Mengapa Kita Bisa Mirip Dengan Orang Tua Kita?

Kenapa kita bisa mirip dengan orang tua kita? Lantas kenapa kita punya sedikit perbedaan fisik dan karakter dengan kakak-adik kandung kita? Bagaimana mekanisme biologis yang terjadi dibalik kemiripan orang tua dan anak? Coba perhatikan foto keluarga lo, bagaimana wajah dan penampilan kalian semua, semuanya agak mirip-mirip kan? Dari warna rambut, warna kulit, bentuk rahang, bentuk telinga, warna bola mata, dan lain-lain. Tapi coba deh lo perhatiin lebih detil lagi. Secara …

Perjalanan Menjawab Misteri Pewarisan Sifat

Kenapa anak sering kali mirip dengan orang tuanya? Artikel ini menceritakan perjalanan ilmuwan menguak materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat induk ke anaknya. Pernah ga kamu iseng melihat foto ibu/ayah kamu zaman dulu? Kalau kamu bandingin foto orang tua pas seumuran kamu dengan fisikmu saat ini, kamu akan melihat hal yang menarik. Yap! Kalian seperti kembar! Dan ternyata, tidak cuma dengan dirimu aja. Wajah adik atau kakakmu mirip banget …

Matematika Mengungkap Identitas Manusia

Matematika bukan sekadar menghitung dan menghafal rumus, tetapi banyak aplikasinya di kehidupan nyata. Artikel ini membahas aplikasi Matematika dalam analisis DNA untuk menguraikan identitas manusia. Buat lo yang cuma mikir kalau Matematika itu hanya ngitung, rumus, dan soal, baiknya baca dulu nih tulisan gue. Walaupun Zenius sebelumnya pernah share gimana mengatasi pelajaran yang dibenci, masih banyak aja yang suka nanya, “Gimana sih supaya cepat nangkep pelajaran (Matematika, misalnya)?” Gimana mau …