Info Perkuliahan dan Passing Grade Fakultas Kedokteran UNS

Info Kuliah dan Daya Tampung Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS)

Tertarik jadi dokter tapi masih bingung mau kuliah di kampus mana? Kalau iya, gue akan merekomendasikan Fakultas Kedokteran UNS (Universitas Sebelas Maret) atau FK UNS, nih!

“Kalo udah besar, apa cita-citanya?”

Sewaktu kita masih kecil dulu, kayaknya itu jadi pertanyaan paling lumrah yang kita dengar, ya? Kalau dulu, mungkin bakal disebutkan berbagai jenis profesi yang dari tahun ke tahun jadi cita-cita anak-anak saat itu, misalnya dokter, tentara, atau jawaban sejuta umat: astronaut.

Kalau sekarang, karena udah eranya digitalisasi, mulai ada opsi lain nih, kalau anak-anak ditanya cita-cita, misalnya aja: jadi youtuber.

Tapi, ketika udah lewat beberapa masa, profesi dokter masih nggak kehilangan pamor, nih. Ini terlihat dari betapa ketatnya persaingan masuk ke Jurusan Kedokteran dibanding jurusan kuliah lainnya.

Beberapa tahun lalu, gue pernah ikut kegiatan sosial di suatu SD. Dan lagi-lagi, gue ketemu anak-anak yang punya impian jadi dokter. Namun,  ada salah satu anak yang masih bingung apa impiannya di masa depan. Waktu gue tanya, dia bilang cuma ingin membuat daerah asalnya menjadi lebih sejahtera. Tapi, dia masih bingung tuh, apa profesi buat bikin impiannya itu jadi nyata. 

Dari sini, gue sadar kalau ternyata cita-cita itu bukan cuma tentang ingin menjadi apa, tapi juga tentang ingin berbuat apa.

Kalau bercita-cita ingin jadi dokter, apa yang mau elo lakukan sebagai seorang dokter?

Oke, buat elo yang lagi mencari-cari informasi tentang Jurusan Kedokteran terbaik, gue rekomendasikan salah satunya! Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) punya Jurusan Kedokteran yang sudah berakreditasi A. Yuk, langsung simak aja!

Baca Juga: Mau Kuliah Jurusan Kedokteran? Kenali Seluk Beluknya Dulu, Yuk!

Berkenalan dengan Fakultas Kedokteran UNS

fakultas kedokteran universitas sebelas maret (fk uns)
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) punya rumah sakit sendiri, lho (Arsip Zenius)

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Elo mau mampir ke calon kampus elo ini nggak, nih? Dateng aja langsung ke alamatnya di Jalan Ir. Sutami 36A, Surakarta.

Di sana, elo bisa melihat FK UNS punya rumah sakit pendidikan sendiri bernama Rumah Sakit UNS. Fungsi dari rumah sakit ini adalah untuk mahasiswa kedokteran yang masih dalam tahap pelatihan.

Selain berfungsi untuk tempat pendidikan dan penelitian, Rumah Sakit UNS juga melayani kesehatan secara terpadu. Jadi, ada fasilitas rawat inap juga untuk pasien.

Jadi, kalau menjadi mahasiswa kedokteran di FK UNS, Rumah Sakit UNS bisa langsung digunakan sebagai tempat latihan praktik bagi calon-calon dokter yang berkuliah di FK UNS.

Nggak hanya mempunyai fasilitas rumah sakit, UNS sendiri juga merupakan kampus yang telah mendapatkan penghargaan pada tahun 2014 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Perintis Kampus Berwawasan Lingkungan.

Sebelumnya, FK UNS pernah punya Jurusan Psikologi juga, lho. Semenjak 2022, jurusan ini dipisah dan naik tingkat menjadi fakultas independen, yakni Fakultas Psikologi UNS. 

Menurut elo, kenapa studi imu Psikologi bisa bergabung dengan studi kedokteran? Apakah kaitan antara kedua disiplin ilmu ini?

Nah, kalau pengin mengenal Psikologi secara lebih dekat, elo bisa baca-baca artikel di bawah ini nanti. Sekarang, kita bahas Jurusan Kedokteran yang ada di FK UNS, ya.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Psikologi – Materi Kuliah dan Prospek Kerja

Jurusan Kedokteran UNS

Buat elo yang masih ragu untuk ngejalanin pendidikan dokter di UNS, kualitas dari jurusan ini udah teruji karena akreditasi Kedokteran UNS mendapatkan Akreditasi A berdasarkan penilaian dari tim asesor di tahun 2021 dan berlaku hingga 12 November 2025.

“Kalau gue udah mulai yakin untuk menjadi bagian dari pendidikan kedokteran, gimana dengan skor masuk atau passing grade-nya?

Nah, passing grade FK UNS sebenernya bakal ada begitu tesnya selesai dan skor semua peserta diurutkan dari yang tertinggi sampai yang terendah. Nilai terendah dari peserta yang lolos itulah menjadi angka passing grade FK UNS.

Dengan kata lain, nggak bakal ada yang tahu passing grade FK UNS kalau ujiannya aja belum mulai. Makanya, nih, kita nggak bener-bener bisa tahu pasti berapa skor minimal supaya bisa lolos masuk ke pendidikan kedokteran UNS.

Namun, supaya elo paham tentang gimana sebenernya konsep passing grade dalam tes masuk perguruan tinggi, gue saranin elo supaya baca artikel di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi

Syarat Masuk FK UNS

Gimana, udah siap kuliah terus pakai jaket putih tiap hari? Elo perlu tahu kalau syarat masuk Fakultas Kedokteran UNS wajib berasal dari SMA/MA jurusan IPA. Selain itu, pendidikan dokter di FK UNS itu ditempuh lewat dua jenjang studi:

  1. Program Studi Kedokteran
  2. Program Studi Profesi Dokter

Saat masih dalam tahap Program Studi Kedokteran, elo bakal menjalani proses pendidikan selama 7 semester dengan beban 154 SKS (Satuan Kredit Semester). SKS merupakan sistem di perkuliahan yang bakal menentukan berapa mata kuliah atau kelas yang perlu elo jalani.

Misalnya, kalau di semester pertama elo mendapat jatah untuk menyelesaikan 21 SKS, itu berarti elo bakal menghadapi 3 mata kuliah yang masing-masing punya beban 7 SKS. Ini hanya contoh aja, ya. Karena dalam dunia perkuliahan nanti, elo bisa aja perlu menyelesaikan lebih banyak kelas dan masing-masing kelas punya beban SKS yang berbeda-beda.

Kalau udah lulus dari Program Studi Kedokteran, elo berhak mendapatkan gelar S.Ked dan bisa melanjutkan ke jenjang profesi dokter, yang dapat diselesaikan selama 4 semester.

Program Studi Profesi Dokter menjadi proses penting untuk dijalani dalam pendidikan dokter. Lewat program ini, calon dokter dapat memiliki kemampuan dalam menangani pasien dan berbagai pengetahuan/keterampilan yang menunjang sebagai profesi dokter.

Baca Juga: Informasi Seleksi dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UI

Daya Tampung

Selanjutnya, untuk memperbesar kemungkinan elo berhasil lolos ke FK UNS, silakan disimak daya tampung dari kedokteran UNS di bawah ini. Karena dengan mengetahui berapa daya tampung dan jumlah pendaftarnya, elo bisa memperkirakan berapa peluang diterima di jurusan ini.

Daya tampung FK UNS
Informasi Daya Tampung FK UNS (Arsip Zenius)

Biaya Kuliah Kedokteran UNS

“Eh, tapi mahal nggak, ya, kuliah di kedokteran UNS? Bukannya kata orang-orang, kuliah di kedokteran itu mahal?”

Daripada menebak-nebak, mending lihat informasi tentang biaya kuliah kedokteran UNS di bawah ini, supaya elo tahu berapa angka pastinya.

Daya tampung FK UNS
Informasi Biaya Kuliah Kedokteran UNS (Arsip Zenius)

Seperti yang udah dijelaskan di atas, Universitas Sebelas Maret (UNS) menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai sistem yang mengatur berapa biaya yang ditetapkan untuk setiap mahasiswa.

Gimana, apakah FK UNS bakal menjadi salah satu perguruan tinggi yang elo pilih? Untuk memaksimalkan peluang elo bisa lolos UTBK, silakan akses link di bawah ini buat dapet panduan terlengkap!

Panduan Lengkap UTBK

Setelah tahu informasi tentang UTBK, elo pastinya perlu latihan berbagai variasi soal, termasuk buat ujian mandiri. Biar elo nggak kaget lagi, nih, kalau ketemu soal yang udah diutak-atik. Elo bisa akses berbagai latihan soal lewat banner di bawah ini!

Info Kuliah dan Daya Tampung Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) 9

Referensi:

S1 Kedokteran – spmb.uns.ac.id

Program Studi Profesi Dokter – prodiprofesidokter.fk.uns.ac.id

Lampiran SK Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Sarjana Universitas Sebelas Maret — SPMB UNS (2022).

Bagikan Artikel Ini!