jurusan teknik informatika unpad

Info Kuliah dan Syarat Masuk Teknik Informatika UNPAD

Lagi cari informasi seputar Jurusan Teknik Informatika UNPAD? Yuk, simak sejarah, daya tampung, syarat masuk, dan mata kuliah Teknik Informatika UNPAD!

Sobat Zenius, elo pernah nonton film bertema spionase (mata-mata) nggak, sih? Mission Impossible misalnya. Nah, di film yang diperankan oleh Tom Cruise tersebut banyak adegan melacak musuh pakai teknologi canggih, sampai nge-hack senjata pakai  komputer. 

Mission Impossible tuh ngegambarin potensi teknik informatika di dunia nyata. Nggak mustahil juga kalau di masa depan, teknologi hasil penerapan teknik informatika ini bakal jauh lebih canggih lagi. 

Karena itu, nggak heran kalau Jurusan Teknik Informatika lumayan punya banyak peminat. Elo termasuk salah satunya nggak, nih?

Sebelum masuk ke pembahasan utama artikel ini, gue akan mengajak elo buat memahami apa itu teknik informatika. Jadi, informatika merupakan ilmu yang mempelajari ilmu lainnya yang saling berkaitan, seperti sistem informasi, ilmu informasi, teknik komputer, dan ilmu komputer. 

Khusus di teknik informatika, ilmu ini lebih menekankan pada struktur, sifat, dan interaksi yang terjadi pada sistem yang bertugas untuk mengumpulkan data. 

Menariknya, teknik informatika udah lumrah banget dipakai oleh banyak industri. Contohnya bioinformatika, medis, bahkan ilmu perpustakaan. Menarik, ya? 

Kalau elo tertarik buat mendalami tentang informatika, Universitas Padjadjaran ternyata menyediakan Jurusan Teknik Informatika, lho. Kayak gimana perkuliahan di Jurusan Teknik Informatika UNPAD? Yuk, langsung aja gali informasi tentang jurusannya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Teknik Informatika UNPAD

Jurusan Teknik Informatika masih terbilang muda karena baru didirikan pada 21 Desember 2011. Jurusan ini  menjadi bagian dari Departemen Ilmu Komputer yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran (UNPAD). 

Terbentuknya kejurusan ini berdasar pada pengembangan dari bidang minat ilmu komputer. Setelah melalui berbagai tahap pengajuan, akhirnya Jurusan Teknik Informatika UNPAD mendapatkan SK pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2011 dan mulai menerima mahasiswa satu tahun setelahnya.

Meski masih baru, elo nggak perlu meragukan kualitas jurusan ini. Soalnya, Jurusan Teknik Informatika UNPAD sudah mendapat akreditasi A dari lembaga akreditasi nasional BAN-PT. Kebayang dong, kualitas pendidikan di sini sekeren apa?

Seperti jurusan lain pada umumnya, Teknik Informatika UNPAD juga menerapkan sistem SKS atau satuan kredit semester. Jumlah SKS yang akan menjadi beban studi elo selama 8 semester nanti sebanyak 148 SKS dan dibagi-bagi di tiap semesternya. Hitungan tersebut buat mahasiswa sarjana (S1), ya.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika UNPAD?

Oh iya, kira-kira apa aja sih yang bakal elo pelajari di jurusan ini? 

Jadi, elo akan ketemu dengan materi penerapan prinsip-prinsip ilmu komputer.  Nggak cukup belajar teorinya, nih. Elo juga bakal dilatih agar mahir dalam beberapa hal, seperti rekayasa perangkat lunak, sampai mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi informasi. 

Selama perkuliahan, teliti adalah hal yang harus banget elo miliki. Karena ketelitian berguna untuk menerjemahkan berbagai ide yang akan dituangkan dalam bentuk digital. Contohnya, elo akan terbiasa untuk membuat sebuah flowchart yang berguna untuk mengetahui alur-alur dari berjalannya sistem, dan memastikan alur sistem tersebut sesuai dengan fungsi serta logikanya.

Baca Juga: Gambaran Lengkap Jurusan di Universitas Padjajaran (UNPAD)

Mata Kuliah Teknik Informatika UNPAD

Nggak kelewatan, gue bakal kasih tahu juga mata kuliah yang ada di Jurusan Teknik Informatika UNPAD, beberapa di antaranya:

  • Basis Data
  • Matematika Diskrit
  • Computer Graphic
  • Sistem Berkas
  • Arsitektur Komputer
  • Logika Matematika
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Algoritma
  • Artificial Intelligence (AI)

Gimana setelah elo tahu mata kuliah Teknik Informatika UNPAD? Eits, jangan mumet duluan, ya. 

Elo tenang aja, Jurusan Teknik Informatika UNPAD juga menyediakan banyak fasilitas yang bisa dipakai untuk membantu elo lancar dalam perkuliahan dan penelitian. Ada laboratorium komputasi, sistem informasi manajemen, laboratorium RAID, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Universitas Swasta Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Syarat Masuk Teknik Informatika UNPAD

Sebelum elo tambah yakin buat pilih kuliah di Jurusan Teknik Informatika UNPAD, simak dulu syarat masuknya. Kalau bisa, jangan lupa buat dicatat, ya!

syarat masuk di Jurusan Informatika UNPAD

Syarat Masuk Jurusan Teknik Informatika UNPAD (Sumber: unpad.ac.id)

Daya Tampung dan Peminat Jurusan Teknik Informasi UNPAD

Setelah syarat masuk, kini elo perlu lihat informasi daya tampung dan peminat Jurusan Teknik Informatika UNPAD dari berbagai jalur masuk. Perhatikan baik-baik, deh.

daya tampung dan peminat Jurusan Teknik Informatika UNPAD

Daya Tampung dan Peminat Jurusan Teknik Informatika UNPAD (Sumber: unpad.ac.id)

Alt text: Daya Tampung dan Peminat Jurusan Teknik Informatika UNPAD

Baca Juga: Mengupas Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Gelar dari Jurusan Teknik Informasi UNPAD

gelar pendidikan Jurusan Teknik Informatika UNPAD

Gelar Jurusan Teknik Informatika UNPAD (Sumber: Arsip Zenius)

Setelah lulus, elo akan menyandang gelar S.Kom (Sarjana Komputer). Dengan gelar tersebut, elo berkesempatan untuk bekerja sebagai information security analyst, programmer, IT specialist, dan masih banyak lagi. 

Itu dia informasi menarik seputar perkuliahan, syarat masuk, daya tampung, sampai prospek kerja di Jurusan Teknik Informatika UNPAD. 

Buat elo yang udah ngikutin seluruh rangkaian UTBK 2022, gue ucapkan semoga berhasil, ya!  Elo masih bisa nonton playlist UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun di link ini, ya.

Persiapan UTBK: Materi Belajar, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class


Perjuangan masih panjang! Elo juga bisa coba ikut try out berbagai ujian masuk kampus sebelum menghadapi ujian benerannya nanti. Penting banget buat elo terbiasa mengerjakan berbagai tipe soal ujian. Langsung aja ikutan try out online Zenius dengan mengeklik banner di bawah ini!

Info Kuliah dan Syarat Masuk Teknik Informatika UNPAD 9

Referensi:

Syarat Masuk Universitas Padjadjaran – smup.unpad.ac.id

Pangkalan Data Universitas – ltmpt.ac.id

Informasi Teknik Informatika – unpad.ac.id

Informasi Fakultas Matematika dan IPA – unpad.ac.id

Informasi Program Studi Teknik Informatika UNPAD – pddikti.kemdikbud.go.id

Bagikan Artikel Ini!