Ambil Gap Year Membawa Alumni Zenius Masuk FTI ITB 9

Ambil Gap Year Membawa Alumni Zenius Masuk FTI ITB

Apa kabar Sobat Zenius? Udah memasuki Agustus, gimana persiapan belajar kamu? Atau malah ada yang bingung mau gap year atau kuliah seadanya? Nah, gimana kalau kita denger dulu cerita Raditya Alif Maulana, temen kita yang awalnya sebel banget sama Biologi tapi sekarang berhasil keterima di Fakultas Teknologi Industri di Institut Teknologi Bandung!

Melalui cerita Radit, alumni SMA Negeri 7 Banjarmasin ini, kita bakal denger gimana cara masuk ITB dari perjuangannya mengambil gap year kuliah demi mengejar mimpi masuk kampus impian.

Pas sekolah kamu itu orangnya kayak gimana sih, Dit?

Di SMA masih suka main sama temen, seringnya berenang dua minggu sekali dan olahraga. Sering diajak sama temen, jadi lumayan ada kegiatan

Kalau di sekolah nggak ada ikut ekskul, tapi ikut organisasi OSIS sama MPK di kelas 10 dan 11. Cuma nggak pernah ikut lomba. Sebenernya sempet eligible ikut SNMPTN tahun lalu, tapi kalah karena mungkin ngga ada sertifikatnya.

Terus menurutmu cara belajar yang baik itu gimana sih? Sejak kapan Raditya belajar bareng Zenius?

Aku yang untuk tipe belajarnya nyampur, kadang belajar sendiri, kadang juga bahas soal sama temen. Tapi overall, tipenya yang nyicil dan nggak suka kalau harus ada SKS.

Awalnya pas SD memang sudah tertarik di MTK dan science. Selalu dapet ranking dan nilainya bagus. Masuk SMP mulai agak banyakan main, jadi itu juga yang kayaknya bikin nilainya jeblok.

Pas kelas 11 udah mulai ada temen yang ngasih tau bahwa masuk kuliah itu susah, nah pas banget di sana ketemu ada campaign Zenius gratis biaya akses. Saat dicoba ternyata gurunya enak, materinya juga cukup menunjang, jadilah pilih Zenius. 

Aku juga sebelumnya jarang belajar, lebih suka main. Pas gap year jadi lebih teratur belajarnya. Siang dan malam ikut live class. Selama gap year terbiasa tiap hari buka materi, bisa gatel kalo nggak buka materi.

Wah share dong pengalaman belajarnya bareng Zenius!

Itu di awal kelas 11 saat awal-awal COVID, coba yang gratis dulu baru di tahun kemarin, menjelang UTBK tahun lalu, ambil paket Ultima di Zenius. Dan setelah gap year baru putusin buat ambil paket Ultima Plus. 

Kalau di Zenius belajar materinya dari yang dasar dulu, lebih enak ditangkap. Kau sudah tau dasarnya jadi lebih enak lanjut ke bab-bab selanjutnya. Salah satu contohnya itu di materi biologi. Itu kan banyak hafalan tapi tetap diajarin dari dasarnya dulu. Sama juga untuk materi MTK dan fisika, kalau di Zenius diajarin dari konsepnya dulu. 

Materi yang paling disuka di Zenius adalah MTK, sebenarnya dari kelas 10 udah suka MTK tapi nilai di sekolah anjlok. Saat kelas 11 aktif ulik materi dan soal di Zenius, dan di situlah baru dapet titik terang seasik apa sih MTK di Zenius.

Gimana awal mula kamu mau masuk ke FTI ITB?

Sebenernya di awalnya kelas 10 belum ada bayangan mau ke mana. Dan juga nggak tau gimana jalur untuk masuk PTN. Di kelas 12 mulai ikut live class matematika bareng Bang Sabda, di sana lebih ditekankan lagi belajar. Di situ sudah ada titik terang, ambil jurusan yang sejalur sama MTK, bukan yang takut lagi sama MTK. 

Pilih ITB karena dari Zenius liat Bang Sabda jadi pengen masuk ITB dan ngincer ITB dari kelas 11. Awalnya mau ambil STEI, tapi tau tingkat keketatannya agak tinggi di ITB, mutusin buat gap year.  

Aku ikut Ultima+ sama temen dan susun rencana belajar bareng dan sekarang kami lolos di pilihan pertama.

Kata orang-orang dibilangnya FTI itu fakultas yang paling ambis di ITB, jadi berharap bisa survive aja. Seneng dan nggak nyangka sih akhirnya bisa keterima di ITB. 

Kemarin pengumuman UTBK dan mama langsung bilang kalau tempat les yang aku ikutin emang cocok sama aku. Bisa mengubah cara belajarku, apalagi nggak ada ikut les offline lain, cuma Zenius aja. Sebelumnya sempet coba Try Out bimbel online sebelah, tapi masih banyak ikutan TO Zenius.

Wah punya cerita menarik di balik perjuanganmu, Dit?

Cerita menarik pas UTBK kemarin. Aku paling nggak suka biologi. Jadi, selama persiapan UTBK belajar biologi yang paling sedikit, lebih banyak belajar di matematika, kimia, dan fisika. Tapi, ternyata pas nilai UTBK keluar, nilai biologinya hampir 1000, dan nilai itu yang akhirnya paling menunjang nilai yang lain. 

Mungkin karena soal biologinya lebih ke umum, dan kebetulan tau jawabannya. Biologi ini belajarnya paling sering lewat live class Zenius yang bareng Bang Pras. Asik aja belajarnya, diajarinnya dari konsepnya bukan hafalan. Materi yang sebelumnya nggak disuka pun jadi bisa enjoy.

Tutor favoritmu kamu siapa Dit? Share juga ya fitur favoritnya apa!

Bang Sabda sama Bang Pras. Zenius sangat membantu memahami materi dasar pelajaran UTBK, baik dari materi video atau live class. Tutornya keren dan membuat tidak bergantung pada rumus cepat hahaha. 

Kalau fitur, live class. Lebih ngejabarin materi belajarnya dibanding materi video premium biasa. Sangat membantu saat belajar. TO Zenius juga keren, sengaja dibikin susah kayaknya yaa, tapi bikin jadi terbiasa ngerjain soal menggunakan materi dasar tidak bergantung pada hafalan dan rumus.

Main Zencore dan ZenPractice juga sangat membantu drilling soal UTBK, latihan soal di hampir semua bagiannya. 

Aku juga seneng banget di Zenclub, ada kelas-kelas kecil Ultima+. Nah, di kelas itu banyak yang lolos UTBK. Di Ultima kita ada rutin ketemu dua minggu sekali, dan ternyata banyak yang keterima. Bahkan ada juga yang masuk ITB di STEI.

Oke buat penutup, mau nitip salam apa nih buat Zenius?

Titip salam buat Bang Sabda dan tutor lainnya. Terima kasih banyak sudah membantu mengakhiri masa gap gw dan mengantarkan ke ITB. Universitas impian dan universitas Bang Sabda juga hahaa. Sekali lagi terima kasih Zenius!

Itu dia cerita dari Raditya yang berhasil masuk jurusan impiannya! Dari kisah Raditya, bisa kita tarik kesimpulan, salah satu tips masuk FTI ITB adalah untuk nggak pernah nyerah sama mata pelajaran yang kamu nggak suka. Kalau kamu juga punya hubungan love-hate relationship sama pelajaran tertentu, colek aja Zenius, sebagai bimbel online terbaik kita selalu siap kok nemenin temen-temen belajar! Klik aja tombol di bawah ini kalau kamu penasaran sama paket belajar yang dicoba Radit!

“Aku juga sebelumnya jarang belajar, lebih suka main. Pas gap year jadi lebih teratur belajarnya. Siang dan malam ikut live class. Selama gap year terbiasa tiap hari buka materi, bisa gatel kalo nggak buka materi.”

Raditya Alif Maulana, Alumni Zenius

Bagikan Artikel Ini!