Kumpulan Soal HOTS

Download Soal HOTS UNBK SMA dan UTBK SBMPTN Gratis

Artikel ini memberikan kompilasi lengkap latihan soal HOTS semua mata pelajaran untuk persiapan UNBK dan UTBK SBMPTN. Download soal HOTS gratis di sini!

Halo #ZeniusFellows! Gua yakin nih banyak dari lo yang mungkin udah deg-degan karena mau menghadapi dua ujian besar, yaitu UNBK dan UTBK SBMPTN. Oleh karena itu, di artikel ini gua mau ngasih kompilasi lengkap link download latihan soal HOTS (Higher-Order Thinking Skills) GRATIS untuk semua mata pelajaran!

Lo semua mungkin udah tahu bahwa di tahun 2019, soal jenis HOTS akan ditingkatkan jumlahnya. Baik di UNBK maupun UTBK SBMPTN. Nah, buat lo yang belum tahu soal HOTS itu apa. Sesuai dengan namanya yaitu ‘Higher-Order Thinking Skill’, soal jenis ini akan menguji kemampuan bernalar tingkat tinggi lo.

“Hah, ‘penalaran tingkat tinggi’? Soalnya susah dong? Nanti ribet dong ngerjainnya? :(“

Hmm, emang soal HOTS susah, ya? Eits, nggak selalu kok! Itu sebetulnya salah satu miskonsepsi terhadap soal HOTS. Soal HOTS gak selalu susah. Bahkan soal HOTS bisa aja jauh lebih mudah dari jenis soal LOTS (Lower-Order Thinking Skills).

Kalo lo mau tahu lebih banyak tentang soal HOTS, lo bisa baca dulu nih artikel dari Fanny di sini (Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS). Di sana udah lengkap banget tuh penjelasan tentang soal HOTS. Mulai dari definisi, contoh, sampai dengan miskonsepsinya.

Kalo saran dari gua sih, tenang aja. Gak usah terlalu khawatir dengan soal HOTS, karena sebenernya soal HOTS itu udah ada kok dari dulu. Rata-rata soal SBMPTN termasuk jenis soal HOTS. Soal HOTS udah ada juga kok di UN tahun-tahun sebelumnya, meskipun jumlahnya memang gak sebanyak sekarang.

Nah, biar persiapan lo untuk menghadapi soal-soal HOTS ini semakin mantap. Gua udah mengkompilasi semua link download soal HOTS untuk semua mata pelajaran. Di tiap link di bawah ini udah ada prediksi soal HOTS untuk UNBK. Ada juga latihan soal SBMPTN dari 3 tahun terakhir (2016-2018). Dan ada juga panduan belajar soal HOTS untuk masing-masing pelajarannya.

Silakan di-download ya! Sikaaaaat!

Kumpulan Soal HOTS

Latihan Soal HOTS Matematika Dasar / IPS

Latihan Soal HOTS Matematika IPA

Latihan Soal HOTS Fisika

Latihan Soal HOTS Biologi

Latihan Soal HOTS Kimia

Latihan Soal HOTS Sejarah

Latihan Soal HOTS Sosiologi

Latihan Soal HOTS Ekonomi

Latihan Soal HOTS Geografi

****

Lo bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Oh iya, ada juga soal yang belum lengkap. Misalnya seperti prediksi soal UNBK Sejarah. Sabar ya, kita akan nambahin soalnya segera. Tim Zenius selalu berkomitmen untuk menyediakan materi belajar yang komprehensif buat kalian. 🙂

Anyway, semoga kompilasi soal yang tersedia sekarang ini bisa bermanfaat buat lo memahami materi sehingga nanti lo bisa lancar ngerjain UN dan SBMPTN-nya. Selamat belajar, ya!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang pengen nanya-nanya tentang soal HOTS, silakan post pertanyaannya pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Bagikan Artikel Ini!