Gaji Lulusan STAN (Arsip Zenius)

Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan STAN

Halo, Sobat Zenius! Siapa nih yang tertarik buat masuk STAN? Sudah tahu belum penempatan lulusan STAN kerja di mana? Atau berapa sih kisaran gaji lulusan STAN? Nah, kalau elo belum tahu, di artikel kali ini gue bakalan bahas mengenai prospek kerja lulusan STAN dan penghasilannya. Simak terus, ya!

Tapi sebelum langsung ke inti bahasan, elo udah tahu kan apa itu STAN atau yang kini dikenal sebagai PKN STAN? STAN merupakan sekolah kedinasan dengan kepanjangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang telah berubah menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Jadi, apa aja sih prospek kerja lulusan STAN dan berapa gaji lulusan STAN itu? Simak pembahasan berikut ini.

Lulusan STAN kerja di mana?

penempatan dan gaji lulusan stan
Cek prospek kerja lulusan STAN (Arsip Zenius)

Sobat Zenius pasti tahu kan kalau di PKN STAN ada beberapa jurusan yang bisa dijadikan pilihan. Nah, dengan mengetahui jurusan apa saja yang ada di STAN, maka elo akan tahu nantinya lulusan STAN kerja di mana. 

Banyak orang sudah tak kebingungan lagi ketika ditanya lulusan STAN jadi apa. Sebagai sekolah kedinasan lulusan STAN akan menjadi CPNS di berbagai instansi pemerintahan.

Secara umum dan sebagian besar lulusan STAN akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan, namun sebagian lainnya juga ditempatkan di instansi pemerintah lain. Nah, di artikel kali ini, gue bakalan bahas prospek kerja dan penempatan lulusan STAN. 

  • Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Lulusan STAN yang ditempatkan di kantor DJP bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Direktorat Bea dan Cukai

Lulusan STAN, khususnya jurusan Kepabeanan dan Cukai, akan bekerja di Direktorat Bea dan Cukai yang mana nantinya akan ditempatkan di bagian pelabuhan atau di bandara yang berhubungan dengan kepabeanan dan cukai.

  • Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Lulusan STAN yang ditempatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan bertugas dalam merumuskan serta melaksanakan kebijakan bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang, sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku.

  • Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN)

Selanjutnya, lulusan STAN juga akan ditugaskan di Ditjen Perbendaharaan yang mana akan terlibat dalam merumuskan serta melaksanakan kebijakan di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Instansi Pemerintah Lainnya

Seperti yang udah gue bahas sebelumnya, lulusan STAN juga memiliki peluang untuk ditempatkan di lingkungan instansi pemerintah yang lain, seperti:

  1. Kementerian Koordinator bidang Perekonomian
  2. Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman
  3. Kementerian Pertahanan
  4. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
  5. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas)
  6. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  7. Badan Pemeriksa Keuangan
  8. Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan
  9. Badan Narkotika Nasional

Punya cita-cita belajar di PKN STAN? Elo harus berhasil untuk lolos seleksinya dulu dong supaya layak menjadi bagian dari sekolah kedinasan satu ini.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Untuk elo yang mau belajar di sini bisa banget lho belajar lewat aplikasi Zenius. Ada materi pembelajaran oleh tutor Zenius yang bikin elo auto ngerti deh. Elo juga bisa kerjain soal-soal yang udah disediain. Langsung aja yuk download aplikasi Zenius dengan klik banner di bawah ini!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Berapa gaji lulusan STAN?

Oke, setelah tahu penempatan lulusan STAN kerja di mana, elo juga pasti penasaran kan berapa kisaran gaji lulusan STAN. Perlu diketahui, nih, lulusan STAN dari program D3 akan diangkat menjadi PNS golongan II-C, sedangkan lulusan dari D1 akan diangkat menjadi PNS Golongan II-A.

Berdasarkan PP Nomor 15 tahun 2019 tentang Peraturan Gaji PNS, selain mempertimbangkan golongan, besaran gaji lulusan STAN juga memperhitungkan masa kerja golongan (MKG).

Merujuk pada peraturan tersebut, karena lulusan STAN dari program D3 akan menjadi PNS golongan II-C, maka di tahun pertama akan menerima gaji pokok sebesar Rp2.301.800 per bulan. Sedangkan, gaji lulusan STAN dari program D1 yang mana menjadi PNS golongan II-A akan mendapat gaji pokok sebesar Rp2.022.200 per bulan.

Tapi elo juga perlu tahu, kalau gaji lulusan STAN yang gue tulis di atas itu akan berbeda di tahun selanjutnya. Di setiap tahunnya tentu akan ada kenaikan gaji bagi para lulusan STAN.

Lulusan STAN program D3 atau yang menjadi PNS golongan II-C akan mendapatkan kenaikan gaji menjadi Rp2.374.300. Lalu, untuk lulusan STAN program D1 akan menerima kenaikan gaji menjadi Rp2.054.100. Selain itu, dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa lulusan STAN dengan masa kerja 33 tahun akan menerima gaji sebesar Rp3.365.000.

Tambahan info, untuk lulusan STAN yang telah bekerja lebih dari 2 tahun dapat melanjutkan kuliah yang mana bisa menjadi kesempatan untuk kenaikan tingkat golongan PNS yang berdampak pada kenaikan gaji.

Oke, elo pasti tahu kan, kalau jadi PNS itu gak cuma dapet gaji pokok tapi juga ada yang namanya tunjangan. Tunjangannya dapat berupa tunjangan keluarga, tunjangan umum hingga tunjangan kinerja. Berapa sih tunjangan gaji lulusan STAN?

Salah satu tunjangan gaji lulusan STAN yang akan diterima berupa tunjangan kinerja atau tukin. Sekedar informasi, tunjangan kinerja merupakan tunjangan terbesar yang diterima oleh PNS dan untuk yang bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan, tunjangan kinerja dapat mencapai puluhan juta. Tertarik banget gak, sih buat masuk STAN?

Informasi lebih rinci, berdasarkan PP Nomor 156 tahun 2014, tunjangan kinerja untuk kelas jabatan terendah (kelas 1) akan menerima Rp2.575.000. Sedangkan untuk kelas jabatan tertinggi (kelas 27), tunjangan kinerja yang diterima dapat mencapai Rp46.950.000. Dan lulusan STAN program D3 termasuk ke dalam kelas jabatan 6 yang mana mendapatkan tunjangan kinerja sebesar Rp3.611.000.

Lebih lanjut, berdasarkan PP Nomor 37 tahun 2015, lulusan STAN di lingkungan Kementerian Keuangan khususnya di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menerima tunjangan kinerja sebesar Rp7.673.375.

Eits tapi tunjangan kinerja ini nggak turun begitu aja ya. Ini semua tergantung pada penerimaan pajak negara. Jika penerimaan pajak mencapai 95% elo bakal mendapat 100% tunjangan.

Penerimaan pajak hanya 80-90%, elo yang berharap tunjangan gaji STAN yang tinggi jadi hanya turun 80%, begitu seterusnya. Hingga sampai penerimaan pajak hanya mencapai 70% maka hanya 50% tunjangan yang diberikan.

Oh iya gaji lulusan STAN serta tunjangannya yang menggiurkan ini nggak bisa langsung elo nikmati kalau elo masih CPNS. Elo akan menerima 80% gaji pokok dan maksimal 50% dari tunjangan.

Ingat kan tadi gue bilang lulusan STAN akan mulai sebagai CPNS terlebih dahulu. Untuk mendapat hak penuh seperti di atas, elo wajib menjalani tes terlebih dahulu agar dapat diangkat menjadi PNS.

Nah, sekarang elo udah tahu, kan, lulusan STAN kerja di mana dan berapa gaji lulusan STAN lengkap dengan tunjangannya. Hal inilah yang membuat STAN menjadi salah satu prioritas pilihan sekolah kedinasan. Selain biaya kuliah atau pendidikan yang gratis, penempatan lulusan STAN juga sudah diatur dengan jelas dengan penghasilan yang WOW! 

Jadi, buat elo yang tertarik buat masuk STAN, elo perlu banget mempersiapkan diri agar lolos seleksi STAN yang sulit dengan persaingan ketat. Persiapkan diri dari sekarang, ya! 

Jangan lupa buat cek informasi mengenai jadwal, syarat, dan tata cara pendaftaran SPMB PKN STAN dengan mengakses link Panduan SPMB PKN STAN.

Buat elo yang penasaran dengan paket belajar Zenius yang bisa bantu elo dalam seleksi STAN dan PTN lainnya nanti bisa klik banner di bawah ini ya!

CTA Zenius ultima plus
Yuk persiapkan dirimu bareng Zenius Ultima!

Penulis: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius

Originally published: December 10, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!