Trik Masuk STAN

5 Trik Masuk STAN Beserta Materi Soal-nya agar Lulus SPMB

Halo Sobat Zenius, apa kabar? Semangat kan untuk lulus SPMB PKN STAN? Kali ini gue mau bahas mengenai Materi Ujian beserta trik masuk STAN. 

Lo tentu sudah tahu kan, kalau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara STAN, atau yang biasa disingkat SPMB PKN STAN banyak banget peminatnya. Setiap tahun, jumlah pendaftar PKN STAN selalu tinggi. Tahun 2021, jumlah pendaftarnya mencapai 41.982 orang. Bayangin, itu saingan lo semua Sobat Zenius. Lo tau gak kalau jumlah peserta yang diterima hanya 272 orang? 

Berarti peluang yang dapat berkuliah di PKN STAN tahun 2021 hanya sebesar 0,64%. Gak nyampe 1 persen, lho! Gue harap lo masuk ke dalam jumlah dua ratusan itu ya Sobat Zenius. 

Tuntutannya adalah lo meraih nilai setinggi mungkin biar lolos. Nanti kalau sudah diterima perjuangan lo gak berenti di situ, karena PKN STAN menerapkan sistem  Drop Out atau DO bagi mahasiswa yang tidak mencapai standar kelulusan akhir semester.

Per tahun 2021, PKN STAN bekerja sama dengan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) untuk menggunakan nilai UTBK. Kemungkinan besar tahun ini sama nih Sobat Zenius, lo akan diseleksi menggunakan hasil UTBK sebagai salah satu syarat administrasinya.

Meski persentase kelulusan SPMB PKN STAN itu gak nyampe 1 persen, tapi tetap kok lo bisa memaksimalkan peluangnya dengan strategi lulus USM STAN yang tepat. Kira-kira apa ya trik masuk STAN yang jitu? Mari kita pelajari mulai dari materi ujian sampai cari tahu tips-nya di artikel ini.

Materi Ujian SPMB PKN STAN

Ujian Saringan Masuk PKN STAN itu terdiri dari 3 tahap, yaitu:

Tahap I: Tes Tertulis 

Tahap II: Tes Fisik & Wawancara 

Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Sedangkan materi yang akan diujikan dalam SPMB PKN STAN, antara lain:

  • UTBK

Nilai UTBK akan digunakan menggantikan TPA (Tes Potensi Akademik) serta TBI (Tes Bahasa Inggris) yang biasanya diadakan dalam setiap ujian PKN STAN. Nilai dari Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK yang akan dipakai sebagai syarat PSMB PKN STAN, sehingga nantinya lo tidak perlu tes materi ini lagi. Panitia akan menyeleksi langsung dari nilai UTBK lo.

  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Tes Karakter Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), serta Tes Wawasan Kebangsaan (TKW). Di bawah ini ada tabel rinciannya.
Trik Masuk STAN
Image Zenius: Trik Masuk STAN

Perhatiin tabel-nya deh Sobat Zenius, kalau salah atau pun tidak menjawab lo akan tidak mendapatkan skor. So, kalau lo bisa melewati jika tidak yakin menjawab salah satu dari 30 soalnya.

Setelah lo dinyatakan lolos Administrasi, tahap selanjutnya lo akan mengikuti SKD yang dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Computer Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes-nya yang tadi sudah gue sebutkan, mereka adalah: TKP, TIU, TWK. Lo bakal lanjut ke tes lainnya kalau lo memenuhi nilai ambang batas SKD, dan peringkat lo masuk ke dalam kuota peserta yang akan mengikuti seleksi lanjutan.

Untuk nilai ambang batasnya sendiri tahun ini belum ada pembaruan, namun data tahun lalu dari Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), ialah 156 (TKP), 80 (TIU), dan 65 (TWK).

Selanjutnya ada tes lainnya, yaitu:

  • Tes Kesehatan dan Kebugaran
  • Tes Psikologi
  • Tes Wawancara

Bentuk soal yang akan diujikan pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), antara lain:

1. Tes Verbal akan menguji materi soal yang biasanya berisikan: Idiom dan Kelompok Kata; Sinonim dan Antonim; Bacaan; Analogi. 

2. Tes Angka berfungsi untuk mengukur kemampuan lo di bidang angka, kerangka berpikir struktur, serta logis matematis, antara lain: Bilangan dan Pecahan; Barisan dan Deret Matematika; Persamaan dan Pertidaksamaan; Geometri; Operasi Aljabar; Perbandingan; Sistem Persamaan Linier; Peluang; Pola Angka dan Huruf; Perbandingan; Bangun Ruang; Barisan dan Deret.

3. Tes Logika berfungsi untuk mengukur nalar lo secara logis atau masuk akal, soal tes logika meliputi: Logika Preposisi; Penarikan Kesimpulan atau Silogisme; Tes Logika Cerita; Logika Diagram.

Tes Gambar yang berfungsi untuk mengukur kegesitan lo dalam menganalisa suatu gambar. Soal tes gambar biasanya berisikan: Analisis Gambar; Identifikasi Gambar.

Trik Masuk STAN

Waktunya sharing mengenai trik masuk STAN. Karena gue mau dong Sobat Zenius masuk di 0,64% orang yang berkuliah di PKN STAN. Zenius sebagai Sobat belajar lo yang setia dan solutif tentunya turut bahagia dan bangga. Yuk lanjut ke cara lulus STAN, yang padahal tips utamanya tetap belajar. Hehehe…

Asah Fundamental Skill

Trik masuk STAN yang pertama, lo perlu menguasai materi dengan cara mendalami Fundamental Skill ala Zenius. Pelajari materi-materi apa aja yang nantinya akan diujikan. Pada SPMB PKN STAN terdapat berbagai tes, seperti: TPA, TBI, dan juga TKD. Tentunya materi yang ada di setiap tes tersebut  gak sedikit sehingga lo perlu persiapkan diri. Cari tahu dan dalami materi yang biasanya keluar pada tes sebelumnya.

Pemetaan Soal

Trik masuk STAN berikutnya selain mempelajari materi adalah memahami peta soalnya. Lo akan mengerjakan soal Tes Potensi Akademik (TPA) berjumlah 45 soal dengan waktu 40 menit, Tes Bahasa Inggris (TBI) 30 soal dengan waktu 20 menit.

Serta, Tes Kemampuan Dasar (TKD) 100 soal dengan waktu 90 menit, yang meliputi: Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Selain itu kalian juga harus paham mengenai bobot nilai tes tersebut, karena syarat kalian untuk lulus tes dari PKN STAN adalah nilai harus di atas ambang batas yang sudah gue jelaskan di awal.

Time Management

Karena waktu yang mepet dan jumah soal yang banyak, lo perlu belajar time management untuk bisa lolos SPMB PKN STAN. Agar usaha belajar dengan serius semakin maksimal dengan memperhatikan waktu.

Untuk soal tes kedinasan terutama PKN STAN, soal-soal yang perlu dikerjain, kira-kira membutuhkan waktu rata-rata kurang dari satu menit. Oleh karena itu, dengan time managing yang baik lo dapat mengerjakan semua soal dengan waktu yang efisien.

Belajar Kelompok

Trik Masuk STAN
Source: Unsplash

Sebetulnya banyak cara belajar. Kalau lo kurang nyaman belajar berkelompok, lo bisa belajar sendiri. Tidak ada masalah sendiri maupun berkelompok selama tujuan meningkatkan pemahaman terhadap soal SPMB PKN STAN lo tercapai. Ikutan Bimbel di Zenius dan ajak temen-temen lo untuk Try Out Online terus Push Rank di Zencore juga bisa, lho! Sama aja kan, kalian belajar kelompok tapi di Zenius.

Atau mungkin lo ada yang kepikiran bisa gak ya, masuk PKN STAN tanpa bimbel karena lo khawatir harus mengeluarkan uang banyak untuk bimbel ini itu. Namun tenang aja, karena Zenius udah menyediakan berbagai fitur untuk bantu lo mempersiapkan diri untuk daftar PKN STAN.

Try Out Online di Zenius

Setelah persiapkan diri dengan belajar. Gue rasa kurang sah kalau lo belum coba menguji mandiri apa yang sudah lo pelajari dengan Try Out Online di Zenius yang sudah disimulasikan sesuai dengan ujian aslinya. Try Out merupakan salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan dan persiapan lo sudah sejauh mana, lho.

Baiklah Sobat Zenius, gue rasa sudah cukup trik masuk STAN dari gue. Tetap semangat belajar meski tadi gue sudah kasih tau daya tampung PKN STAN yang kurang dari 1%. Kalau lo mau tau setelah lulus STAN kerja di mana, bisa baca artikel ini. Jaga kesehatan ya, Sobat Zenius. Tetap semangat! See you!

Bagikan Artikel Ini!