Pengertian, Fungsi, Bagian, dan Cara Kerja Elektroskop

Pengertian, Fungsi, Bagian, dan Cara Kerja Elektroskop 33

Halo Sobat Zenius, apakah kalian pernah menggunakan elektroskop? Atau dulu pas kelas Fisika udah pernah praktek membuat elektroskop sederhana? 

Nah, kali ini kita bakal mempelajari teori soal elektroskop mulai dari  pengertian, fungsi, bagian, dan cara kerjanya. Penasaran? Langsung aja yuk!

Pengertian Elektroskop

Pengertian, Fungsi, Bagian, dan Cara Kerja Elektroskop 34
gambar elektroskop (sumber freepik)

 Elektroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya muatan listrik pada suatu benda. Eits, nggak hanya itu, elektroskop juga bisa digunakan untuk menentukan jenis muatan listrik pada benda tersebut. Jika benda yang didekatkan pada elektroskop mempunyai muatan, maka daun elektroskop akan mengembang. Sebaliknya, jika benda itu tidak bermuatan atau netral maka daun elektroskop tidak mengembang.

Meskipun terdengar sederhana, menentukan jenis muatan yang ada pada sebuah benda bukan hal yang mudah guys. Nah, untuk tahu lebih jelas fungsi elektroskop, penjelasannya ada di bawah ini.

Fungsi Elektroskop

1.      Mendeteksi adanya muatan pada suatu benda

2.      Mengetahui jenis muatan listrik pada suatu benda

3.      Memisahkan muatan

4.      Mengetahui jumlah muatan pada suatu benda

Bagian-Bagian Elektroskop

Terus elektroskop ini bagiannya apa aja sih?

Pengertian, Fungsi, Bagian, dan Cara Kerja Elektroskop 35
Bagian-Bagian Elektroskop (Arsip Zenius)

Elektroskop tersusun atas dua bagian penting, yaitu bola logam dan daun-daun elektroskop. Sementara bagian lainnya adalah tabung kaca dan insulator. 

Kedua daun elektroskop tersebut ditaruh dalam tabung kaca serta terhubung dengan bola logam yang berada di luar tabung kaca tersebut. Benda yang menghubungkan bola logam dengan kedua daun elektroskop tersebut adalah konduktor

 Baca juga : Rumus Pemuaian Panjang, Luas, Volume, dan Contoh Soalnya – Materi Fisika Kelas 11

Cara Kerja Elektroskop

Oke, gue udah ngejelasin pengertian dan fungsi elektroskop, sekarang saatnya kita membahas cara kerja elektroskop yang bisa dibagi menjadi dua:

1.      Memberikan Muatan Elektroskop dengan Induksi

Cara memberikan muatan elektroskop dengan induksi dilakukan dengan menggunakan elektroskop netral.  Elektroskop netral tersebut kemudian didekati oleh sebuah benda bermuatan negatif sehingga menarik muatan positif dari daun ke bola logam yang berada di atas.

Muatan negatif yang terdapat pada bola logam, mempunyai sifat tolak-menolak dengan muatan yang berada pada benda yang mendekati daun-daun elektroskop. Hal itu menyebabkan kedua daun elektroskop memiliki kelebihan elektron atau muatan negatif, sehingga akan saling menjauh karena saling memiliki muatan negatif. 

Semakin besar muatan tersebut, maka semakin jauh jarak antara kedua daun elektroskop. Oh iya, hal yang sama juga akan terjadi jika benda bermuatan positif diinduksikan pada elektroskop.

2.      Memberikan Muatan Elektroskop dengan Konduksi

Cara kerja elektroskop dengan konduksi dilakukan pada elektroskop yang tidak netral sehingga membuat bola dan daun-daun elektroskop mempunyai jenis muatan. Caranya dengan memberikan muatan pada bola logam oleh konduktor pada bola logam.

Contohnya gini, pada kondisi awal, bola logam dan daun elektroskop memiliki muatan negatif. Maka jika didekati dengan benda bermuatan negatif, muatan negatif pada daun akan ditarik ke arah logam hingga daun-daun elektroskop saling mendekat.

Jika benda bermuatan negatif didekatkan pada logam, elektron akan turun menuju daun kaki sehingga kedua daun kaki akan semakin saling menjauh.

Sip, sekian pembahasan dari gue mengenai elektroskop. Kalau Sobat Zenius pengen belajar materi elektroskop lebih dalam, lo bisa banget klik banner di bawah ini untuk materi lengkapnya. Jangan lupa ya log in dulu dengan aku Zenius lo.

Pengertian, Fungsi, Bagian, dan Cara Kerja Elektroskop 36

Nah biar belajar lo lebih mantap, di Zenius kita nggak cuma mereview materi ya, elo juga bakal dikasih latihan soal buat mengukur pemahaman lo. Ada berbagai pilihan paket yang bisa elo coba sesuai kebutuhan lo, klik aja gambar di bawah ini! 

Beli paket belajar Zenius

Penulis : Yunita Widyaningsih

Bagikan Artikel Ini!