Rumus Perlambatan

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal

Artikel ini mempelajari dan membahas rumus perlambatan dengan contoh soal dan pembahasannya.

Temen-temen Zenius pernah liat sebuah kereta tiba di stasiun kereta api gak?

Kalau pernah, mungkin temen-temen sadar awalnya pas kereta itu muncul mendekati stasiun, dia tuh geraknya kenceng banget. Terus semakin deket kereta ke stasiun semakin pelan juga gerakannya, sampai akhirnya si kereta ini berhenti. Penumpang kereta berpapasan, ada yang naik dan ada yang turun. Kemudian kereta lanjut meluncur ke stasiun berikutnya.

Rumus Perlambatan
Dok: Pixabay

Apa yang dialami oleh kereta ketika dia berhenti ke satu stasiun bisa kita sebut sebagai perlambatan nih guys. Kali ini kita bakalan belajar cara menghitung perlambatan seperti yang dialami oleh kereta api. Kita tentunya akan ngebahas rumus perlambatan dan contoh soalnya juga, jadi dibaca sampai habis ya artikelnya!

Apa Itu Perlambatan?

Saat kita ngomongin perlambatan, tentu aja kita ga bisa ninggalin percepatan. Percepatan ini adalah perubahan kecepatan suatu benda yang berlangsung dalam waktu tertentu. Perubahan kecepatan pada percepatan ini bernilai positif guys. Sementara itu, kalau perubahan kecepatan ini bernilai negatif, maka dia akan disebut sebagai perlambatan.

Rumus Perlambatan
Dok: Pexels

Oke sekarang kita tau kalau perlambatan itu adalah percepatan yang bernilai negatif. Kenapa jadi disebut perlambatan ya? Ini karena jika suatu benda memiliki percepatan negatif, maka gerak benda tersebut akan semakin melambat. Contoh perlambatan selain kereta api yang gua udah sebutin tadi adalah ketika sepeda motor atau mobil bergerak semakin pelan hingga berhenti di depan lampu merah.

Rumus Perlambatan

Perlambatan ini adalah percepatan yang bernilai negatif, sehingga rumus perlambatan dan rumus percepatan itu sama guys. Berikut ini adalah rumusnya:

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 65

Keterangan:

a: percepatan/perlambatan (m/s2)

v2: kecepatan akhir (m/s)

v1: kecepatan awal (m/s)

t: waktu (s)

Nanti kalau hasil jawabannya itu positif maka artinya itu adalah percepatan, tapi kalau hasilnya negatif maka itu adalah perlambatan. 

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Ivan mengendarai sebuah sepeda motor dengan kecepatan sebesar 36 km/jam. Pada sebuah perempatan terdapat lampu merah sehingga Ivan memberhentikan sepeda motornya dalam waktu 5 detik. Berapa nilai perlambatan sepeda motor Ivan?

Pembahasan:

Diketahui:

v2 = 0 km/jam (berhenti)

v1 = 36 km/jam

t = 5 detik

Ditanya: a

Jawab:

v1 = 36 km/jam = Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 66

v1 = 10 m/s

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 67

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 68

a = -2 m/s2

Jadi terdapat percepatan sebesar -2 m/s2 yang berarti sepeda motor Ivan mengalami perlambatan sebesar 2 m/s2.

Contoh Soal 2

Rino mengendarai sebuah mobil dengan kecepatan 108 km/jam. Melihat pelangi yang indah di perjalanan, Rino melambatkan mobilnya menjadi 72 km/jam dalam waktu 8 detik. Berapakah nilai perlambatan yang dialami mobil Rino?

Pembahasan:

Diketahui:

v2 = 72 km/jam

v1 = 108 km/jam

t = 8 s

Ditanya: a

Jawab:

v2 = 72 km/jam = 20 m/s

v1 = 108 km/jam = 30m/s

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 69

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 70

a = -4,5  m/s

Jadi terdapat percepatan sebesar -4,5 m/s2  yang berarti mobil Rino mengalami perlambatan sebesar 4,5 m/s2 .

Contoh Soal 3

Rudi sedang bersepeda di taman dengan kecepatan 20 m/s. Karena keasikan bersepeda, ia tidak melihat lubang di depannya. Ketika rudi menyadarinya, ia segera memberhentikan sepedanya. Bila diketahui perlambatan sepeda rudi sebesar 5 m/smaka berapakah waktu yang dibutuhkan  Rudi untuk memberhentikan sepedanya?  

Pembahasan:

Diketahui:

v1 = 20 m/s

v2 = 0 m/s

a = -5 m/s

Ditanya: t

Jawab:

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 71

Rumus Perlambatan dan 3 Contoh Soal 72

-5t = -20

t = 4 

Jadi waktu yang dibutuhkan Rudi untuk memberhentikan sepedanya adalah 4 detik. 

Begitu deh rumus perlambatan temen-temen, semoga pada paham deh biar bisa nentuin perlambatan dan cara bedainnya dengan percepatan. Kalau temen-temen ada pertanyaan atau mau berdiskusi bisa tulis aja curahan hati kalian di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk ngecek materi-materi Fisika lainnya di Zenius ya!

Video Materi

Pengenalan Gerak Lurus

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Baca Juga

Kecepatan dan Percepatan: Perbedaan, Rumus, Contoh Soal, dan Pembahasan

Rumus GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) Beserta 4 Contoh Soal

Rumus Kelajuan dan Kecepatan, Apa Bedanya?