Mengapa Jerman Kalah di Perang Dunia II?

Artikel ini menceritakan tentang penyebab kekalahan Jerman di Perang Dunia II, meski nampaknya mereka unggul dan hampir memenangkan perang masif ini. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Marcel. Seperti biasa, gue mau mengajak lo semua untuk melirik ke masa lampau (lebay), ke salah satu peristiwa besar dalam sejarah manusia, ke peristiwa yang nyaris mengubah peta politik dunia, terutama Eropa. Peristiwa itu adalah Perang Dunia II. Kenapa gue nyebut bahwa peristiwa ini nyaris mengubah peta politik dunia? Karena pada saat itu …

Kisah Lintas Zaman Kegunaan Jalan Tol

Artikel ini mengupas manfaat jalan tol, dari segi militer, politik, dan ekonomi, dengan menelusuri sejarah Romawi Kuno, Nazi Jerman, dan Amerika Serikat di bawah pimpinan Eisenhower. Di mana-mana lagi banyak banget ya proyek jalan tol. Apalagi mendekati momen mudik seperti sekarang. Tapi di tengah gencarnya pembangunan jalan tol, ada pihak yang meragukan manfaat dari jalan tol. "Negara kita berutang banyak demi bangun jalan tol. Tapi palingan yang ngerasain manfaatnya cuma …

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengukur jarak antara Matahari dan Bumi, serta benda-benda angkasa lainnya tanpa harus meninggalkan Bumi. Halo guys! Ketemu lagi, nih dengan Steve dan Wisnu. Kali ini kita berdua mau ngomongin tentang gimana caranya ngukur benda-benda angkasa. Sebelum kita mulai, lo pernah gak, sih, wondering tentang seberapa jauhnya Matahari dari Bumi? Atau jarak antara Bumi dengan Bulan? Nah, kebetulan, kita sering banget dapet pertanyaan kayak gini: Q: Berapa sih jarak dari Bumi ke Matahari? Z: AU lah. Q: Eh seriusan. …

Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Negara?

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana ketergantungan subsidi yang berlebihan bisa berakibat sangat fatal bagi perekonomian negara. Subsidi itu kan enak. Harga BBM murah. Biaya listrik dan air ledeng murah. Kalo perlu, semuanya aja deh disubsidi oleh pemerintah. Kenapa pemerintah nggak subsidi semua bahan kebutuhan pokok aja, sih? Kalo semua disubsidi, kan rakyat sejahtera. Rakyat jadi nggak terbebani biaya ekonomi yang tinggi. Negara yang memberikan banyak subsidi bagi rakyatnya pastilah pemerintah yang baik dan berpihak …

Panduan Belajar SBMPTN Sejarah

Pada artikel ini, Zenius mengupas persiapan belajar menghadapi SBMPTN Sejarah. Ada tips belajar, bedah topik materi, dan variasi latihan soal. Halo rekan-rekan muda nan imut-imut sekalian! Gimana suasana hati? Beres? Makin deg-degan ga menjelang SBMPTN? Yaah.. Berbahagialah jika elo-elo semua makin deg-degan, karena deg-degan itu pertanda elo niat banget jadi anak kuliahan di tempat yang elo suka. Nah, pada kesempatan kali ini gua mau berbagi tips untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN, khususnya …

Bahasa Cina Itu Apa Sih?

Artikel ini membahas tentang apa yang dimaksud dengan bahasa Cina (bahasa Tionghoa), sejarah singkatnya, penggolongannya, serta contoh kosakata yang diserap ke bahasa Indonesia Bang, beli siomay goceng, dong, kamsia ya. Ah, gak cuan gua kalo lu ngutang melulu. Kongkow dulu yuk, tempat mah cincai lah. Kalimat-kalimat di atas pastinya dah gak asing lagi kan, di telinga lo? Nah, dari kalimat-kalimat tersebut, lo ada perhatiin gak, kata-kata yang kok kedengarannya gak kayak …

Kisah Runtuhnya Dinasti Terakhir Kekaisaran Tiongkok

Selama ribuan tahun, Kekaisaran Tiongkok (China) bertahan, berkembang, serta membangun salah satu peradaban yang terbesar sepanjang sejarah manusia. Namun, peradaban yang katanya besar, kokoh, dan eksis selama lebih dari 2000 tahun itu toh akhirnya tumbang juga di awal abad ke-20. Bagaimana ceritanya? Artikel ini menceritakan beberapa penyebab kunci dari kehancuran dinasti terakhir Tiongkok (Dinasti Qing). Halo ketemu lagi sama gua Marcel, di topik sejarah Zenius Blog! Pada kesempatan kali ini gua …

Pemerintah Bisa Saja loh Menurunkan & Menaikkan Nilai Mata Uang Rupiah. Gimana Caranya?

Pemerintah bisa saja menurunkan atau menaikkan nilai tukar Rupiah. Bagaimana caranya? Apa konsekuensi dan risiko dari kebijakan ekonomi tersebut? Simak penjelasan tentang revaluasi, devaluasi, apresiasi, depresiasi, redenominasi, dan sanering di bawah ini. Halo guys, ketemu lagi dengan gue, Meby. Pada kesempatan ini, lagi-lagi gue mau berbagi tentang ilmu Ekonomi. Nah, pertama-tama gue mau nanya dulu nih, pernah gak sih lo penasaran dengan nilai mata uang Rupiah (IDR) yang terus berfluktuasi terhadap mata uang asing? …