk mereduksi stres dalam kondisi apa pun, temasuk ujian. Beberapa di antaranya adalah:

  • Tarik napas dalam-dalam secara perlahan kemudian hembuskan secara perlahan pula. Lakukan ini selama lima kali atau sampai kamu merasa tenang.
  • Pejamkan mata kamu sekuat-kuatnya selama kurang lebih lima detik, lalu perlahan-lahan lemaskan sampai mata kamu terbuka.

Sudah merasa lebih tenang? Nah, berarti saatnya untuk menanamkan pikiran-pikiran baru dalam pikiran kamu mengenai ujian, antara lain:

  • Di saat ujian, kamu punya kontrol penuh dengan semua hal yang ada di sekeliling kamu, hindari rasa takut akan tes itu sendiri. Tes itu kamu yang isi dan kamu sendiri yang memiliki kuasa atas hasil tes tersebut.
  • Pikirkan bahwa setiap menjawab tiap soal yang ada, kamu telah melakukan yang terbaik atas diri kamu selama belajar tentang hal yang diujikan

Setelah Ujian Selesai

Kamu semua pasti merasa sangat lega apabila telah selesai mengikuti ujian. Namun, pada beberapa orang di antara kamu, perasaan penasaran dan/atau sedikit menyesal sedikit banyak muncul dalam benak. Nah, sekarang gimana caranya untuk bisa benar-benar merayakan keberhasilan kita dalam menjalankan tes? Serta bagaimana kita dapat mengikuti tes-tes selanjutnya dengan lebih merasa pede? Simak bagian berikut ini.

Ada dua hal yang mungkin kejadian kalau kamu keluar ruangan ujian, pertama yaitu membahas ujian dengan teman-teman, kedua yaitu merayakan keberhasilan telah menjalani ujian walaupun belum mengetahui hasilnya apa. Nah, kalau bisa, yang pertama ini dihindari. Sebisa mungkin kamu hindari pembahasan soal-soal dengan teman TEPAT setelah keluar ruangan kelas. Ini akan menciutkan rasa percaya diri kamu, serta hanya menanamkan rasa penyesalan yang sebenarnya tidak perlu muncul. Yang terbaik adalah untuk merayakan dengan teman-teman, bisa dengan makan-makan, nongkrong, atau aktivitas menyenangkan lainnya. Lalu setelah ada waktu sendirian, baru deh kamu cek bagian mana dari ujian yang baru aja kamu ikutin yang kamu rasa paling sukses sehingga kamu bisa pertahankan strategi itu, serta bagian mana yang paling kamu anggap menghambat. Hal ini berguna untuk efisiensi cara kamu mengikuti ujian-ujian berikutnya.

Oh iya, sekali lagi, apa pun hasil ujian yang kamu terima, itu merupakan hasil pembelajaran kamu selama sekolah. Oleh karena itu, dengan hasil ujian yang akan kamu terima, kamu bisa mengukur kemampuan pribadi kamu dalam mata pelajaran tertentu, dan sekali lagi, bukan untuk membandingkan kemampuan kamu dengan siswa lainnya. Sudah merasa lebih siapan? Yuk, mari kita tutup buku pelajaran menjelang weekend, nikmati akhir minggu kamu, lalu berangkat ke tempat ujian dengan perasaan tenang. Good luck, Guys!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Faisal Aslim adalah senior tutor Sejarah di Zenius Education tahun 2013-2016. Faisal mengambil gelar Pascasarjana di Jurusan Psikologi Klinis - Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Faisal at @ularnegeri

  • Khaidarsyah

    Wah masih deg-deg an nih ngadepin UN

    • Afiva Ryani

      iyaa nih, apalagi di hari pertama UN, rasanya deg-deg an banget. .

  • ardy

    un i miss u so bad

    im coming

  • Tonny

    I'm not ready to face the national exam.

  • corecrysis

    biologi-nya masih deg deg ser nih -,-

  • nadia

    biologiiiii..............................

  • Rama

    kasi tips biar tenang menghadapi ujian matik dong 😀

  • Pingback: Tips Menghadapi Rasa Takut Menjelang SBMPTN 2013 | SMAN 7 DEPOK()

  • frena

    makasih tipsnya ya.. soalnya dari dulu selalu panik setiap mau ulangan biologi sama fisika......

  • Raudhatul Jannah

    makasih tipsnya:)

  • makasih tipsnya, di save dulu nih..
    itu gue pikir gambarnya siswa lagi megang rokok.. hhehe

  • Gesang Prihartanto

    Terimakasih.

  • boni matonu

    Tetep aja ane masih deg2 gan :')

  • Tiaradwik

    wah keren juga tipsnya! rada sedikit ga deg2an si ya//.thanks hehhe

  • Dhedi

    tetep deg-deg'an sy . tinggal beberapa hari lagi soalnya...

  • Kenang As Smartoryu

    Cukup buat modal persiapan mental. Thanks ^^

  • Moh. Fitrah G

    waaaaah k' walaupun weekend rasanya tidak tenang klo buku mau ditutup T_T, andai saja UN ditunda seminggu saja XD

  • firmaan

    UN i'm coming 😀

  • Paling mulai gak insecure dan gak comfort ketika salah seorang teman udah mulai mengumpulkan jawaban duluan. Rasa sesak kencing, seseak beraklah, keringetanlah, kaki manyun2lah, degub jantung semakin kencanglah, duh ini yg bkin mati kutu.

    Kemarin waktu TO, ada 3 orang siswa di belakang saya duduknya, dan mereka masih sempat nanya2in ini itu, gue sih ngacangin aja. Justru krna itu mereka lebih cepat kluarnya. Oh kampret, jadi merasa panik takut ditinggalin deh gue. Takut tinggal sendirian dlm ruang kelas juga. Tpi alhamdulillah, TO gue ada di peringkat pertama nama gue

  • Philip Lambok

    keren boys artikelnya,,,

  • Dea Asrini Mas’ud

    Makasih yah kak 😉

  • Sarah Zhafira

    Kak, nanya deh..
    Kalo misalkan kita ngelakuin hal2yg menyenangkan, biar enggak stress, tapi itu enggak bakalan ngilangin apa yg udah dipelajarin kan? Kan takutnya ketagihan buat refreshing

  • meilawati

    terima kasih atas sarannya, lumayan tenang seteah baca saran2 yang anda post kan,, makasih Bang 🙂

  • Muhammad Zakiy Fadlullah

    Rada deg-degan juga bacanya, tapi thanks buat infonya (y)

  • anisa

    ujian nasional bikin setres ._.

  • Muthia Permatasari

    makasih kak atas tips2nya. semoga lancar nih UN nya. #2015

  • Entah kenapa, gara-gara di sekolah pake UN CBT (Computer Based-Test) malah jadi bersemangat, nyaman, dan kebelet UN wkwk

  • elfandy

    jangan lupa puup atau pipis dirumah sebelum masuk ruang ujian, percayalah kebelet itu salah satu faktor gagal ujian hahah