Daftar Materi Kelas 10 SMA IPA Terlengkap

Kumpulan Materi Pelajaran Kelas 10 SMA IPA dan Pembahasan Terlengkap!

Hai hai Sobat Zenius, ketemu lagi sama gue Sabrina. Di artikel kali ini gue akan merangkum materi kelas 10 IPA secara lengkap. Mulai dari Matematika wajib, Matematika peminatan, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dari Semester 1 sampai Semester 2.

Rangkuman materi kelas 10 ini diharapkan bisa membantu lo belajar dan lebih memahami materi yang disampaikan para guru di sekolah. Oh iya, gak cuman rangkuman materi, gue juga sudah mengumpulkan contoh soal plus pembahasan yang bisa langsung lo cek di bawah ini.

Tanpa berlama-lama, kita langsung mulai aja dengan materi kelas 10 matematika: 

Materi Kelas 10 Matematika Wajib

Nah, materi kelas 10 Matematika ini meliputi materi persamaan dan pertidaksamaan linear, sistem persamaan tiga variabel, fungsi, fungsi linear (persamaan garis), persamaan dan fungsi kuadrat, fungsi rasional hingga materi trigonometri. 

Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Nilai Mutlak Satu Variabel

Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Materi Fungsi

Materi Fungsi Linear – Persamaan Garis

Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Materi Fungsi Rasional

Materi Trigonometri

Materi Kelas 10 Matematika Peminatan 

Rangkuman materi selanjutnya adalah mata pelajaran Matematika peminatan. Beberapa dari elo mungkin berpikir bahwa matematika peminatan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari pada matematika wajib.

Meskipun begitu bukan berarti elo gak bisa menguasai materi kelas 10 Matematika yang satu ini lho.

Nah, untuk mempermudah lo memahami matematika peminatan, gue udah membuat rangkuman materi lengkap dengan contoh soal dan pembahasan di bawah ini:

Grafik, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma

Materi Skalar dan Vektor serta Operasi Aljabar Vektor

Materi Kelas 10 Fisika

Rangkuman materi kelas 10 IPA SMA dimulai dengan materi Fisika tentang besaran dan satuan, terus elo juga bakalan ketemu dengan materi gerak (gerak lurus, parabola dan melingkar). 

Pada tahap selanjutnya elo akan berkenalan lebih dengan penemuan Newton (hukum gerak dan gravitasi) ditambah dengan materi momentum dan getaran harmonis. 

Materi Besaran dan Satuan

Pernah gak sih terpikir oleh lo, kenapa dalam mengukur berat menggunakan Kg, atau dalam mengukur tinggi menggunakan meter (m), emang gak bisa ya kalau tinggi menggunakan Kg atau sebaliknya?

Jadi, untuk menentukan suatu besaran dan satuan itu gak bisa sembarangan lho. Nah, melalui materi ini elo akan belajar macam-macam besaran dan satuan dalam fisika serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Materi Vektor

Pada materi kelas 10 IPA SMA khusus Fisika ini, elo akan belajar bagaimana cara menjumlahkan, perpindahan, menghitung kecepatan dan percepatan dan jenis-jenis gaya pada vector.

Selain itu, elo juga akan mengamati vektor-vektor yang bekerja pada benda, gak lupa elo juga bakal diajak melakukan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang.

Materi Gerak Lurus

Elo akan belajar tentang gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) di materi kelas 10 Fisika ini.

Berikut dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk keselamatan dalam berlalu lintas.

Materi Gerak Parabola

Gerak Parabola adalah gerak suatu benda yang dilempar atau diproyeksikan ke udara, hanya dikenai percepatan gravitasi.

Pada materi kelas 10 IPA SMA khusus Fisika yang satu ini, elo akan belajar mengenai cara menghitung percepatan dan kecepatan gerak parabola dan pemanfaatan gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Gerak Melingkar Beraturan

Pada materi ini, lo akan belajar Gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) cara menghitung frekuensi dan periode.

Gak cuman itu, elo juga akan belajar cara menghitung kecepatan sudut, kecepatan linier dan gaya sentripetal pada suatu benda. 

Materi Hukum Newton (Gerak)

Pada materi kelas 10 Fisika ini elo akan mempelajari hukum ke-2 Newton yaitu Hukum Gerak atau Motion. Hukum Gerak Newton berbunyi sebagai berikut “”Gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan massa benda itu dikalikan percepatannya”.

Kalau di terjemahkan dalam rumus, maka akan seperti ini: 

F = m⋅a

F adalah gaya, m adalah massa, dan a adalah percepatan.

Selain itu, elo juga akan belajar lebih jauh mengenai penerapan Hukum Newton dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari. 

Materi Hukum Newton Gravitasi 

Sebelum masuk ke materi kelas 10 Fisika ini, kira-kira lo pernah denger gak mengenai kisah apel jatuh yang akhirnya mengilhami Newton meneliti mengenai gravitasi?

Beberapa legenda mengatakan bahwa Isaac Newton berhasil merumuskan teori gravitasi sekitar tahun 1665-1666 setelah menyaksikan apel jatuh dan bertanya mengapa apel harus jatuh lurus ke bawah, bukan ke samping atau bahkan ke atas?

Nah, karena kejadian inilah, sekarang materi hukum Newton tentang gravitasi ada di materi kelas 10 Fisika. 

Tenang aja, hukum yang satu ini menarik untuk elo pelajari lebih lanjut kok. Apalagi kalo elo juga tertarik dengan benda-benda langit, karena materi yang ini erat hubungannya dengan cara menganalisis keteraturan gerak planet dan satelit dalam tatasurya lho.

Materi Usaha dan Energi

Di sini lo akan mengenal jenis-jenis energi. Mulai dari energi kinetik dan energi potensial.

Setelah mempelajari materi ini, lo diharapkan bisa menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari.

Materi Momentum dan Impuls

Momentum adalah besaran yang menggambarkan hambatan suatu benda untuk berhenti sedangkan impuls adalah besaran yang menjelaskan pengaruh gaya total yang bekerja pada suatu benda.

Pada materi kelas 10 Fisika ini elo akan belajar tentang konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Getaran Harmonis

Materi terakhir dalam mata pelajaran Fisika kelas 11 adalah getaran harmonis. Pada materi ini lo akan belajar tentang karakteristik getaran harmonis (simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pemulih, hukum kekekalan energi mekanik) pada ayunan bandul dan getaran pegas.

Ditambah dengan cara menghitung persamaan simpangan, kecepatan, dan percepatan.

Materi Kelas 10 Kimia

Ini akan jadi kali pertama buat elo berkenalan dengan mata pelajaran kimia (biasanya di SMP lebih dikenal dengan IPA yang merupakan gabungan Biologi, Kimia dan Fisika).

Materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Kimia yang ini masih tahap perkenalan kok. Di sini elo akan belajar mengenai struktur terkecil dari Kimia yaitu atom dan membaca sistem periodik.

Elo juga akan berkenalan dengan ikatan kimia dan tata nama senyawa serta cara perhitungan Kimia (stoikiometri). 

Pendahuluan Ilmu Kimia

Pada tahap ini lo akan mulai memahami Kimia secara lebih luas dan kompleks. Materi pertama ini akan berkaitan dengan mempelajari metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan Kimia di laboratorium, serta peran senyawa Kimia dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai anak IPA, lo akan diperkenalkan dengan cara menggunakan peralatan di laboratorium Kimia lengkap dengan cara mengidentifikasi beberapa bahan Kimia dan sifatnya. 

Elo juga akan melakukan simulasi layaknya ilmuan kimia sungguhan dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah dengan tetap berpegang pada standar tentang keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium.

Materi Struktur Atom

Pada materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Kimia ini, elo akan belajar memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, Dalton, Thomson, Rutherford dan Mekanika Gelombang.

Gak cuman struktur atom, elo juga akan mempelajari sifat-sifat dari unsur-unsur Kimia, massa atom relatif dari masing-masing unsur, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik. 

Plus, elo juga bakal mengkaji mengenai keteraturan unsur-unsur Kimia melalui pemahaman konfigurasi elektron.

Sistem Periodik

Elo akan mempelajari tabel periodik yang ditemukan oleh ahli kimia asal Rusia, Dmitri Mendeleev pada tahun 1869.

Gak cuman belajar tabel periodik dari Mr Mendeleev, pada materi kelas 10 Kimia ini juga akan mengajari elo memahami pembagian dan klasifikasi unsur kimia dalam suatu tabel berdasarkan kesamaan sifat-sifatnya. 

Ditambah dengan mempelajari sistem periodik unsur yang dikaitkan dengan letak unsur dalam Tabel Periodik berdasarkan konfigurasi elektron yang dimiliki.

Ikatan Kimia

Pada materi ini elo akan belajar tentang ikatan Kimia, bentuk molekul, dan interaksi antar molekul. Ditambah mempelajari materi tentang Teori Lewis tentang ikatan Kimia.

Lo juga akan mengamati sifat kimia beberapa bahan, seperti: plastik, keramik, dan urea. 

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Elektrolit adalah senyawa yang menghantarkan arus listrik ketika berada dalam larutan (dicampur dengan air) atau dicairkan.

Sedangkan Nonelektrolit adalah senyawa yang tidak menghantarkan arus listrik baik dalam larutan (dicampur dengan air) atau dalam keadaan cair.

Selain untuk memahami pengertian dari larutan elektrolit dan non-elektrolit, materi kelas 10 Kimia yang ini akan membawa lo mempelajari lebih jauh mengenai konsep dan sifat larutan elektrolit, pengelompokan larutan berdasarkan daya hantar listriknya hingga fungsi larutan elektrolit untuk tubuh manusia. 

Reaksi Redoks 

Setelah materi elektrolit dan non-elektrolit, elo akan menemui materi Reaksi Redoks. Materi kelas 10 Kimia ini adalah singkatan dari nama materi Reduksi dan Oksidasi.

Secara garis besar, istilah oksidasi dan reduksi dapat didefinisikan sebagai penambahan atau penghilangan oksigen ke suatu senyawa Kimia.

Di bagian ini, elo juga akan mempelajari mengenai tata nama senyawa kimia, konsep reaksi reduksi dan oksidasi hingga cara menghitung bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion. Hingga perkembangan reaksi reduksi oksidasi di kehidupan nyata. 

Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi

Di materi ini elo akan belajar mengenai sistem penamaan dalam senyawa Kimia.

Proses ini dilakukan sebagai cara agar masing-masing senyawa kimia dapat dengan mudah dikenali sehingga dapat dengan mudah diidentifikasi sebagai bahan kimia yang lain.

Hukum Dasar Perhitungan Kimia

Hukum dasar perhitungan kimia akan menjadi materi awal sebelum elo memasuki bagian Stoikiometri. 

Materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Kimia ini, elo akan belajar menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

Stoikiometri

Materi kelas 10 Kimia selanjutnya adalah Stoikiometri. Stoikiometri adalah perhitungan kimia yang melihat hubungan kuantitatif antara jumlah mol dari berbagai produk dan reaktan dalam reaksi kimia.

Reaksi kimia harus seimbang, atau dengan kata lain, harus memiliki jumlah yang sama dari berbagai atom dalam produk seperti pada reaktan.

Pada materi ini, elo juga bakal belajar memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri), antara lain:

  •  Hukum-hukum dasar kimia.
  •  Massa atom relatif (Ar) dan Massa molekul relatif (Mr).
  •  Konsep mol dan hubungannya dengan jumlah partikel, massa molar, dan volume molar.
  •  Kadar zat.
  •  Rumus empiris dan rumus molekul.

Untuk mempermudah elo memahami materi yang satu ini, berikut gue udah merangkum materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Kimia stoikiometri plus contoh soal yang bisa elo kerjakan:

Materi Kelas 10 Biologi

Ini juga akan jadi kali pertama buat elo berkenalan dengan mata pelajaran Biologi. 

Materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Biologi ini juga masih di tahap perkenalan. Pertama-tama, elo akan belajar mengenai ruang lingkup Biologi dan keanekaragaman hayati.

Nah, kalo udah selesai, elo akan belajar lebih lanjut mengenai jenis-jenis makhluk hidup dan hubungan mereka dengan lingkungan. 

Ruang Lingkup Biologi

Materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Biologi yang pertama adalah ruang lingkup biologi. Kata biologi berasal dari kata Yunani ‘bios’ yang berarti hidup dan, ‘logos’ berarti mempelajari. Semua pencarian kehidupan dapat diselesaikan oleh cabang ilmu pengetahuan yang luas ini.

Tapi, lo tau gak sih kalau Aristoteles dianggap sebagai Bapak biologi karena ia adalah orang pertama yang menghubungkan kehidupan dan asal usulnya daripada menganggapnya hanya berasal dari kuasa ilahi.

Kata biologi pertama kali diciptakan oleh Lamarck dan Trevirances. Lewat materi ini, elo akan berkenalan lebih dalam dengan biologi dan apa saja yang dipelajari dalam mata pelajaran ini.

Untuk mempermudah elo belajar dan memahami setiap ruang lingkup dalam biologi, gue udah merangkum materinya plus contoh soal:

Keanekaragaman Hayati

Pada materi kelas 10 Biologi ini, elo akan belajar mengenai keanekaragaman hayati. Sebenernya apa sih keanekaragaman hayati itu?

Jadi ini adalah keragaman yang ditemui pada makhluk hidup di bumi — tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang berbeda. Mulai dari keanekaragaman dalam gennya hingga fisiknya. Yang terletak di ekosistem darat, laut, dan air tawar.

Klasifikasi Makhluk Hidup

Di dunia, banyak kita temukan jenis-jenis hewan dan tumbuhan, tapi tau gak sih elo kalau mahluk di dunia ternyata bisa lebih kompleks dari sekedar golongan tumbuhan dan hewan. Bahkan manusia kayak kita ini termasuk golongan hewan lho

Semua organisme hidup diklasifikasikan ke dalam kelompok berdasarkan karakteristik bersama yang sangat mendasar. Organisme dalam setiap kelompok kemudian dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil. 

Kelompok-kelompok yang lebih kecil ini didasarkan pada kesamaan yang lebih rinci dalam setiap kelompok yang lebih besar. Sistem pengelompokan ini memudahkan para ilmuwan untuk mempelajari kelompok organisme tertentu. 

Karakteristik seperti penampilan, cara reproduksi, cara mobilitas, dan fungsionalitas dapat menjadi salah satu cara organisme hidup dikelompokkan bersama. 

Kelompok-kelompok khusus ini secara kolektif disebut klasifikasi makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup meliputi 7 tingkatan: kingdom, filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies. 

Di materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Biologi  ini, elo akan mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai klasifikasi makhluk hidup, berikut ini rangkumannya:  

Materi Virus

Materi kelas 10 Biologi selanjutnya adalah materi tentang virus. Pada bab pembelajaran yang satu ini lo akan belajar mengenai ciri khas virus, sejarah dan struktur virus, cara reproduksi virus, klasifikasi virus, jenis virus penyebab penyakit, hingga mempelajari tentang macam virus DNA dan virus RNA. 

Archaebacteria dan Eubacteria (Monera)

Pada materi kelas 10 IPA SMA khusus mata pelajaran Biologi yang satu ini lo akan belajar mengenai Kingdom Monera yang terdiri dari Archaebacteria dan Eubacteria.

Karena keduanya adalah domain kerajaan Monera, yang berisi mikroorganisme prokariotik uniseluler yang paling tidak terorganisir di bumi. 

Baik Archaebacteria dan Eubacteria adalah mikroorganisme bersel tunggal, yang biasanya disebut prokariota. 

Perbedaan utama antara archaebacteria dan eubacteria adalah pada tempat hidup. Archaebacteria biasanya ditemukan dalam kondisi lingkungan yang ekstrim sedangkan Eubacteria ditemukan di mana-mana di bumi.

Ciri-ciri Archaebacteria adalah sebagai berikut:

  • Mikroorganisme sederhana
  • Hidup sebagian besar dalam kondisi ekstrim
  • Dinding sel pseudopeptidoglycan
  • Tidak dapat melakukan siklus Krebs atau glikolisis
  • Mengandung D-gliserol fosfat di membrannya lipid
  • RNA polimerase kompleks
  • Contoh Archaebacteria: Pyrobaculum, Ferroplasma, Lokiarchaeum, dan Thermoproteus.

Ciri-ciri Eubacteria adalah sebagai berikut: 

  • Mikroorganisme kompleks 
  • Tinggal di mana saja di bumi 
  • Dinding sel peptidoglikan 
  • Dapat memperoleh energi melalui siklus Krebs atau glikolisis 
  • Mengandung L-gliserol fosfat di membrannya lipid 
  • RNA polymerase sederhana 
  • Mengandung L-gliserol fosfat dalam lipid membrannya 
  • Contoh: Clostridium, Bacillus, Pseudomonas, dan Mycobacterium 

Berikut ini udah gue merangkum materi kelas 10 IPA SMA tentang Archaebacteria dan Eubacteria plus pembahasan dan latihan soal:  

Materi Protista

Protista adalah satu kingdom dibawah domain Eukariotik. Protista memiliki sel yang eukariotik (membrane sel) sehingga DNA dari protista tidak tersebar di sitoplasmanya. Tapi dibatasi oleh sebuah selubung (membrane sel). 

Sebagian besar (tetapi tidak semua) protista bersel tunggal. Selain ciri-ciri ini, Lo bisa menganggap protista sebagai organisme eukariotik yang bukan hewan, tumbuhan, atau jamur.

Maka, secara garis besar ciri-ciri Protista adalah sebagai berikut:

  • Protista memiliki nukleus.
  • Protista memiliki membran sel. 
  • Sebagian besar Protista memiliki mitokondria.
  • Protista bisa menjadi parasit.
  • Protista lebih suka lingkungan air atau lembab.

Sedangkan untuk klasifikasi, Protista dibagi menjadi tiga kelompok yaitu:

  • Protista mirip hewan, yang heterotrof dan memiliki kemampuan untuk bergerak.
  • Protista mirip tumbuhan, yaitu autotrof yang berfotosintesis.
  • Protista mirip jamur, yang heterotrof, dan memiliki sel dengan dinding sel dan berkembang biak dengan membentuk spora.

Berikut ini udah gue rangkum materi kelas 10 IPA SMA tentang tentang protista plus pembahasan dan latihan soal:  

Materi Fungi (Jamur)

Dalam kehidupan sehari-hari, gue yakin banget lo sering nemuin bintik-bintik hitam pada roti basi, atau lo liat ibu lo pake ragi untuk membuat roti, bintik-bintik putih pada daun sawi. Nah, semua itu adalah contoh kingdom fungi. 

Jamur adalah organisme heterotrof eukariotik yang bertanggung jawab untuk dekomposisi dan siklus nutrisi melalui lingkungan.

Makhluk yang satu ini memang suka banget berkembang biak dan tumbuh hanya di bawah kondisi lembab dan hangat. Hingga saat ini total spesies jamur yang diketahui lebih dari 2 juta jenis. 

Materi Plantae

Pada materi ini lo akan mempelajari lebih dalam mengenai Kingdom Plantae. Secara garis besar mahluk hidup yang masuk dalam Kingdom Plantae adalah ganggang hijau, coklat dan merah, lumut hati, lumut, pakis dan tanaman biji dengan atau tanpa bunga.

Berbeda dengan kingdom lainnya, Plantae memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

  • Mereka adalah organisme multiseluler dengan sel eukariotik (organisme yang sel-selnya memiliki nukleus yang tertutup di dalam selubung nukleus) berdinding dan disebut vakuola.
  • Anggota kingdom ini memiliki pigmen fotosintesis dalam plastida yang membantu mereka untuk berfotosintesis.
  • Reproduksi terutama aseksual atau seksual. Organ reproduksi bersifat multiseluler. Mereka membentuk embrio multiseluler selama perkembangan dari zigot, kecuali Alga.
  • Siklus hidup terdiri dari generasi gametofit haploid dan generasi sporofit diploid. Fenomena ini disebut pergantian generasi.

Berikut ini udah gue rangkum materi kelas 10 IPA SMA tentang tentang plantae plus pembahasan dan latihan soal:  

Materi Animalia

Materi kelas 10 IPA SMA khusus matpel Biologi selanjutnya adalah materi tentang kingdom Animalia. Pada materi ini lo akan belajar bahwa semua hewan adalah anggota kerajaan Animalia atau yang memiliki nama lain Metazoa. 

Semua anggota Animalia adalah multiseluler, dan semuanya heterotrof (mereka bergantung secara langsung atau tidak langsung pada organisme lain untuk makanan mereka). Sebagian besar menelan makanan dan mencernanya dengan bantuan rongga internal.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari anggota kingdom Animalia:

  • Mereka adalah organisme multiseluler yang tidak memiliki klorofil (zat hijau daun untuk fotosintesis).
  • Mereka adalah organisme eukariotik.
  • Tidak memiliki dinding sel.
  • Cara mendapatkan nutrisi adalah dengan heterotrofik yaitu mereka bergantung pada organisme lain untuk makanan.
  • Mereka memiliki sel-sel otot karena itu mereka memiliki kemampuan untuk berkontraksi dan mengendurkan bagian-bagian tubuh.
  • Reproduksi secara seksual. Namun, reproduksi aseksual juga ditemukan di anggota animalia yang lebih rendah.
  • Selama perkembangan, embrio multiseluler terbentuk dari zigot.
  • Mereka membutuhkan oksigen untuk respirasi aerobik.

Berikut ini gue udah merangkum materi kelas 10 IPA SMA khusus bagian animalia lengkap dengan pembahasan dan latihan soal: 

Ekologi

Ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang meliputi ilmu manusia, kependudukan, komunitas, ekosistem, dan biosfer.

Ekologi pada dasarnya adalah studi tentang organisme, lingkungan dan bagaimana organisme berinteraksi satu sama lain dan lingkungannya. Hal ini dipelajari di berbagai tingkatan, seperti organisme, populasi, komunitas, biosfer dan ekosistem.

Tujuan utama mempelajari materi ekologi adalah untuk meningkatkan pemahaman elo tentang proses kehidupan, adaptasi dan habitat, interaksi dan keanekaragaman hayati organisme.

Nah, supaya lebih memahami materi kelas 10 IPA SMA khusus matpel Biologi ini, elo bisa langsung cek rangkuman materi dan contoh soalnya ya: 

Materi Kelas 10 Bahasa Indonesia

Materi kelas 10 Bahasa Indonesia akan banyak memperkenalkan lo dengan jenis-jenis teks. Misalnya teks observasi, teks eksposisi, teks anekdot hingga teks negosiasi. 

Di akhir bab, lo akan bertemu dengan materi cerita rakyat, termasuk di dalamnya adalah dongeng, legenda, mitos dan epos. 

Teks Observasi

Materi kelas 10 Bahasa Indonesia yang pertama adalah teks observasi. Seperti namanya, observasi diambil dari bahasa Belanda observatie yang artinya mengamati atau menyelidiki. 

Pada dasarnya observasi adalah tindakan melihat namun cara melihatnya lebih dalam dan lebih fokus. 

Ketika seseorang melakukan pengamatan artinya tatapannya akan jauh lebih dan wilayahnya mengecil. 

Pada materi ini teks observasi juga akan dikaitkan dengan laporan observasi. Artinya di materi ini lo akan melakukan penulisan laporan yang sistematis dan sesuai kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah. 

Jadi, laporan observasi pada dasarnya adalah laporan karya tulis atau tulisan yang sistematis berisi hasil observasi kita. 

Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang ditulis untuk menjelaskan mengenai pandangan suatu hal atau opini dari seorang penulis.

Tujuan dari ditulisnya teks eksposisi adalah untuk mengajak dan mempengaruhi pembaca agar setuju dengan apa yang telah ditulis oleh penulis.

Di materi kelas 10 Bahasa Indonesia ini, elo akan mempelajari struktur teks eksposisi dan cara membuat teks eksposisi yang baik dan mampu menggugah pembaca. 

Teks Anekdot

Teks anekdot adalah teks yang menceritakan kembali kejadian ganjil atau kejadian yang tidak biasa, baik secara fakta maupun imajinasi dengan maksud menyindir sesuatu atau seseorang.

Pada materi ini, elo akan mempelajari struktur teks anekdot dan cara membuat teks anekdot yang baik dan mampu menyampaikan maksud (sindiran) yang dimaksud. 

Teks Negosiasi

Sebuah teks negosiasi adalah produk dari proses pengambilan keputusan formal di mana sebuah teks telah dinegosiasikan dan dirancang selama periode waktu tertentu. 

Teks Negosiasi juga dapat berbentuk dialog yang dilakukan oleh dua orang atau lebih atau pihak dengan tujuan untuk menyelesaikan poin perbedaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Melalui materi kelas 10 Bahasa Indonesia ini, elo akan mempelajari struktur teks negosiasi dan cara membuat teks negosiasi yang baik dan benar. 

Cerita Rakyat

Materi kelas 10 Bahasa Indonesia selanjutnya adalah cerita rakyat atau hikayat. Nah, pada dasarnya cerita rakyat adalah cerita yang berawal dari satu orang yang bercerita ke orang lain, terus menyebar dengan sendirinya. Bisa dibilang, kita gak tau siapa yang pertama kali mencetuskan cerita tersebut.

Hingga akhirnya pendengar dari cerita tersebut berjumlah banyak sekali dan diceritakan terus menerus sampai lintas generasi. Misalnya dari ayah ke anak, kakek ke cucu dan sejenisnya. 

Ciri lain dari cerita rakyat adalah cerita ini tidak pernah ditulis karena awalnya menyebar secara lisan. 

Karena tidak terdokumentasi dengan baik, cerita rakyat atau hikayat memiliki versi atau alur cerita yang berbeda-beda. Kadang-kadang di suatu daerah atau suatu komunitas mengatakan cerita rakyat A memiliki ending yang sedih. 

Tapi ketika berpindah daerah atau tempat, kita bisa menemukan cerita rakyat yang sama namun endingnya bahagia. 

Cerita rakyat juga memiliki banyak jenis diantaranya adalah: 

  • Dongeng

Dongeng bisa dibilang adalah jenis cerita rakyat yang paling sering didengar. Dongeng bertujuan untuk menghibur dan sebagai pelipur lara. Jadi tema dongeng bisa aja berhubungan dengan hewan kayak cerita fabel Si Kancil Anak Nakal. 

  • Legenda atau Sage 

Legenda atau sage adalah jenis cerita rakyat yang muncul berdasarkan sejarah namun dibumbui dengan imajinasi. 

Contohnya cerita legenda tentang kerajaan Majapahit. Secara sejarah, kerajaan Majapahit memang sempat ada dan berkuasa di Indonesia. Nah,  salah satu legenda yang paling sering didengar tentang kerajaan Majapahit adalah cerita Ken Arok dan Ken Dedes.

Ada yang mengatakan bahwa sebenarnya Ken Arok jatuh cinta pada Ken Dedes, begitu juga sebaliknya. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa Ken Dedes tidak menyukai Ken Arok dan ingin lari darinya. 

Jadi memang ada beberapa cerita yang berkembang. Dan cerita berbagai versi itu selalu ditambah dengan imajinasi.

  • Mitos

Sedangkan mitos adalah cerita rakyat yang membahas tentang asal-usul sesuatu tapi berkaitan erat dengan hal-hal gaib.

Contohnya kayak gini, ada mitos mengenai asal-usul kota Surabaya.

Jadi katanya Surabaya berdiri karena ada pertarungan dua hewan yaitu Ikan Hiu (Sura) dan Buaya (Baya). Padahal secara logika, tidak mungkin ada dua hewan berbeda alam yang bertarung kemudian menjadi sebuah kota. 

Mitos yang terkenal lainnya adalah tentang Nyi Roro Kidul. Mitosi ini erat hubungannya dengan Laut Selatan. Meskipun secara sejarah, tidak ditemukan keruntuhan kerajaan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul.

  • Epos

Sedangkan epos adalah jenis cerita rakyat yang bentuknya kaya puisi atau syair. Terus epos biasanya berurusan dengan tema kepahlawanan atau kesatria.

Contoh epos adalah kisah Mahabharata. Mahabharata termasuk epos karena ada cerita kepahlawanan di dalamnya. Misalnya dalam cerita Mahabharata menceritakan kepahlawanan Pandawa. 

Berikut ini rangkuman bahasa Indonesia kelas 10 khusus materi cerita rakyat: Materi – Cerita Rakyat

Materi Kelas 10 Bahasa Inggris

Materi kelas 10 Bahasa Inggris akan meliputi tiga sub-bab besar yaitu reading texts, expression dan grammar.

Pada topik reading texts termasuk di dalamnya materi Descriptive Texts, Invitations, Announcement Texts, Recount Text dan Narrative Texts.

Sedangkan pada topik expression meliputi materi Starting & Ending a Conversation, Congratulating and Complimenting Someone, Talking About Plans dan Expressing Satisfaction & Dissatisfaction.

Yang terakhir topik grammar akan meliputi Parts of Speech & Sentence Building, Tenses I (Present and Past Tenses), Tenses II (Perfect Tenses), Tenses III (Future), Passive Voice, Nouns and Pronouns dan Adjectives & Adverbs.

Reading Texts

Expressions

Grammar

Oke itu tadi rangkuman materi kelas 10 IPA SMA lengkap semua mata pelajaran. Elo bisa mulai mempelajari materi-materi tadi satu persatu, boleh juga per-mata pelajaran kok

Jangan lupa, selain rangkuman materi ada juga contoh soal dan pembahasan yang bisa lo pelajari. 

Kelas 10 memang adalah awalan bagi elo yang baru duduk di bangku SMA, tapi kalau punya mimpi buat masuk universitas favorit apalagi jalur SNMPTN, lo harus belajar dan berlatih dari sekarang. Semangat!

Bagikan Artikel Ini!