Ilustrasi materi pembelajaran contoh soal PAT semester 2 Fisika kelas 11

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan

Sebagai murid sekolah menengah atas (SMA), ujian penilaian akhir tahun (PAT) pastinya menjadi salah satu ujian yang paling menegangkan, ya.

Tenang! Kali ini, gue mau membahas prediksi soal PAT semester 2 Fisika kelas 11 yang bisa jadi bahan pembelajaran elo, nih.

Seperti yang elo tahu, PAT sendiri merupakan penilaian akhir tahun yang diadakan sekolah untuk para murid-muridnya. Kalau elo berada di bangku SMA kelas 11, berarti PAT ini berfungsi sebagai ujian akhir kenaikan kelas.

Kebayang dong, seberapa pentingnya PAT ini? Nah! Buat elo yang ada di jurusan IPA, salah satu mata pelajaran yang bakal elo temukan yaitu Fisika. Kira-kira, materi Fisika yang kayak gimana aja yang bakal dibahas, ya?

Gue punya gambaran persebaran topik ujian PAT semester 2 Fisika kelas 11, nih. Kita cek bareng-bareng, ya.

Persebaran topik PAT semester 2 Fisika kelas 11 yang akan ditemukan dalam soal ujian.
Persebaran topik PAT semester 2 Fisika kelas 11 (Arsip Zenius)

Itu dia persebaran topik PAT semester 2 Fisika kelas 11 yang bakal elo temukan saat ujian nanti. Terus, gimana aja contoh soal yang bakal muncul, ya?

Kira-kira, soalnya susah atau gampang? Tenang! Gue mau ngajak elo buat mengupas tuntas beberapa contoh soal PAT semester 2 Fisika kelas 11 di sini.

Yuk, kita bahas bareng-bareng, ya!

Baca Juga: Ngerjain Soal Fisika, First You Have To Think! 

Topik 1: Termodinamika

Topik pertama yang mau gue bahas sama elo yaitu termodinamika. Dalam ilmu fisika, termodinamika sebenarnya berasal dari dua kata yunani. 

Pertama, yaitu thermos yang berarti panas. Kedua, yaitu dinamika yang berarti pergerakan. Jadi, termodinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan panas untuk melakukan sebuah usaha.

Contoh termodinamika dalam kehidupan sehari-hari yaitu kendaraan. Nah, kira-kira soal yang akan muncul tentang termodinamika dalam ujian PAT semester 2 Fisika kelas 11 seperti apa, ya? 

Yuk, bahas di bawah!

Contoh Soal Termodinamika

Kalor sebesar 3,0 kkal diberikan pada suatu sistem sehingga timbul usaha sebesar 2,6 kJ. Besar energi dalam yang dihasilkan pada proses tersebut adalah …. (1 kal = 4,2 Joule)

A. 15,2 kJ 
B. 10 kJ 
C. 100 kJ
D. 15200 kJ
E. 10000 kJ

Jawaban dan Pembahasan

Kalau ketemu soal kayak di atas, elo udah tahu cara penyelesaiannya belum, nih? Biar lebih gampang, gue kasih tahu kuncinya, ya.

Dari soal di atas, elo perlu menggarisbawahi kata kalor dan timbul usaha. Kenapa, tuh? Soalnya, kalau ada usaha yang muncul dalam kalor, tandanya elo bakal menyelesaikan soal itu menggunakan Hukum Termodinamika ke-1.

Gimana sih, bunyinya Hukum Termodinamika 1?

Bunyi Hukum Termodinamika 1 dalam ilmu fisika.
Hukum Termodinamika 1 (Arsip Zenius)

Kalau berdasarkan soal di atas, rumus persamaan itu bisa kita balik karena yang ditanyakan adalah energi dalamnya. 

Diketahui:

Kalor 3,0 kkal

Usaha 2,6 kJ

Ditanya:

Besaran energi dalam.

Berarti, persamaan di atas bakal kita balik dengan cara seperti ini:

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 97

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 98

Yap! Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu B.

Baca juga: Konsep Dasar Hukum Termodinamika 

Topik 2: Suhu dan Kalor

Topik kedua dalam ujian PAT semester 2 Fisika kelas 11 yaitu mengenai suhu dan kalor. Suhu sendiri digunakan untuk mengukur panas dinginnya suatu benda. Hubungannya apa sama kalor?

Nah, kalau kalor merupakan aliran energi yang terjadi akibat adanya perbedaan suhu. Jadi, kalau ada perbedaan suhu, ada hubungannya juga sama si kalor ini.

Untuk gambaran lebih jelas tentang soalnya, elo bisa menjawab salah satu contoh soal prediksi PAT semester 2 Fisika kelas 11 yang ada di bawah ini, ya.

Contoh Soal Suhu dan Kalor

Sebuah mesin kalor melakukan kerja 300 Joule dalam siklusnya dan mempunyai efisiensi 12,5%. Energi yang diambil dari reservoir panas adalah ….

A. 1800 J
B. 2100 J
C. 2400 J
D. 2700 J
E. 3000 J

Jawaban dan Pembahasan

Nah, pertanyaan di atas ini kan membahas tentang mesin kalor, ya. Sebelumnya, elo masih ingat tentang mesin kalor nggak, nih? 

Jadi, fungsi mesin kalor sendiri yaitu mengubah energi kalor menjadi usaha atau gerak. Contoh yang bisa elo lihat dalam kehidupan sehari-hari itu kayak motor atau mobil.

Terus, soal di atas juga membahas tentang efisiensi, nih. Kalau dalam ilmu fisika, efisiensi sendiri membahas tentang seberapa efisien sebuah alat bisa bekerja. Kalau dalam contoh motor, seberapa efisien motor elo bekerja.

Kalau cara kerja motor ini kan awalnya ada bensin yang masuk, terus bisa bergerak dan menghasilkan asap, ya. Nah, ini termasuk ke rumus persamaan efisiensi kayak yang ada di bawah ini:

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 99

Elo paham tentang out sama in di atas, nggak? Out dan in di atas ini merupakan usaha yang keluar dan masuk dari mesin kalor tersebut. Sehingga, rumusnya menjadi:

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 100

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 101

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 102

Jadi, besaran energi yang diambil yaitu 2400 J yang tertelak di pilihan C.

Pelajari Juga: Suhu dan Kalor 

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Mau fokus belajar buat Penilaian Akhir Tahun? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Topik 3: Gelombang Bunyi

Kalau ngebahas gelombang bunyi, mungkin elo akan langsung berpikir ke alat musik, ya? Yap! Kurang lebih, gelombang bunyi dalam fisika ini membahas tentang adanya gelombang yang menjalar melewati media tertentu.

Dalam contoh soal PAT semester 2 Fisika kelas 11 ini, gue mau ngajak elo membedah satu contoh soal prediksi yang bisa kita kerjakan bareng-bareng, nih.

Contoh Soal Gelombang Bunyi

Sebuah seruling yang memiliki kolom udara terbuka pada kedua ujungnya memiliki nada harmonik ke-5 dengan frekuensi 1700 Hz. Jika kecepatan suara di udara adalah 340 m/s maka panjang seruling adalah ….

A. 200 cm
B. 150 cm
C. 100 cm
D. 50 cm
E. 25 cm

Jawaban dan Pembahasan

Soal di atas mengajak kita buat membahas seruling yang mempunyai kolom udara terbuka. Artinya, kita bakal ngebahas materi pipa organa terbuka dalam gelombang bunyi, nih.

Elo masih ingat sama pipa organa terbuka nggak, nih? Secara umum, diketahui rumus persamaan pipa organa terbuka kayak gini:

Rumus pipa organa terbuka.
Rumus pipa organa terbuka (Arsip Zenius)

Dari soal di atas, diketahui:

Frekuensi nada harmonik ke-5 (f4) sebesar 1700 Hz

Kecepatan suara 340 m/s

Ditanya, berapa panjang pipa?

Nah, kita bisa pakai rumus persamaan di atas. Dikarenakan soal tersebut menjelaskan tentang nada harmonik ke-5 yang berarti f4, berarti n dalam rumus tersebut menjadi 4.

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 103

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 104

Jadi, panjang pipa seruling di atas adalah 50 cm, di pilihan jawaban D.

Baca Juga: Materi Gelombang Bunyi – Karakteristik, Ciri, dan Penerapan

Topik 4: Alat Optik

Materi selanjutnya yang akan muncul dalam ujian PAT semester 2 Fisika kelas 11 yaitu alat optik. Dalam materi ini, elo bakal belajar tentang pemantulan, pembiasan, sampai alat-alat yang biasa digunakan seperti kacamata, teropong, mikroskop, hingga lup.

Supaya elo bisa kebayang dengan soal PAT semester 2 Fisika kelas 11 yang membahas tentang alat optik, gue menyediakan 1 contoh soal yang bisa dijawab, nih.

Contoh Soal Alat Optik

Pada saat membaca, jarak terdekat yang dapat dilihat penderita rabun dekat adalah 50 cm. Kekuatan lensa kacamata yang diperlukan agar ia dapat melihat dengan normal kembali adalah …. 

A. 2 dioptri  
B. 2/3 dioptri
C. 1 dioptri 
D. 3/4 dioptri
E. 4/3 dioptri

Jawaban dan Pembahasan

Berdasarkan contoh soal di atas, kita bakal ngebahas tentang rabun dekat, nih. Elo masing ingat sama rumus persamaannya belum, nih?
Jadi, rumus persamaan rabun dekat yaitu Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 105

Dari rumus itu, bisa langsung kita substitusikan ke angkanya aja, gengs.

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 106

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 107

Contoh Soal PAT Fisika Kelas 11 Semester 2 dan Pembahasan 108

Jadi, kekuatan lensa yang diperlukan supaya bisa melihat secara normal kembali ini sebesar 2 dioptri, jawabannya ialah A.

Baca Juga: Rumus Alat Optik: Pemantulan, Cermin, dan Pembiasan 

Topik 5: Pemanasan Global

Nah, topik terakhir yang akan kita bahas untuk ujian PAT semester 2 Fisika kelas 11 yaitu pemanasan global.

Akhir-akhir ini, elo merasa kalau cuaca lagi panas-panasnya nggak, sih? Kira-kira, ada hubungannya sama pemanasan global nggak, ya? Tentunya ada!

Simpelnya, pemanasan global adalah meningkatnya suhu di Bumi. Penyebabnya apa saja, sih? Elo bisa cari tahu jawabannya di artikel 10 Faktor Penyebab Pemanasan Global – Materi Fisika Kelas 11, ya.

Sekarang, gue punya dua contoh soal prediksi PAT semester 2 Fisika kelas 11 mengenai pemanasan global yang bisa elo kerjakan, nih.

Contoh Soal Pemanasan Global 1

Makin tebal gas CO2 yang menutupi atmosfer akan menyebabkan ….

A. suhu bumi merata
B. iklim bumi makin stabil
C. suhu bumi makin dingin
D. suhu bumi makin panas
E. curah hujan di bumi merata

Jawaban dan Pembahasan

Prediksi soal PAT semester 2 Fisika kelas 11 selanjutnya ini mengenai gas dalam pemanasan global. Untuk gas CO2 sendiri ini termasuk ke gas rumah kaca yang berfungsi untuk memerangkap panas yang masuk dari matahari ke Bumi, ya.

Tapi sayangnya, aktifitas manusia di Bumi ini banyak banget. Akibatnya, gas rumah kaca ini terperangkap yang menyebabkan Bumi jadi lebih panas sehingga menyebabkan pemanasan global.

Makanya, semakin banyak gas CO2 yang ada di atmosfer, suhu Bumi pun bakal ikutan menjadi lebih panas. Jadi, jawabannya yaitu D.

Baca Juga: 10 Dampak Pemanasan Global Bagi Bumi dan Kesehatan, Apa Saja?

Contoh Soal Pemanasan Global 2

Indonesia merupakan negara yang dilewati garis khatulistiwa. Energi alternatif yang tepat dikembangkan di Indonesia berdasarkan letaknya di khatulistiwa adalah ….

A. energi panas bumi
B. energi matahari
C. energi nuklir
D. energi angin
E. energi air

Jawaban dan Pembahasan

Jadi, khatulistiwa ini kan garis khayal yang membagi dunia menjadi ke arah utara dan selatan. Kalau misalkan ada wilayah yang melewati garis khatulistiwa, wilayah tersebut pasti:

  1. Daerah tropis. 
  2. Suhu rata-rata yang cukup tinggi (18-38 derajat celsius).
  3. Memiliki tekanan udara yang berubah tapi teratur.
  4. Memiliki frekuensi hujan yang besar.
  5. Lama waktu yang sama antara siang dan malam.

Terus, Indonesia menjadi salah satu wilayah atau negara yang melewati garis khatulistiwa sehingga membutuhkan energi alternatif. 

Energi alternatif yang dibutuhkan ini untuk siang hari dengan memanfaatkan intensitas matahari sebagai energi surya. Makanya, energi alternatif yang bisa digunakan di Indonesia yaitu matahari.

Jadi, jawabannya adalah B.

Pelajari Juga: Video Rangkuman Materi Pemanasan Global 

Itu dia seluruh pembahasan beberapa soal latihan prediksi PAT semester 2 Fisika kelas 11 yang bisa elo cermati. Selain itu, elo juga bisa membedah setiap soal berdasarkan pembahasan yang gue jabarkan di atas, lho.

Nah, supaya ujian PAT elo semakin sukses, gue mau memberikan salah satu kiat utamanya, nih. Caranya yaitu dengan latihan soal prediksi PAT semester 2 Fisika kelas 11 lainnya. 

Kayak gimana aja contoh soal lainnya? Semuanya bisa elo lihat dengan cara klik banner di bawah ini, ya!

Contoh Soal PAT Fisika kelas 11 dan Pembahasan

Gimana contoh soal di atas? Menarik banget, kan? Oh iya, supaya pembelajaran elo semakin dalam, gue mau ngasih salah satu video yang super menarik, nih.

Uniknya, di video ini, Zenius ngejelasin sesi belajar dengan cara mind mapping. Wah, apaan, tuh? Biar elo nggak bertanya-tanya lagi, langsung cari tahu jawabannya di bawah ini, ya!

Bagikan Artikel Ini!