trik masuk STAN

5 Trik Masuk STAN Beserta Materi Soalnya agar Lulus SPMB

Halo Sobat Zenius, apa kabar? Semangat kan untuk lulus SPMB PKN STAN? Kali ini gue mau bahas mengenai Materi Ujian beserta trik masuk STAN. 

Elo tentu sudah tahu kan, kalau tes masuk stan yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara STAN, atau yang biasa disingkat SPMB PKN STAN banyak banget peminatnya. Setiap tahun, jumlah pendaftar PKN STAN selalu tinggi. Tahun 2022, jumlah pendaftarnya mencapai 13.339 orang.

Bayangin, itu saingan elo semua Sobat Zenius. Elo tau gak kalau jumlah peserta yang diterima tahun ini hanya 750 orang.

Berarti peluang elo untuk lulus ujian masuk STAN dan dapat berkuliah di sana tahun 2022 ini gak nyampe 1 persen, lho! Gue harap elo masuk ke dalam jumlah ratusan itu ya Sobat Zenius. 

Tuntutannya adalah elo meraih nilai setinggi mungkin biar lolos. Nanti kalau sudah diterima perjuangan elo gak berenti di situ, karena PKN STAN menerapkan sistem  Drop Out atau DO bagi mahasiswa yang tidak mencapai standar kelulusan akhir semester.

Per tahun 2021, PKN STAN bekerja sama dengan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) untuk menggunakan nilai UTBK. Kemungkinan besar tahun ini sama nih Sobat Zenius, elo akan diseleksi menggunakan hasil UTBK sebagai salah satu syarat administrasinya.

Meski persentase kelulusan SPMB PKN STAN itu gak nyampe 1 persen, tapi tetap kok elo bisa memaksimalkan peluangnya dengan strategi lulus USM STAN yang tepat. Kira-kira apa ya trik tes masuk STAN yang jitu? Mari kita pelajari mulai dari materi ujian sampai cari tahu tips-nya di artikel ini.

Materi Ujian SPMB PKN STAN

Ujian Saringan Masuk PKN STAN itu terdiri dari 3 tahap, yaitu:

Tahap I: Tes Tertulis 

Tahap II: Tes Fisik & Wawancara 

Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Sedangkan materi yang akan diujikan dalam SPMB PKN STAN, antara lain:

  • UTBK

Nilai UTBK akan digunakan menggantikan TPA (Tes Potensi Akademik) serta TBI (Tes Bahasa Inggris) yang biasanya diadakan dalam setiap ujian PKN STAN. Nilai dari Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK yang akan dipakai sebagai syarat masuk STAN, sehingga nantinya elo tidak perlu tes materi ini lagi. Panitia akan menyeleksi langsung dari nilai UTBK elo.

  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Tes Karakter Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), serta Tes Wawasan Kebangsaan (TKW). Di bawah ini ada tabel rinciannya.
Trik Masuk STAN
Image Zenius: Trik Masuk STAN

Perhatiin tabel-nya deh Sobat Zenius, kalau salah atau pun tidak menjawab elo akan tidak mendapatkan skor. So, kalau elo bisa melewati jika tidak yakin menjawab salah satu dari 30 soalnya.

Setelah elo dinyatakan lolos Administrasi, tahap selanjutnya elo akan mengikuti SKD yang dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Computer Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Tes-nya yang tadi sudah gue sebutkan, mereka adalah: TKP, TIU, TWK. Elo bakal lanjut ke tes lainnya kalau elo memenuhi nilai ambang batas SKD, dan peringkat elo masuk ke dalam kuota peserta yang akan mengikuti seleksi lanjutan.

Untuk nilai ambang batasnya sendiri tahun ini belum ada pembaruan, namun data tahun lalu dari Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), ialah 156 (TKP), 80 (TIU), dan 65 (TWK).

Selanjutnya ada tes lainnya, yaitu:

  • Tes Kesehatan dan Kebugaran
  • Tes Psikologi
  • Tes Wawancara

Sebelum lanjut, jangan lupa download aplikasi Zenius ya biar persiapan elo masuk kampus impian makin mantep. Klik banner di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Bentuk soal masuk STAN yang akan diujikan pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), antara lain:

1. Tes Verbal akan menguji materi soal yang biasanya berisikan: Idiom dan Kelompok Kata; Sinonim dan Antonim; Bacaan; Analogi. 

2. Tes Angka berfungsi untuk mengukur kemampuan elo di bidang angka, kerangka berpikir struktur, serta logis matematis, antara lain: Bilangan dan Pecahan; Barisan dan Deret Matematika; Persamaan dan Pertidaksamaan; Geometri; Operasi Aljabar; Perbandingan; Sistem Persamaan Linier; Peluang; Pola Angka dan Huruf; Perbandingan; Bangun Ruang; Barisan dan Deret.

3. Tes Logika berfungsi untuk mengukur nalar elo secara logis atau masuk akal, soal tes logika meliputi: Logika Preposisi; Penarikan Kesimpulan atau Silogisme; Tes Logika Cerita; Logika Diagram.

Tes Gambar yang berfungsi untuk mengukur kegesitan elo dalam menganalisa suatu gambar. Soal tes gambar biasanya berisikan: Analisis Gambar; Identifikasi Gambar.

Trik Masuk STAN

Waktunya sharing mengenai trik masuk STAN. Karena gue mau dong Sobat Zenius masuk di antara 750 orang yang berkuliah di PKN STAN. Zenius sebagai Sobat belajar elo yang setia dan solutif tentunya turut bahagia dan bangga. Yuk lanjut ke cara lulus STAN, yang padahal tips utamanya tetap belajar. Hehehe…

Asah Fundamental Skill

Trik masuk STAN yang pertama, elo perlu menguasai materi dengan cara mendalami Fundamental Skill ala Zenius. Pelajari materi-materi apa aja yang nantinya akan diujikan. Pada SPMB PKN STAN terdapat berbagai tes, seperti: TPA, TBI, dan juga TKD. Tentunya materi yang ada di setiap tes tersebut gak sedikit sehingga elo perlu persiapkan diri. Cari tahu dan dalami materi yang biasanya keluar pada tes sebelumnya.

Pemetaan Soal

Trik masuk STAN berikutnya selain mempelajari materi adalah memahami peta soalnya. Elo akan mengerjakan soal Tes Potensi Akademik (TPA) berjumlah 45 soal dengan waktu 40 menit, Tes Bahasa Inggris (TBI) 30 soal dengan waktu 20 menit.

Serta, Tes Kemampuan Dasar (TKD) 100 soal dengan waktu 90 menit, yang meliputi: Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Selain itu elo juga harus paham mengenai bobot nilai tes tersebut, karena syarat elo untuk lulus tes dari PKN STAN adalah nilai harus di atas ambang batas yang sudah gue jelaskan di awal.

Time Management

Karena waktu yang mepet dan jumah soal yang banyak, elo perlu belajar time management untuk bisa lolos SPMB PKN STAN. Agar usaha belajar dengan serius semakin maksimal dengan memperhatikan waktu.

Untuk soal tes kedinasan terutama PKN STAN, soal-soal yang perlu dikerjain, kira-kira membutuhkan waktu rata-rata kurang dari satu menit. Oleh karena itu, dengan time managing yang baik elo dapat mengerjakan semua soal dengan waktu yang efisien.

Belajar Kelompok

Trik Masuk STAN
Belajar Kelompok (Dok. Unsplash)

Sebetulnya banyak cara belajar. Kalau elo kurang nyaman belajar berkelompok, elo bisa belajar sendiri. Tidak ada masalah sendiri maupun berkelompok selama tujuan meningkatkan pemahaman terhadap soal SPMB PKN STAN elo tercapai. Ikutan Bimbel di Zenius dan ajak temen-temen elo untuk Try Out Online terus Push Rank di Zencore juga bisa, lho! Sama aja kan, elo belajar kelompok tapi di Zenius.

Atau mungkin elo ada yang kepikiran bisa gak ya, masuk PKN STAN tanpa bimbel karena elo khawatir harus mengeluarkan uang banyak untuk bimbel ini itu. Namun tenang aja, karena Zenius udah menyediakan berbagai fitur untuk bantu elo mempersiapkan diri untuk daftar PKN STAN.

Try Out Online di Zenius

Setelah persiapkan diri dengan belajar. Gue rasa kurang sah kalau elo belum coba menguji mandiri apa yang sudah elo pelajari dengan Try Out Online di Zenius yang sudah disimulasikan sesuai dengan ujian aslinya. Try Out merupakan salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan dan persiapan elo sudah sejauh mana, lho.

Baiklah Sobat Zenius, gue rasa sudah cukup trik masuk STAN dari gue. Tetap semangat belajar meski tadi gue sudah kasih tau daya tampung PKN STAN yang kurang dari 1%. Kalau elo mau tau setelah lulus STAN kerja di mana, bisa baca artikel ini dan klik banner di bawah ini untuk mempelajari banyak materi lainnya. Jaga kesehatan ya, Sobat Zenius. Tetap semangat! See you!

5 Trik Masuk STAN Beserta Materi Soalnya agar Lulus SPMB 9

Originally Published: December 10, 2021
Updated By: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!