Info lengkap Jurusan Teknologi Informasi UGM

Kenalan dengan Teknologi Informasi UGM dan Mata Kuliahnya

Sobat Zenius, elo suka nggak main online games, nggak? Apa aja deh, misalnya Valorant, Genshin Impact, atau PUBG gitu. Biasanya, main game sering dicap sebagai hal negatif. Tapi sebenarnya bisa lho, hobi elo ini dijadikan salah satu pilihan karier di masa depan–jadi game developer

Nah, kalau elo ada mimpi seperti ini, langkah awal elo untuk menggapainya bisa dimulai dari kuliah di Jurusan Teknologi Informasi UGM.

Gue yakin kalau elo termasuk seorang gamer, kemungkinan besar elo udah pernah memainkan berbagai jenis game, nonton video walkthrough atau review beberapa game tertentu. Pokoknya, elo udah benar-benar ngerti deh, sama seluk-beluk dunia ini.

Kekurangan dan kelebihan dari deretan game yang udah pernah elo coba mungkin bisa memunculkan bayangan, “Ah, andai ada game yang seperti … (isi aja sesuai dengan idaman elo).”

Nah, itu kan baru idenya, ya. Terus, gimana cara membuat game-nya? Nah, inilah yang bisa elo pelajari di Jurusan Teknologi Informasi UGM.

Seperti apa sih, perkuliahan di jurusan ini, khususnya yang dibuka oleh Universitas Gadjah Mada (UGM)? Langsung aja kita intip bareng, yuk!

Tentang Jurusan Teknologi Informasi UGM

Jurusan Teknologi Informasi UGM merupakan bagian dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada.

Awalnya, teknologi informasi adalah salah satu konsentrasi di Jurusan Teknik Elektro UGM. Tapi akhirnya sekarang telah menjadi jurusan sendiri. Makanya, fokus dari jurusan ini lebih ke arah teknik informasi (information engineering) daripada perkomputeran.

Apa sih, akreditasi Jurusan Teknologi Informasi UGM?
Masih ragu buat kuliah di Jurusan Teknologi Informasi UGM? Jurusan ini udah meraih akreditasi Unggul, lho. (Dok. Pixabay)

Kurikulum yang dipakai di Jurusan Teknologi Informasi UGM disusun supaya bisa membekali mahasiswa dengan kompetensi dasar dan keterampilan di semua bidang keteknikan dan informasi.

Mutu pendidikan di jurusan ini udah dapat peringkat terbaik, lho. Elo nggak perlu khawatir karena akreditasi Jurusan Teknologi Informasi UGM sudah mencapai peringkat Unggul. Karena itu, sebagai mahasiswa jurusan ini, elo akan benar-benar dipersiapkan dengan baik agar bisa berkecimpung dalam dunia teknik dan informasi dengan kompeten serta profesional.

Baca Juga: Pembahasan Lengkap 8 Jurusan di Fakultas Teknik UGM

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Informasi UGM

Nah, buat mencapai kompetensi-kompetensi lulusan yang diharapkan, Jurusan Teknologi Informasi UGM menyiapkan kurikulum yang terdiri atas mata kuliah wajib dan pilihan program studi Sarjana Teknologi Informasi (PSSTIF).

Pada semester I hingga V, elo bisa fokus ke mata kuliah wajib dulu. Setelah itu di semester VI-VII, mahasiswa bisa memilih mata kuliah pilihan sesuai dengan konsentrasi yang ingin mereka dalami. 

Konsentrasi yang ditawarkan ada tiga, dengan rincian mata kuliah sebagai berikut:

  1. Software Engineer
  • Pengembangan Aplikasi Permainan
  • Pengembangan Aplikasi Piranti Bergerak
  • Arsitektur Perangkat Lunak
  • Pengujian Perangkat Lunak
  1. Network and Security Engineer
  • Forensik Digital
  • Peretasan Beretika
  • Keamanan dan Integritas Data
  • Sistem Komunikasi Bergerak
  1. Data Engineer
  • Pemrosesan Bahasa Alami
  • Big Data dan Analitik
  • Sistem Pendukung Keputusan
  • Teknik Kompresi Data

Selain melanjutkan pengambilan mata kuliah pilihan sesuai konsentrasi yang dipilih, apa selanjutnya? Nah, pada semester VII, elo juga bisa mengambil beberapa mata kuliah pilihan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), antara lain:

  • Topik Khusus Teknologi Informasi
  • Transformasi Digital
  • Pengalaman Pengguna
  • Pengolahan Citra dan Visi Komputer
  • TIK dan Masyarakat
  • Audit TI dan Tata Kelola Risiko
  • Sistem Berbasis Internet of Things

Mata kuliah apa aja yang elo pilih nantinya akan berguna banget ketika elo mulai mengerjakan skripsi dan memasuki dunia kerja setelah lulus nanti.

Kira-kira, elo mau ambil konsentrasi yang mana, nih? Kalau mau jadi game developer, mending ambil peminatan Software Engineer, deh!

Selain menjadi pengembang permainan, prospek kerja teknologi informasi UGM sebenarnya terbuka luas. Elo bisa jadi programmer, analis data atau informasi, web developer, konsultan teknik informasi, hingga peneliti. Barisan profesi yang high on demand belakangan ini, nih!

Cara Masuk Jurusan Teknologi Informasi UGM

Tahu nggak sih, ternyata perkiraan gue selama ini salah. Gue kira, karena jurusan ini melibatkan banyak hitung-hitungan, nggak mungkin banyak peminatnya.

Nyatanya, dengan daya tampung 33 mahasiswa dari jalur SBMPTN, peminat jurusan ini di tahun 2021 tembus angka 1.270, lho!

Gue belum dapat info tentang daya tampung jalur lainnya, tapi daya tampung total jurusan ini adalah 110 mahasiswa. Nah, untuk mengisi kuota tersebut, elo bisa coba masuk ke Jurusan Teknologi Informasi UGM melalui jalur-jalur berikut:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Seleksi Jalur Prestasi
  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
  • Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
  1. Seleksi Ujian Tulis (UTUL) UM UGM
Jalur-jalur masuk Jurusan Teknik Informasi UGM
Jalur-jalur masuk Jurusan Teknik Informasi UGM (Arsip Zenius)

Baca Juga: Syarat Masuk Kuliah dan Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UI

Biaya Kuliah di Jurusan Teknologi Informasi UGM

Ini juga nggak kalah penting, Sobat Zenius! Misal setelah mengikuti serangkaian proses masuk jurusan ini melalui jalur-jalur tadi dan ternyata elo keterima, elo juga perlu memperhatikan biaya kuliah di Jurusan Teknologi Informasi UGM.

Berikut udah gue siapkan info seputar biaya kuliah di jurusan ini!

biaya kuliah di Jurusan Teknologi Informasi UGM
Biaya kuliah Jurusan Teknologi Informasi UGM (Arsip Zenius)

Penutup

Sobat Zenius, demikian informasi penting seputar perkuliahan di Jurusan Teknologi Informasi UGM yang bisa gue kasih ke elo. Udah dicatat, kan, poin-poinnya?

Sekarang, elo bisa mulai mempersiapkan diri untuk bergabung dengan jurusan ini melalui jalur-jalur yang disediakan.

Karena UTBK 2022 gelombang 1 udah lewat, sekarang giliran elo yang bakalan ikutan gelombang 2! Yuk, pelajari lagi materi-materi yang akan keluar dalam UTBK dengan baik supaya elo bisa kerjain ujiannya dengan percaya diri!

Belajarnya sambil nonton playlist UTBK dari Zenius, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Jangan lupa, kalau misalnya elo belum lolos di SBMPTN, masih ada UTUL UM UGM. Zenius udah nyusun panduan lengkap buat elo, nih! 

Panduan Lengkap UM UGM

Tambah lagi persiapan elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun lalu. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Ikutan try out Zenius juga, yuk! Banyak keuntungan yang elo dapet dari ikutan try out, mulai dari menguji pemahaman sampai membiasakan diri sama atmosfer ujian yang semirip aslinya. Langsung klik banner di bawah ini, ya!

Kenalan dengan Teknologi Informasi UGM dan Mata Kuliahnya 9

Selamat berjuang, sampai jumpa di artikel Zenius lainnya!

Baca Juga: Informasi UTUL UGM 2022 – Syarat, Cara Daftar dan Jenis UM UGM Lainnya

Referensi

Biaya Pendidikan – Departemen Teknik Elektro dan Teknik Informasi Universitas Gadjah Mada (2017)

Cara Pendaftaran – Departemen Teknik Elektro dan Teknik Informasi Universitas Gadjah Mada (2018)

Daftar Prodi SBMPTN – Sidata PTN

Program Studi dan Daya Tampung Sarjana dan Sarjana Terapan – Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (2022)

Sarjana Teknologi Informasi – Departemen Teknik Elektro dan Teknik Informasi Universitas Gadjah Mada

Bagikan Artikel Ini!