Rumus Kekuatan Lensa pada Kelainan Mata

Mata dalam Gelap

Artikel ini membahas mengenai rumus kekuatan lensa pada kelainan mata, serta contoh soal dan pembahasan kekuatan lensa pada kelainan mata.

Howdy, Sobat Zen! Siapa yang di sini pake kacamata? Lo pake kacamata karena ada kelainan apa nih? Kalau gue sendiri punya miopi. Tahu nggak sih, kalau lensa yang ada di kacamata yang kita pake itu bisa dihitung seberapa besar kekuatannya? Yuk, langsung aja deh, lo cek pembahasan di bawah ini!

Iron Man pake Kacamata
Iron Man pake Kacamata (Sumber: Tenor).

Jenis-Jenis Kelainan pada Mata

Sebelumnya, nih. Lo bisa cermati dulu kondisi penglihatan yang normal. Tandanya apa? Cahaya jatuh tepat di retina.

Penglihatan Normal
Penglihatan Normal (Dok. Zenius).

Nah, mata bisa mengalami kelainan dikarenakan cahaya nggak jatuh tepat di retina, bisa jadi di depan atau di belakang. Atau bisa juga terjadi karena beberapa hal lainnya yang bakal dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Miopi

Miopi atau rabun jauh merupakan kelainan yang terjadi pada mata ketika kondisi mata tidak dapat melihat benda yang berjarak relatif jauh dengan jelas.

Kenapa miopi bisa terjadi? Miopi bisa terjadi akibat cahaya jatuh tidak tepat pada retina, melainkan di bagian depan retina.

Miopi
Miopi (Dok. Zenius).

Penderita miopi dapat ditolong dengan menggunakan kacamata yang memiliki lensa cekung (negatif).

Lensa Cekung pada Mata Miopi
Lensa Cekung pada Mata Miopi (Dok. Zenius).

Hipermetropi

Hipermetropi atau rabun dekat merupakan jenis kelainan pada mata yang ditandai dengan kondisi seseorang yang kesulitan untuk melihat benda-benda yang berada pada jarak yang relatif dekat.

Hipermetropi dapat terjadi akibat bayangan yang jatuh tidak tepat pada retina, melainkan di bagian belakang retina.

Hipermetropi
Hipermetropi (Dok. Zenius).

Bagi para penderita hipermetropi, mereka dapat menggunakan kacamata berlensa cembung (positif) nih, Sob.

Lensa Cembung pada Hipermetropi
Lensa Cembung pada Hipermetropi (Dok. Zenius).

Presbiopi

Presbiopi atau mata tua merupakan kondisi kelainan pada mata yang diakibatkan oleh menurunnya kemampuan mata secara berangsur untuk dapat melihat suatu objek jarak dekat dengan fokus.

Ilustrasi Blur
Ilustrasi Blur (Sumber: Mohi Syed dari Pexels).

Bedanya sama hipermetropi apa dong? Presbiopi ini terjadi pada mereka yang usianya sudah lebih lanjut, biasanya ketika sudah berusia di atas 40 tahun.

Bagi penderita presbiopi, mereka bisa menggunakan kacamata cembung.

Astigmatisme

Astigmatisme atau mata silindris merupakan jenis kelainan pada mata yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau menyimpang. Kelainan ini dapat terjadi pada mereka yang menderita rabun jauh maupun dekat.

Kenapa astigmatisme bisa terjadi? Hal ini dapat terjadi akibat adanya perbedaan kelengkungan lensa mata bagian depan dan belakang yang berbeda. Alhasil, cahaya yang masuk ke mata itu jadi nggak fokus ke satu titik saja, tapi justru terfokus ke banyak titik.

Kelainan Mata Astigmatisme
Kelainan Mata Astigmatisme (Sumber: Optik Seis).

Para penderita astigmatisme dapat menggunakan kacamata khusus yang memiliki kelengkungan tertentu sesuai dengan keperluan kondisi mata yang bersangkutan.

Rumus Kekuatan Lensa pada Kelainan Mata

Miopi

Rumus Kekuatan Lensa pada Kelainan Mata 25

Presbiopi

Rumus Kekuatan Lensa pada Kelainan Mata 26

Keterangan:

P = Kekuatan lensa (Dioptri)

PP = Titik dekat mata normal (cm)

PR = Titik jauh mata (cm)

Rumus Kekuatan Lensa pada Kelainan Mata 27 = Titik dekat mata rabun (cm)

Oh iya, selain dari rumus-rumus di atas, lo juga bisa pahami dulu tentang rumus-rumus lensa optik ya, Sob!

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal

Diketahui Kakek Justin yang mengidap presbiopi memiliki titik jauh 100 cm, ingin membaca koran dengan jarak 40 cm. Berapa kekuatan lensa dari kacamata yang harus ia gunakan agar dapat membaca koran tersebut dengan normal?

Pembahasan:

a). s = 40 cm = 0,4 meter.

s’ = -100 cm = -1 meter.

b). 1/f = 1/s + 1/s’

1/f = 1/0,4 + (-1/1)

1/f = 1/0,4 – 1/1

1/f = 10/4 – 1/1

1/f = 6/4

f = 4/6 meter.

c). P = 1/f

P = 1/ 4/6

P = 6/4

P = 1,5 Dioptri.

Jadi, kekuatan lensa dari kacamata yang Kakek Justin harus gunakan adalah 1,5 Dioptri.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Gimana, Sobat Zen? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan lo, juga bikin lo semangat buat cari tahu lebih banyak, ya. Jangan lupa juga buat cek tautan-tautan di bawah ini biar lo makin paham! See you on another article!

Link Video Zenius

Rabun Jauh
Rabun Dekat
Presbiopi dan Astigmatisme

Baca Juga Artikel Lainnya

Lensa Optik: Jenis, Rumus, dan Contoh Soal
Bagikan Artikel Ini!