contoh hukum newton

Aplikasi Contoh Hukum Newton 1, 2, dan 3 dalam Keseharian

Artikel ini akan membahas berbagai contoh penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari

Hola sobat Zenius! Siapa nih yang belum tahu hukum Newton? Sini-sini kumpul! Karena kali ini kita bakalan kupas tuntas Hukum Newton yang bisa kita temukan di keseharian kita

Aplikasi Contoh Hukum Newton 1, 2, dan 3 dalam Keseharian 9
Sir Isaac Newton (Image by Wikipedia)

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, jadi kita kenalan dulu yuk sama Sir Isaac Newton seorang ahli matematika, fisika, astronomi, teolog dan filosofis inggris yang dikenal sebagai ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa. 

Pak Newton ini adalah orang yang pertama kali menyadari adanya gravitasi loh! Pada tanggal 5 Juli 1687 beliau menerbitkan karyanya yang berjudul Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica dan mengungkapkan 3 hukum mekanika klasik

Kira-kira bagaimana ya bunyi dari ke-3 hukum tersebut?

Hukum Newton 1

Hukum newton 1
Penjelasan Hukum Newton I dan rumusnya

Jadi, menurut hukum newton I setiap benda akan selalu berusaha mempertahankan keadaannya selama tidak adanya gaya yang diberikan. Hal ini berkaitan dengan Inersia atau bisa disebut juga kelembaman benda. 

Artinya, benda yang diam ya akan terus diam kalo nggak kalian geser, lalu kipas angin yang bergerak pun juga akan terus bergerak kalo nggak kalian matiin. 

Contoh Hukum Newton I yang pertama adalah tendangan penalti pada permainan sepak bola

Bola yang semulanya diam di lapangan kemudian diberi gaya berupa tendangan oleh pemain. Bola yang sudah mulai bergerak kemudian kembali diberi gaya oleh jaring-jaring gawang sehingga berhenti bergerak.

Contoh lainnya sih, saat kamu lagi naik kopaja tapi tiba-tiba si Bapak supirnya harus ngerem mendadak karena ada orang yang tiba-tiba nyebrang. Tubuh kalian yang lagi enak-enak duduk diam pasti akan langsung tersentak ke depan. Kok bisa begitu ya?

Karena kopaja yang awalnya bergerak dalam kecepatan konstan dengan percepatan nol,  tiba-tiba saja berhenti mendadak. Sehingga tubuh kalian yang sebelumnya sudah nyaman dengan percepatan kopaja eh terpaksa harus beradaptasi lagi dengan percepatan yang baru.

Begitu juga ketika kopaja yang sedang berhenti tiba-tiba mendadak ngebut, maka tubuh kalian akan kembali kaget dan malah jadi tertarik ke belakang. 

Tonton Video Dinamika Partikel dan Hukum Newton

Hukum Newton 2

Hukum newton 2
Penjelasan Hukum Newton 2 dan Rumusnya

Menurut Pak Newton, gaya yang diberikan pada suatu benda berbanding lurus dengan percepatannya namun berbanding terbalik dengan massa bendanya

“Gimana tuh kak maksudnya?”

Jadi, semakin kecil massa benda semakin besar gaya yang diberikan maka percepatan yang dihasilkan akan besar pula. Namun, semakin besar massa suatu benda, maka percepatan benda tersebut malah semakin kecil. 

Gimana? Ada yang masih bingung kah? Tenanggg jangan panik dulu, kita langsung masuk ke contoh hukum newton 2 aja kali ya

Coba bayangkan motor kalian mogok, lalu kalian harus berjalan sambil mendorong motor ke bengkel terdekat. Esok harinya mobil yang kalian naiki ternyata juga mogok, apakah kalian akan mendorong mobil sendirian ke bengkel terdekat?

Mobil memiliki massa yang lebih besar dibandingkan motor, sehingga saat mendorong mobil pun percepatan yang dihasilkan dari gaya dorongan kalian akan lebih lambat. Nggak kebayang kan kalau kalian harus mendorong mobil yang berat namun percepatannya sama seperti kalian mendorong motor?

Hukum Newton 3

Hukum Newton 3
Penjelasan Hukum Newton 3 dan Rumusnya

Hukum 3 newton berkaitan dengan gaya aksi dan reaksi, dimana gaya aksi dan reaksi dari 2 benda memiliki besar yang sama, dengan arah berlawanan tapi tetap segaris ya!

“Langsung aja deh kak, contohnya gimana?”

Yaa contohnya itu seperti kalian sedang naik perahu. Aksi yang kalian berikan disini adalah mendayung, kemudian perahu akan bereaksi entah itu bergerak maju atau pun mundur. Yaa tergantung arah gerak dayungan kalian

By the way, perahu bergerak dengan arah yang berlawanan dari arah kalian mendayung loh!. Coba deh perhatikan, ketika kalian mendayung ke arah belakang perahu akan bergerak maju, namun sebaliknya ketika kalian mendayung ke depan ehh perahunya malah bergerak mundur

Nah, kira-kira begitulah gambaran hukum newton beserta rumusnya dalam kehidupan sehari-hari. Sehabis membaca artikel ini, bisa banget nih kalian langsung kepoin Newton, Penemu Teori Gravitasi yang benci Konfrotasi dan lanjut latihan soal-soal atau langsung aja download aplikasi Zenius biar bisa belajar langsung sama tutor-tutor yang keren dan asik abis!

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (ANDROID)

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (APPLE)

Baca Juga Materi Fisika Lainnya

Materi Pelajaran dan Contoh Soal Hukum Newton 1, 2, dan 3

Pembahasan Materi Dinamika Partikel dan Hukum Newton

Materi Belajar Zenius: Dinamika dan Hukum Newton

Bagikan artikel ini