Struktur Teks Biografi, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

struktur teks biografi

Di materi Bahasa Indonesia Kelas 10 ini, kita akan membahas struktur teks biografi. Selain itu, kaidah kebahasaan teks biografi juga bakal diuraikan di sini. Yuk, simak penjelasannya!

Berjumpa kembali kita di materi tentang kepoin orang lain! Oh, ya, buat elo yang belum baca pengertian teks biografi, silakan dicek di sini, karena sebelumnya udah pernah gue bahas. Hehe!

Kenapa materi tentang teks biografi itu tentang kepo? Karena elo bisa tahu banyak hal tentang orang lain atau tokoh melalui teks biografi. Jadi, kepo sebenernya juga bermanfaat, kalau keponya sama hal-hal yang berguna, misalnya tentang kisah kehidupan tokoh yang menginspirasi.

Secara harfiah, pengertian dari biografi adalah karya sastra yang berisikan riwayat hidup seorang tokoh, yang biasanya memuat prestasi atau pencapaian istimewa tokoh tersebut. 

Nah, berdasarkan pengertian tersebut, bisa kita simpulkan bahwa teks biografi termasuk cerita ulang atau rekon yang memiliki nilai sejarah dan pemberitaan tokoh. Cerita ulang biasanya disajikan secara kronologis atau mengikuti urutan waktu. 

Cerita ulang dibuat untuk memberikan informasi bagi pembacanya tentang kehidupan seorang tokoh dan pencapaiannya. Tujuannya agar cerita tokoh tersebut dapat diteladani dan dapat menginspirasi banyak orang.

Terdapat tiga jenis teks biografi atau cerita ulang, yaitu:

  1. Cerita ulang personal, contohnya buku harian dan surat pribadi
  2. Cerita ulang fakta, contohnya catatan sejarah, autobiografi, dan berita di media massa
  3. Cerita ulang imajinasi, contohnya dongeng, novel, dan cerpen. 

Selain teks biografi, ada juga teks autobiografi. Dalam teks biografi cerita ditulis oleh orang lain, sedangkan jika tokoh itu sendiri yang menulisnya disebut autobiografi. Kalo mau tau lebih lanjut tentang pengertian, ciri-ciri dan struktur teks autobiografi, jangan lupa mampir ke sini, ya!

Ilustrasi struktur teks biografi
Ilustrasi struktur teks biografi (Arsip Zenius 2022).

Nah, kalau kepo sama tokoh-tokoh aja punya manfaat, apalagi kalau elo bisa membuat teks biografi yang bermanfaat untuk orang lain. Oleh karena itu, mari disimak caranya membuat struktur teks biografi yang oke!

Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi
Struktur teks biografi (Arsip Zenius 2022).

Umumnya, teks biografi itu terdiri dari tiga struktur, yaitu orientasi (pendahuluan), peristiwa dan masalah, dan reorientasi (penutup). Membaca teks biografi itu kan fungsinya adalah mengenal kehidupan orang lain atau tokoh. Jadi, anggap aja struktur biografi adalah cara supaya pembaca bisa berkenalan dengan tokoh tersebut dengan alur tulisan yang enak buat dikepoin.

Oke, jadi apa aja langkah-langkah berkenalan dengan tokoh lewat teks biografi? Yuk, kita bahas satu per satu!

Baca Juga: 10 Salah Kaprah dalam Bahasa Indonesia

1. Orientasi (Pendahuluan)

Kalau elo pengin kenal sama seseorang, apa langkah pertamanya kira-kira? Tentunya elo akan bertanya hal-hal dasar terlebih dahulu dengan orang tersebut. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, inti dari struktur yang pertama ini adalah pengenalan tokoh, melalui hal-hal yang dekat dengan tokoh tersebut.

2. Peristiwa dan Masalah

Selanjutnya, setelah elo mulai tahu, nih, apa biodata atau latar belakang pribadi dari tokoh yang pengin dikepoin, baru kita masuk ke peristiwa dan masalah apa aja yang dialami dalam hidup. Tentunya, kalau berkenalan dengan orang lain, elo gak bisa tiba-tiba nanya, “Masalah apa aja yang pernah kamu hadapi?” 

“Lah, kenal aja belum, kok tiba-tiba nanya masalah gue.” Begitu mungkin perasaan tokoh tersebut di dalam hatinya. Hehe!

Di struktur yang kedua ini, elo bisa menuliskan berbagai hal tentang peristiwa dan masalah yang tokoh tersebut hadapi selama hidupnya. Misalnya, peristiwa menyenangkan dan menyedihkan apa aja yang pernah dialami.

3. Reorientasi (Penutup)

Di struktur terakhir ini, isinya adalah pandangan dari penulis teks biografi terhadap tokoh tersebut. Bagian terakhir dalam teks biografi ini disebut dengan istilah reorientasi. Isi bagian ini memaparkan pernyataan berupa simpulan atau komentar evaluatif terkait rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.

Kalau dengan dua struktur sebelumnya, elo bisa tahu tentang biodata pribadi dan peristiwa serta masalah dari seorang tokoh. Nah, di bagian ini, elo bisa kasih feedback atau tanggapan terhadap orang atau tokoh tersebut. 

Jadi, di struktur ketiga ini, isinya adalah opini dari penulis teks biografi tokoh, atau opini elo terhadap orang yang elo ajak berkenalan.

Sebenarnya, bagian reorientasi ini sifatnya opsional. Jadi, ketika elo membaca suatu teks biografi, mungkin aja elo menemukan opini penulis di akhir tulisan, mungkin juga nggak.

Setelah elo tahu apa aja struktur dari teks biografi, selanjutnya gue bakal kasih tahu apa aja ciri-ciri dari teks biografi. Ayo kita lanjut!

Ciri-Ciri Teks Biografi

ciri-ciri teks biografi
Ilustrasi ciri-ciri teks biografi (Arsip Zenius 2022).

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan kalau elo mau membuat teks biografi, yaitu:

  1. Salah satu ciri dari biografi adalah informasi yang disajikan berdasarkan fakta-fakta dari tokoh tersebut.
  2. Gaya penulisan dibuat semenarik mungkin, yaitu dalam bentuk narasi.
  3. Kisah yang ditulis bersifat inspiratif, yaitu untuk memengaruhi pembaca
  4. Terdapat kesan dan pesan dari tokoh atau seseorang yang dituliskan.
  5. Terakhir, yang jadi salah satu ciri teks biografi adalah terdapat kesan dan pesan dari tokoh atau seseorang yang dituliskan.

Setelah tahu tentang struktur dan ciri-ciri dari teks biografi, selanjutnya kita lanjut ke kaidah kebahasaannya, yuk!

Baca Juga: Struktur dan Contoh Ringkasan Buku – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

  1. Dalam menceritakan tokoh, penulis menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal, yaitu beliau, dia, atau ia. Ini bisa digunakan bergantian dengan penyebutan nama tokoh.
  2. Karena menjelaskan peristiwa atau perbuatan yang dilakukan tokoh, sehingga teks biografi menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan hal tersebut.
  3. Kata sifat banyak digunakan dalam mendeskripsikan tokoh tersebut.
  4. Kata kerja pasif kerap digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh.

Secara kaidah kebahasaan, teks biografi memang mirip dengan teks cerpen, karena keduanya sama-sama berupa cerita ulang. Meskipun mirip, tetapi biografi berbeda dengan cerpen ya. 

Biografi termasuk contoh karya nonfiksi karena teks biografi berisi informasi faktual yang berupa kisah nyata pengalaman hidup tokoh yang diceritakan. Pengalamannya tersebut benar-benar terjadi di masa lalu, bukan berdasarkan imajinasi penulisnya seperti dalam cerpen. 

Teks biografi biasanya ditulis dalam bentuk naratif. Artinya, ide pokok paragraf dalam teks tersebut tidak terdapat dalam satu kalimat utama, tetapi diurai dalam semua kalimat pada paragraf tersebut.

Jadi, nggak perlu heran kalau ada banyak informasi termuat dalam satu paragraf teks biografi. Misal, info terkait nama tokoh, tempat kelahiran, usia, sampai profesinya saat ini dijadikan dalam satu paragraf saja.  

Kita udah bahas banyak banget, nih. Supaya elo makin oke pemahamannya, silakan kerjain soal-soal yang gue siapin di bawah ini, ya. Selamat mengerjakan!

Baca Juga: Struktur Puisi, Unsur, Ciri dan Contohnya! – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 

Contoh Soal

  1. Istilah orientasi dalam teks biografi kerap kali disebut dengan…

a. Pengenalan masalah

b. Pengenalan alur cerita

c. Pengenalan kisah tokoh

d. Pengenalan buku

e. Pengenalan masalah tokoh

2. Struktur peristiwa dalam teks biografi biasanya terletak setelah ….

a. Orientasi

b. Reorientasi

c. Masalah

d. Kesimpulan

e. Penutup

Pembahasan:

  1. Istilah orientasi dalam teks biografi kerap kali disebut dengan pengenalan kisah tokoh.

Jawaban: c.

  1. Urutan dalam struktur teks biografi adalah orientasi, peristiwa dan masalah, dan diakhiri dengan reorientasi.

Jawaban: a.

Ngomong-ngomong, pembahasan tentang teks biografi, termasuk pola penyajian teks biografi, bisa elo akses lewat link di bawah ini ya. Tinggal siapin cemilan aja sambil nonton pembahasannya. Semoga jadi makin ngerti tentang materi ini. Hehe!

Pelajari materi Bahasa Indonesia di video materi belajar Zenius

Referensi:
Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 – Kemdikbud (2020)

****

Oke! Sekarang, kita udah selesai membahas struktur teks biografi, ciri, dan kaidah kebahasaan. Oh ya, selain Bahasa Indonesia, ada banyak pelajaran lainnya di Zenius, seperti Matematika, Biologi, Sosiologi, dan masih banyak lagi.

Kalian bisa akses itu semua di sini secara GRATIS menggunakan akun yang udah didaftarkan di website atau lewat aplikasi Zenius. Biar lebih lengkap elo juga bisa berlangganan paket belajar Zenius! Klik gambar di bawah ini ya untuk cobain langsung rasanya belajar bareng Zenius!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Selamat belajar!

Originally published: January 20, 2022

Updated by: Aulia Rahmah Karunianti – Kampus Merdeka intern

Bagikan Artikel Ini!