rumus luas lingkaran dengan diameter

Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter dibagi 4?

Halo sobat zen! Siapa di sini yang masih belom paham sama rumus luas lingkaran dengan diameter? Tenang aja, kali ini aku bakal jelasin rumus luas lingkaran dengan diameter pake soal dan pembahasannya biar kamu paham. btw, kamu tau gak sih benda apa yang berbentuk lingkaran? Bola? kurang tepat, Bola itu dimensi ruang atau dimensi 3, sedangkan lingkaran dimensi 2 atau bangun datar. Kalo kamu tau coba tulis di kolong komentar di bawah ya!

Sebelum membahas luas lingkaran dengan diameter. Lingkaran punya beberapa unsur penting yang perlu kamu ketahui.

Ciri-Ciri Lingkaran

1. Titik Pusat merupakan titik yang terletak tepat di tengah lingkaran, dengan jarak sama panjang dengan sisi lengkung yang melingkari titik tersebut.

2. Jari-Jari atau dalam rumus lingkaran biasa disimbolkan sebagai r, yaitu jarak yang terbentuk dari titik pusat sampai sisi lingkaran, atau sebaliknya. Jarak ini bisa ke atas, ke bawah, ke kanan, kiri, maupun ke segala arah karena panjang dari titik pusat ke sisi lingkaran akan sama besar

3. Diameter atau dalam rumus lingkaran disimbolkan sebagai d, merupakan garis yang membentuk jarak dari sisi lingkaran ke sisi seberangnya melewati titik pusat. Diameter (d) juga merupakan panjang dua kali panjang jari jari (r).

Rumus Luas lingkaran Dengan Diameter

Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter dibagi 4? 49

Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter harus ada ¼  dan berbeda dengan luas lingkaran dengan jari-jari. Bukankah jari-jari hanya ½ diameter?

Luas Lingkaran

Dengan diameter: Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter dibagi 4? 50

Dengan jari-jari: Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter dibagi 4? 51

Karena, diameter merupakan 2 kali panjang jari-jari, maka hasil kuadrat diameter akan menghasilkan 4 kali besar jari-jari lingkaran. Jadi, perlu dibagi 4 supaya hasilnya sama ketika menggunakan rumus jari-jari.

Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter dibagi 4? 52
gambar: zenius.net

Contoh, luas lingkaran dengan jari-jari 7 cm adalah Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter dibagi 4? 53

Jari-jari 7 cm berarti panjang diameter lingkaran tersebut adalah 14 cm

Luas lingkaran dengan diameter 14 cm tanpa dibagi 4 adalah Mengapa rumus luas lingkaran dengan diameter dibagi 4? 54

Oleh karena itu, perlu dibagi 4 agar luas lingkaran menggunakan diameter tetap sama ketika memakai rumus jari-jari.

Gimana? Sudah paham ya? Kalo belom paham kamu bisa diskusi di kolom komentar di bawah ini.

Kamu bisa baca artikel lainnya di sini!

3 Rumus Jari-Jari Lingkaran

3 Rumus Diameter Lingkaran

Bagikan artikel ini: