Pengertian Teks Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Beserta Struktur, Contoh, Ciri-ciri dan Jenisnya

Teks deskripsi, eksposisi, hingga eksplanasi dan beberapa teks lain merupakan beberapa materi yang diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Setiap teks mempunyai ciri-ciri yang membedakan antara satu teks dengan teks lainnya. Dalam edisi tulisan ini, Zenius Blog mengupas semua hal yang berkaitan dengan teks deskripsi. 

Dalam belajar Bahasa Indonesia ada banyak jenis teks yang kamu pelajari dan kamu temui sehari-hari saat kamu membaca. Namun terkadang jika kita ditanya termasuk kedalam jenis teks apakah yang kita baca, kita sering keliru dan perlu banyak waktu untuk berpikir sebelum menjawab. Kali ini Zenius Blog membahas tentang salah satu jenis teks dalam Bahasa Indonesia yaitu  teks deskripsi lengkap dengan ciri-ciri dan jenisnya. 

Teks deskripsi

Teks deskripsi adalah salah teks yang gagasan utamanya dikembangkan dengan dilukiskan atau dikembangakan dengan sejelas-jelasnya. Dalam pengertian lain, teks deskripsi dapat diartikan sebagai sebuah paragraf yang menjabarkan secara jelas peristiwa, objek, atau tempat yang dalam bacaan tersebut yang menjadi topik pembaca. Teks deskripsi dilukiskan dengan cara yang sejelas-jelasnya dengan tujuan agar pembaca bisa merasakan langsung atau seolah-olah ada dalam teks cerita tersebut, sehingga apa yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca bisa dipahami dengan mudah. Pada umumnya penulis menjelaskan teks menggunakan suatu ilustrasi seperti rasa, warna, rasa, keadaan atau kesan yang ada sesuai dengan topik yang ingin disampaikan. Keberhasilan dari teks deskripsi ini bisa diukur ketika si pembaca bisa merasakan, melihat ataupun mendengar objek dan peristiwa yang sedang dideskripsikan. 

Struktur Teks Deskripsi

Untuk membuat teks deskripsi yang baik, penulis harus memperhatikan strukturnya. Berikut ini adalah struktur yang bisa dijadikan contoh dalam menulis teks deskripsi.

  •  Identifikasi

Pada bagian identifikasi penulis harus menentukan elemen-elemen yang akan dicantumkan dalam teks deskripsi tersebut sesuai dengan topiknya, pada tahap ini penulis mulai menentukan identitas dari seorang tokoh didalam teks tersebut, benda, peristiwa serta tempat  sebagai objek yang akan dideskripsikan.

  • Klasifikasi 

Pada bagian ini penulis mulai menentukan penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan sesuai dengan kaidah serta standar yang telah ditetapkan. Teks yang telah dibuat secara sistematis ini bertujuan untuk membuat penulis lebih gampang dalam menulis gagasan-gagasan yang ingin disampaikan oleh si penulis. 

  • Deskripsi

Pada bagian ini, penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang akan dibahas dalam teks tersebut. Dengan membuat sebuah pemaparan ini, objek dalam topik tersebut bisa dituliskan secara mudah sehingga gampang dipahami oleh pembaca.

Materi teks deskripsi

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Agar kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi teks deskripsi kamu bisa melihat dari ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri dari teks deskripsi antara lain adalah:

  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu
  • Topik yang berupa objek atau benda digambarkan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lainya
  • Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri dengan seolah-olah mereka terbawa dalam suasana saat membacanya
  • Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya serta kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang lumrah atau menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda, contohnya seperti beliau adalah seorang kepala negara yang rendah hati
  • Mengandung kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu objek contohnya seperti di pasar, di kantin, di rumah, dengan lambat dll
  • Menggunakan beberapa bahasa kiasan seperti perumpamaan atau metafora
  • Dalam penjelasanya memaparkan sifat objek atau ciri-ciri fisik tertentu seperti bentuk, ukuran, warna, dan kepribadian secara jelas dan terperinci

Contoh Teks Deskripsi

Gunung Merbabu 

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung. Ada beberapa gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Merapi dan Gunung Semeru. Ada juga gunung-gunung yang sudah tidak aktif. Salah satunya adalah Gunung Merbabu. 

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini cukup populer di kalangan pendaki. Untuk mendaki gunung berketinggian 3142 MDPL ini, pendaki dapat melewati jalur Selo, Wekas, dan beberapa jalur lain. Pada hari libur, gunung ini biasanya akan ramai dikunjungi oleh para pendaki. Jalurnya yang tidak terlalu curam serta pemandangannya yang indah menjadi alasan bagi para pendaki untuk menjadikannya sebagai destinasi pendakian. 

Jenis Teks Deskripsi

  • Paragraf Deskripsi Sugestif 

Paragraf sugestif adalah jenis karangan yang dalam penjelasanya berusaha menciptakan suatu penghayatan terhadap subjek atau objek yang digambarkan melalui sebuah imajinasi dari sang pembaca. Jenis paragraf deskripsi sugestif ini menggambarkan sebuah pengalaman atas suatu objek atau peristiwa yang menciptakan sebuah interpretasi atau sebuah kesan dari pembaca. Pada umumnya jenis kata-kata yang digunakan oleh penulis adalah kata-kata yang menggambarkan sifat, watak, ciri dari sebuah objek tersebut sehingga mampu menciptakan sugesti tertentu atau sebuah penghayatan kepada pembaca.

Contoh dari paragraf deskriptif sugestif:

Hari adalah hari pertama saya mengunjungi museum, saat sampai di museum aku diperkenalkan dengan pemandu yang akan mengantarkan dan menjelaskan tentang objek-objek yang ada dalam museum itu. Pemandu itu terlihat sangat bersemangat menyambut aku dengan kumisnya yang setebal rumput ilalang. Dia tersenyum bersahaja ke arah ku membuatku merasa semakin bersemangat dan hangat di tengah lingkungan museum itu.

  • Paragraf Deskripsi Ekspositoris 

Jenis paragraf deskripsi ekspositoris adalah jenis paragraf deskripsi yang ditulis dengan tujuan untuk membuat pembaca mengenali bila bertemu, melihat atau berhadapan dengan sebuah objek. Pada  jenis paragraf ini penulis juga menjelaskan unsur-unsur yang melekat dalam sebuah objek yang memiliki tujuan untuk menambah wawasan si pembaca, untuk memahaminya dengan mudah biasanya penulis menjelaskan dengan cara bertahap dari bagian-bagian objek tersebut. 

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini