Mau Gap Year Sambil Kerja? Pahami Dulu 5 Tips Ini, Yuk!

Mau Gap Year Sambil Kerja? Pahami Dulu 5 Tips Ini, Yuk! 9

Gap year bukanlah suatu hal yang harus elo takutin, Sobat Zenius! Elo juga bisa, lho, mengisi waktu gap year sambil kerja buat mempersiapkan diri untuk masa depan. Dengan kerja, elo pasti bakalan punya banyak pengalaman, deh!

Emang, beberapa orang masih menganggap kalau gap year itu sebuah aib. Gap year dianggap bahwa seseorang masih belum mampu buat lolos ke PTN. Eits, padahal semua anggapan itu nggak sepenuhnya benar, lo!

Gap year justru bisa sangat berarti buat elo. Ada waktu lebih buat diri sendiri untuk mempersiapkan diri sematang  mungkin.

Akan tetapi, jangan sampai elo ambil gap year tetapi nggak ada motivasi sama sekali, ya! Setidaknya, elo perlu memahami apa motivasi gap year yang tertanam dalam diri elo.

Nah, sebelum membahas tentang tips gap year sambil kerja, gue mau bahas sedikit, nih, tentang motivasi gap year yang mungkin bisa jadi inspirasi elo nanti. Penasaran? Yuk, simak artikelnya!

Motivasi Gap Year dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

gap year sambil kerja
Ilustrasi mencari info gap year (Dok. Pixabay)

“Eh, gue mau gap year, nih. Mau ikut nggak elo?”

“Wah, mau dong. Mumpung ada temennya.”

Eits, elo nggak boleh seperti itu, ya! Masa mau gap year cuman mau ikut-ikutan temen! Setidaknya, elo harus punya motivasi gap year sendiri, ya, Sobat Zenius!

Sejatinya, ada banyak sekali manfaat yang bisa elo dapatkan saat gap year. Salah satu yang terbesar adalah investasi waktu. Selama masa gap year, elo bisa mengisi dengan berbagai macam kegiatan menarik, seperti:

  • Bekerja part time atau freelance
  • Ikut kelas-kelas online atau seminar
  • Volunteer
  • Belajar pelajaran-pelajaran untuk mempersiapkan UTBK mendatang
  • Menekuni hobi dan passion
  • Travelling

Gap year sambil kerja bisa menjadi pilihan buat elo yang lagi butuh suntikan dana untuk mengikuti bimbel ataupun kegiatan lainnya seperti kelas online, seminar, dan lain-lain.

Akan tetapi, nggak cuman kegiatan bekerja saja, lho! Elo juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas di atas yang bisa membuat diri elo lebih produktif lagi selama masa gap year. Ditambah, pasti ada banyak pengalaman yang elo dapatkan.

Contohnya, nih, selama masa gap year elo bisa isi waktu dengan meningkatkan skill sebelum nantinya masuk ke dunia kerja, seperti skill komunikasi, digital marketing, designer, public speaking, dan masih banyak lagi.

Nah, kegiatan tersebut tentunya akan membuka peluang elo lebih besar untuk keterima kerja lebih cepat nanti setelah lulus kuliah. Sebab, elo udah punya skill mumpuni yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Di sisi lain, mungkin lo masih berpikir lebih baik gap year atau swasta, ya? Nah, ini kembali ke diri elo masing-masing, Sobat Zenius. Kalau elo punya impian buat masuk ke PTN, ada baiknya elo ambil gap year terlebih dahulu apabila belum lolos PTN di tahun ini dan mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK ke depan.

Akan tetapi, jika elo emang perlu untuk kuliah sekarang juga dan belum keterima di PTN, nggak ada salahnya juga, kok, masuk ke PTS. Saat ini, ada banyak PTS berkualitas yang bisa elo pilih buat jadi tempat kuliah elo.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Lebih Baik Memilih Gap Year Kuliah

Selain hal-hal di atas, elo juga bisa ambil motivasi gap year dari salah satu tokoh ternama di dunia, yaitu Steve Jobs.

Elo pasti sudah nggak asing, kan, dengan pendiri produk Apple yang satu ini. Saat ini, produknya mungkin lagi elo pakai buat melakukan aktivitas sehari-hari.

Nah, beliau ini ternyata dulunya memutuskan untuk gap year, lho! Setelah memutuskan gap year, Steve Jobs akhirnya pergi ke India dan bermeditasi di pegunungan dengan tujuan untuk mendapatkan nilai-nilai kehidupan dalam dirinya.

Alhasil, meditasinya menghasilkan ide yang brilian berupa proyek Macintosh setelah balik ke Amerika Serikat. Setelah itu, ia menjadi salah satu sosok orang terkaya di dunia!

Motivasi gap year yang satu ini bisa menjadi inspirasi elo nanti, Sobat Zenius! Elo bisa menghabiskan waktu semaksimal mungkin untuk mendapatkan ide yang menarik. Mungkin, elo bisa pergi ke tempat yang tenang dulu seperti Steve Jobs untuk menenangkan pikiran.

Eits, tetapi balik lagi ke diri sendiri, ya! Elo juga harus punya tujuan saat hendak pergi atau travelling selama masa gap year. Jadi, biar nggak cuman travelling aja, elo juga perlu mendapatkan hal yang berarti selama masa travelling tersebut seperti Steve Jobs.

Jadi, tetap cari motivasi gap year yang tepat di dalam diri elo, ya, Sobat Zenius! Tetap semangat mewujudkan impian!

Tips Gap Year Sambil Kerja

tips gap year sambil kerja
Ilustrasi orang sedang mengatur timeline (Dok. Pixabay)

Sebelumnya, kita udah membahas panjang lebar mengenai kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama masa gap year, mulai dari bekerja hingga travelling.

Bagi Sobat Zenius yang lebih memilih gap year sambil kerja, alangkah baiknya perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini supaya nggak kebingungan:

1. Pilih tipe pekerjaan yang sesuai denganmu

Saat memutuskan untuk gap year sambil kerja, langkah pertama yang perlu elo perhatikan adalah tipe pekerjaan yang hendak diambil.

Tipe pekerjaan yang di sini maksudnya adalah part time, freelance, ataupun full-time. Dari ketiga tipe tersebut, part time atau freelance bisa jadi pilihan yang tepat buat elo.

Kalau part time sendiri, elo bisa membagi waktu yang lain untuk belajar atau melakukan kegiatan lain. Begitu juga halnya dengan freelance. Freelance bisa kerja kapan saja dan di mana saja menyesuaikan projek dari klien.

Nah, beberapa pekerjaan freelance yang bisa kamu tekuni seperti freelance writer, freelance designer, freelance fotografer, freelance video editor, dan masih banyak lagi. Mayoritas pekerjaan tersebut biasanya dapat dikerjakan hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet saja.

Jikalau pekerjaan part-time, mungkin kamu bisa coba jadi sales, waiters, dan lain-lain.

2. Atur waktu dengan baik

Dikarenakan fokus elo nggak cuman bekerja, tetapi juga belajar buat menghadapi UTBK nanti, sebaiknya elo juga harus pandai dalam memanajemen waktu.

Jadi, ada waktu luang yang tersisa buat elo pake untuk belajar latihan soal UTBK. Misalnya, di pagi hari sampai siang elo melakukan pekerjaan part-time. Nah, sore sampai malam bisa elo pake buat belajar, deh.

Intinya, jangan sampai pekerjaan yang elo lakuin justru bakal menghambat elo untuk mengejar PTN impian di tahun depan. Sebisa mungkin, atur waktu dengan baik, ya, Sobat Zenius!

Baca Juga: Mengenal TPS UTBK, Materi dan Jenis Soal yang Diujikan

3. Cari relasi atau networking saat bekerja

motivasi gap year
Ilustrasi orang sedang bermain media sosial untuk cari kerja (Dok. Pixabay)

Gap year sambil kerja itu banyak manfaatnya, lo, Sobat Zenius! Asalkan elo paham, nih, cara memaksimalkannya.

Nah, salah satu cara yang bisa elo lakukan adalah mencari relasi atau networking ketika bekerja.

Buat elo yang mungkin belum sadar, relasi atau networking itu penting untuk digunakan saat masa kuliah maupun kerja. Lewat relasi yang elo bangun, elo bisa dapat hal-hal yang mungkin sebelumnya nggak elo pahami.

Bahkan, bisa aja dari relasi elo akan dapat pekerjaan yang lebih menjanjikan lagi di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, alangkah baiknya saat gap year sambil kerja elo juga berusaha buat cari relasi, ya!

Relasi ini bisa datang dari mana saja, mulai dari teman-teman kerja hingga teman-teman elo di SMA sebelumnya.

4. Maksimalkan pengalaman kerja sebaik mungkin

Pengalaman gap year sambil kerja akan bermanfaat sekali digunakan ketika elo nanti benar-benar memasuki dunia kerja. Sebab, elo udah tahu atmosfer atau suasana dunia kerja itu seperti apa.

Dengan demikian, ketika nanti elo lulus kuliah dan masuk di suatu perusahaan, elo udah tahu, nih, alur kerja bagaimana, komunikasi ke atasan itu seperti apa, hingga mengerjakan pekerjaan sesuai deadline.

Oleh karena itu, maksimalkan pengalaman kerja saat gap year sebaik mungkin, ya! Hindari malas-malasan dan mulai berinisiatif cari banyak pengalaman!

5. Tetap fokus pada tujuan

Memang, ini seringkali terjadi kepada hampir sebagian besar orang. Saat sudah mendapatkan uang dari hasil keringatnya, maka ia lupa dengan pendidikan yang sedang dikejar.

Nah, hal ini jangan sampai terjadi dengan diri elo, ya, Sobat Zenius! Saat memutuskan untuk gap year sambil kerja, sebisa mungkin tetap fokus pada tujuan utama, yaitu belajar latihan soal UTBK supaya lolos di PTN impian tahun depan.

Nggak ada salahnya untuk mengisi waktu luang di masa gap year dengan bekerja, tetapi elo jangan sampai terlena dengan gaji atau uang yang didapatkan. Tetap fokus mengejar PTN impian!

Baca Juga: Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK

Nah, itu dia lima tips gap year sambil kerja beserta motivasi gap year yang bisa jadi inspirasi elo. Buat elo yang saat ini lagi gap year dan bingung mau belajar bimbel di mana, gue saranin buat ambil paket belajar dari Zenius!

Zenius menyediakan paket belajar khusus gap year yang bernama paket Ultima Supreme. Melalui paket tersebut, siswa yang memutuskan gap year bisa mendapatkan banyak sekali latihan soal TPS, UTBK, hingga rekaman Live Class yang bermanfaat.

cta zenius ultima supreme
Klik banner di atas dan langganan Zenius Ultima Supreme Sekarang!

Elo bisa lihat-lihat dulu, nih paket belajar Zenius di sini!

Tetap semangat buat elo yang lagi gap year dan jangan putus asa buat dapetin impian elo di masa depan, ya!

Originally published: December 24, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!