Biografi Oprah Winfrey

Oprah Winfrey, Miliarder Perempuan Afrika-Amerika Pertama di Abad 20

Tahukah kamu biografi Oprah Winfrey, seorang pembawa acara The Oprah Winfrey Show yang mendunia? Yuk, simak kisah lengkapnya disini!

Sobat Zenius, kalian udah pernah dengar nama Oprah Winfrey belum? Kalau belum, mungkin wajah dibawah ini akan terasa familiar bagi kalian

Oprah Winfrey
Oprah Winfrey pada The Cable Show (Dok. Wikimedia Commons)

Bagi kalian yang belum kenal dengan Oprah, maka ini saat yang tepat untuk kalian berkenalan dengan doi. Kenapa? Karena nama Oprah Winfrey masuk ke jajaran 100 Women of the Year pada tahun 2018 loh!

Nama Oprah Winfrey bisa naik melejit dikarenakan doi adalah perempuan berkulit hitam pertama yang menjadi host talkshow TV Nasional, dengan membawakan acara legendaris The Oprah Winfrey Show.

Tidak hanya itu, Oprah juga merupakan miliarder perempuan berkulit hitam pertama di dunia dan bahkan merupakan satu-satunya miliarder berkulit hitam pada tahun 2004 hingga 2006!

Wah, keren banget ya pencapaian doi, bener-bener kisah hidupnya tuh neriakin “women empowerment”! Penasaran kan kok bisa Oprah sehebat itu? Apa dikarenakan privilege yang dimilikinya ya? Atau pure perjuangan dari 0? 

Langsung aja deh yuk, kita bahas kisah hidup doi dan bagaimana sih perjuangan Oprah Winfrey selama ini untuk bisa sampai di posisinya yang sekarang.

Masa Muda Oprah Winfrey

A Journey Through Oprah Winfrey's Life
Oprah Winfrey muda (Dok. Oprah.com)

Oprah Winfrey dilahirkan dan dibesarkan di daerah pedesaan Kosciusko, Mississippi pada 29 Januari 1954. Oprah dibesarkan oleh neneknya yang keras selama 6 tahun.

Tidak seperti kehidupannya sekarang, Oprah kecil ternyata memiliki hidup yang sangat berat Sobat Zen. Pada usianya yang ke-6 tahun, Ibunya, Vernita yang baru mendapat pekerjaan sebagai asisten rumah tangga di Milwaukee, Wisconsin mengambil alih Oprah dari neneknya.

Di Milwaukee, Oprah tinggal bersama ibu dan dua saudara tirinya. Setiap hari, Ibunya Oprah bekerja dari pagi buta hingga malam, sampai nggak ada waktu untuk anak-anaknya.

Pada usianya yang ke-9, Oprah menjadi korban pelecehan seksual oleh sepupunya sendiri yang berusia 19 tahun kala itu. Lalu di usianya yang ke-14, Oprah hamil dan bayinya meninggal tidak lama setelah dilahirkan.

Oprah yang merasa sedih berat memutuskan untuk kabur dari rumahnya selama seminggu. Oleh karena itu, Ibunya memutuskan untuk membawa Oprah pindah ke Nashville untuk tinggal bersama ayah dan Ibu tirinya.

Tinggal bersama ayahnya, membuat kehidupan Oprah mulai berubah 180° sobat Zen. Ayahnya merupakan salah satu orang terhormat di antara masyarakat Tennessee, jadi ga heran kalau beliau bersikap tegas dan memberlakukan banyak aturan pada Oprah.

Oprah Winfrey, Miliarder Perempuan Afrika-Amerika Pertama di Abad 20 9
Oprah di masa remaja (Dok. People)

Pelan-pelan, Oprah pun bangkit dari hidupnya yang dulu penuh duri dan suram. Nilai-nilainya di sekolah meroket dan rasa percaya diri Oprah pun mulai tumbuh.

Rasa percaya dirinya yang tinggi ini, membawa Oprah mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai penyiar berita, salah satu stasiun radio lokal di usia yang ke-17 tahun. Dari hasil kerja pertamanya ini Oprah mendapat bayaran 100$ per minggu loh Sobat Zen, atau setara Rp1.500.000.

Dari pengalamannya sebagai penyiar berita di radio ini, menghantarkan Oprah yang berusia 19 tahun menjadi wartawan dan penyiar berita di stasiun televisi Nashville. Siapa sangka hal ini menjadi batu pijakan besar pertama bagi Oprah menggapai gemerlap hidupnya yang sekarang seperti salah satu quotes Oprah sendiri

“Doing the best at this moment puts you in the best place for the next moment”

The Oprah Winfrey Show

The Oprah Winfrey Show
Logo acara The Oprah Winfrey Show (Dok. Oprah.com)

Ngomongin kisah hidup Oprah, rasanya ga afdol kalo ga ngomongin The Oprah Winfrey Show nih Sobat Zen. Acara TV ini nih yang bikin nama Oprah melejit tinggi dan kembali merubah hidupnya menjadi lebih baik.

Setelah lulus kuliah dari Universitas Negeri Tennessee di tahun 1976, Oprah pindah ke Baltimore, Maryland nih untuk mengejar karirnya sebagai host TV Show “People Are Talking”. Acara TV tersebut ternyata memenangkan banyak hati penonton sehingga menjadi hits di masa itu.

Setelah 8 tahun menjadi co-host di People Are Talking, Oprah mendapat tawaran untuk menjadi host utama di acara TVnya sendiri yaitu AM Chicago. Karena kesungguhan yang ditunjukan oleh Oprah, acara tersebut menjadi sangat sukses sampai nama acara tersebut diubah loh menjadi The Oprah Winfrey Show.

The Oprah Winfrey Show
The Oprah Winfrey Show tahun 1986 (Dok. NY Daily News)

Acara TV The Oprah Winfrey Show berjalan selama 25 tahun, dari 1986 hingga tahun 2011. Selama penayangannya acara ini bahkan sempat menjadi acara TV dengan rating tertinggi di Amerika Serikat loh! Tidak hanya itu acara ini juga banyak memenangi piala Emmy Awards.

Pada tahun pertama penayangannya, acara ini muncul di sebanyak 120 channel TV, dengan 10 juta penonton dan meraup keuntungan sebanyak $125 juta, yang mana Oprah mendapat bagian sebesar $30 juta. Coba Sobat Zen, duit segitu kalau dipake buat beli nasi kotak kira-kira bisa buat ngasih makan berapa RT? Banyak banget kan! 

Oprah On Cleaning Out Harpo Studios
Oprah Winfrey bersama plakat Harpo Studios (Dok. Oprah.com)

Karena saking banyaknya untung yang didapatkan Oprah, doi segera melihat peluang nih untuk membangun perusahaan produksinya sendiri Harpo Productions Inc. di tahun 1986, dan perusahaan produksi film Harpo Films di tahun 1990. BTW, nama Harpo sendiri diambil dari nama Oprah yang dibalik loh Sobat Zen!

Mulai tahun 1994, seluruh acara talkshow di TV mulai menjadi eksploitatif dan hanya penuh dengan skandal artis. Namun, Oprah tetap teguh pada visinya untuk menampilkan acara talkshow yang scandal-free. Walaupun ya sama aja seperti di Indonesia sobat Zen, acara TV yang scandal-free kayak punya Oprah ini malah kehilangan rating.

Namun tenang sobat Zen, usaha tidak mengkhianati hasil. Karena nyatanya walaupun rating awalnya turun namun acara Oprah tersebut banyak mendapatkan respect dari para penonton yang diikuti dengan peningkatan popularitas.

Hingga pada tahun 2009, Oprah mengumumkan akan mengakhiri program TV yang telah membesarkannya ini ketika kontraknya dengan ABC berakhir yakni pada tahun 2011.

Oprah’s Book Club

oprah books club
Poster Oprah’s Book Club (Dok. Apple.com)

Sobat Zen, bagi kamu yang suka baca buku mungkin bisa nih tonton segmen Oprah’s book club yang berhasil membuat beberapa penulis indie atau tidak terkenal menjadi melejit ke daftar bacaan best-seller

Pencapaian Oprah Winfrey

Berdasarkan majalah Forbes, Oprah merupakan miliarder perempuan berkulit hitam pertama di abad ke-20 dan bahkan miliarder Afrika-Amerika satu-satunya selama 3 tahun berturut-turut. Nggak heran ya sobat Zen, kalo Oprah akhirnya menjadi perempuan paling berpengaruh di generasinya.

Pada bulan September 2002, Oprah juga dinobatkan penerima penghargaan Academy of Television Arts & Sciences’ Bob Hope Humanitarian pertama. 

Oprah Winfrey - Mini Biography - Biography
Oprah Winfrey bersama anak-anak Afrika Selatan (Dok. Biography)

Walaupun terkenal akan kekayaannya, Oprah tidak lupa untuk berbagi juga Sobat Zen. Jaringan amal Oprah yang bernama Oprah’s Angel berhasil mengumpulkan lebih dari $50 juta untuk berbagai program amal seperti bantuan pendidikan perempuan di Afrika Selatan dan bantuan bagi korban Badai Katrina. Oleh karena itu, pada tahun 2005 Business Week menobatkan Oprah sebagai filantropis Afrika-Amerika terbesar dalam sejarah.

Oprah juga memiliki dedikasi yang tinggi sebagai aktivis hak anak-anak loh! Bahkan pada tahun 1994 Presiden Bill Clinton menandatangani dan mengesahkan RUU yang diusulkan oleh Oprah!

Kerennya Oprah tidak berhenti sampai situ saja, pada tahun 2018 Oprah Winfrey menjadi perempuan berkulit hitam Amerika pertama yang menerima penghargaan Cecil B. Demille atas pencapaian seumur hidupnya. 

Sumbangkan Harta Rp536 Miliar, Oprah Winfrey Filantropi Sejati
Pembukaan Akademi Kepemimpinan Oprah Winfrey (Dok. CNN)

Bagaimana Sobat Zenius? Kisah hidup Oprah Winfrey ini menginspirasi banget ya ternyata. Oprah mengajarkan kita untuk terus berjalan maju dan berjuang walaupun hidup ga selalu sepenuhnya indah. Kisah hidup Oprah juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur akan hidup kita nih, seperti salah satu quotesnya yang terkenal

Be thankful for what you have; you’ll end up having more. If you concentrate on what you don’t have, you will never, ever have enough.

Kalau menurut Sobat Zenius sendiri pesan moral apalagi sih yang bisa diambil dari kisah Oprah Winfrey ini? Coba tulis di kolom komentar ya!


Baca Juga

Pratiwi Sudarmono, Astronot Perempuan Pertama di Asia

Sacagawea, Gadis Indian Pemandu Ekspedisi AS

Kartini: Bukan Hanya tentang Kebaya

Bagikan Artikel Ini!