Sifat Unsur Halogen – Materi Kimia Kelas 12

sifat unsur halogen - kimia kelas 12

Halo sobat Zenius! Cung siapa yang di sini masih pusing mengidentifkasi sifat unsur halogen? Senyawa yang satu ini sebenarnya dekat banget lho sama kehidupan kita! Yuk pelajari lebih dalam lagi apa saja sih jenis-jenis, sifat serta kegunaan unsur halogen! Let’s go!

Pengertian Unsur Halogen 

Sebelum ngebahas unsur halogen ada baiknya elo pahami dulu sifat periodik unsur. Sifat periodik unsur adalah sifat-sifat yang mempunyai kecenderungan berubah secara teratur sesuai dengan kenaikan nomor atom. Ketika perubahan ini bergerak dari kiri ke kanan, artinya perubahan bergerak dalam satu periode dan jika dari atas ke bawah dalam satu golongan.

Lalu apa itu unsur halogen? Halogen merupakan unsur yang menempati golongan VII A dalam sistem periodik. Terdiri dari F, Cl, Br, I, dan At. Perlu diingat, hanya At (Astatin) yang bersifat radioaktif. 

Unsur-unsur halogen adalah golongan yang sangat reaktif dalam menerima elektron sehingga di alam hanya ditemukan dalam bentuk senyawanya. Contoh paling sederhananya, kelimpahan unsur-unsur halogen ini bisa elo temukan di laut. 

Nah, ini ada hubungannya sama asal usul kata Halogen yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti pembentuk garam. Buat elo yang penasaran mengapa unsur golongan 7a disebut halogen, jawabannya karena unsur-unsur yang terdapat di halogen dapat bereaksi dengan logam membentuk garam. 

Unsur halogen memiliki kecenderungan untuk menangkap elektron yang membentuk ion negatif minus satu. Hal ini menyebabkan nilai afinitas elektron dan energi ionisasinya tinggi. 

Jenis-Jenis Unsur Halogen

Oke, sekarang coba kita dalami satu persatu unsur-unsur halogen dalam sistem periodik. Unsur ini terdiri dari F (fluorin), Cl (klorin), Br (bromin), I (iodin). Dan At (astatin). Karakteristik unik yang perlu elo ingat halogen ini merupakan satu-satunya kelompok unsur dari tabel periodik yang memiliki ketiga keadaan materi yaitu padat, cair dan gas. 

Sifat Unsur Halogen - Materi Kimia Kelas 12 17
unsur halogen – arsip zenius

Fluorin 

Unsur fluorin (F) bisa kita temukan pada beberapa mineral di alam. Bahkan fluor yang memiliki senyawa fluorspan (CaF2), klorit, fluorapatit / Ca5(PO4)3F ternyata berada pada lapisan email gigi manusia dan hewan. Pada suhu kamar fluor berbentuk gas.

Klorin

Unsur klorin (Cl) adalah unsur yang banyak elo temukan di garam anorganik NaCl di lautan. Senyawa NaCl, KC, MgCl2, CaCl2 berada dalam air laut dan kerak bumi. Klorin dalam suhu kamar berbentuk gas dengan bau tajam serta warna hijau kekuningan. 

Bromin

Bromin (Br) ini unsur berbentuk ion Br yang terdapat pada senyawa logam bromida di air laut mati dengan kadar 4500 – 5000 ppm. Bromin berbentuk cairan kemerahan pada suhu kamar dan memiliki bau yang kuat. 

Iodium

Iodium (Io) dapat ditemukan pada senyawa Nal03 (Natrium Iodat). Gaya tarik iodium cukup kuat sehingga dalam suhu kamar dapat membentuk padatan.

Astatin

Unsur halogen yang jarang ditemui di alam adalah Astatin (At). Dengan jumlah yang kurang dari 1 ons, astatin merupakan unsur terlangka di alam. Astatin yang berasal dari bahasa Yunani “astatos” memiliki arti tidak stabil. Sifat radioaktfinya yang sangat tinggi membuat unsur ini mudah menguap. Sebagai senyawa yang memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi, pada suhu kamar astatin berbentuk padat. 

Sifat Unsur Halogen

Sifat Fisis

Berdasarkan sifat fisis elo bisa membedah unsur halogen dari titik didih dan titik leleh, kerapatan dan kelarutan. Dari fisiknya unsur halogen adalah golongan yang memiliki berbagai variasi bentuk dengan bau yang selalu menyengat. 

Titik cair dan titik didih halogen bakal meningkat seiring bertambahnya nomor atom. Ini terjadi karena semakin bertambahnya massa molekul relatif maka gaya dispersi antar molekul halogen juga bertambah. Prinsip unsur halogen adalah semakin besar titik leleh dan titik didihnya maka semakin padat bentuknya. Jadi, wujud halogen pada suhu kamar akan bervariasi sesuai dengan titik cair dan titik didihnya.

Sifat Kimia

Berdasarkan sifat kimia elo bisa melihat unsur halogen dari daya pengoksidasinya dan kereaktifan.  Penting buat elo pahami kalau kereaktifan halogen dipengaruhi dari kelektronegatifannya. Semakin besar kelektronegatifan maka semakin reaktif unsurnya sebab elektron semakin mudah ditarik. 

Unsur halogan memiliki daya oksidasi yang kuat. Sifat oksidator halogen dari atas ke bawah akan semakin lemah. Ini yang bikin halogen dapat mengoksidasi ion halida di bawahnya. 

Fungsi dan Manfaat Unsur Halogen

Memang senyawa halogen ini nggak bisa elo lihat dalam keadaan bebas di alam, apalagi halogen merupakan golongan non-logam yang terkenal beracun. Tapi, seperti kata lagu Sherina “Lihatlah Lebih Dekat”  jika elo melihat lebih cermat ke sekitar lo maka elo bakal takjub menyadari bahwa ternyata kegunaan unsur halogen ini erat banget sama kehidupan kita. 

Misalnya nih, fluorin yang membentuk senyawa CFC sebenarnya digunakan sebagai bahan cairan pendingin untuk kulkas dan AC. Nggak hanya itu, pasta gigi yang bisa mencegah kerusakan gigi serta memutihkan gigi juga ternyata memiliki kandungan fluor. Ini yang bikin gigi yang kekurangan fluor bakal mudah kena karies. 

Inget klorin? Klorinasi hidrokarbon nyatanya merupakan salah satu bahan plastik dan karet sintetis. Klorin juga bisa digunakan sebagai bahan pemutih kertas, disinfektan dan pestisida. Selain itu, klorin sebagai senyawa yang dapat membunuh bakteri berbahaya sering digunakan dalam air di kolam renang.

Nah untuk bromin, ternyata senyawa ini turut berkontribusi dalam pembuatan etil bromida (C2H5Br) dalam campuran bensin yang berfungsi membuat bensin tidak melekat pada piston dan silinder. Kegunaan bromin juga merambah sebagai bahan anti api yang digunakan dalam pengasapan. 

Ada juga iodin yang memiliki peran penting dalam berbagai industri seperti pengobatan, fotografi dan pewarna. Pada umumnya elo bakal sering melihat iodin sebagai bahan obat antiseptik. Kalau elo familiar sama lampu halogen, iodin dan bromin merupakan salah satu unsur yang dipakai. 

Nah sampai di sini dulu pembahasan kita soal unsur halogen, buat elo yang masih penasaran ingin mempelajari materi kimia lainnya elo bisa coba akses video materi Zenius dan ngerjain soal-soalnya dengan klik banner di bawah ini! 

Sifat Unsur Halogen - Materi Kimia Kelas 12 18

Pastikan elo udah log in akun Zenius ya supaya bisa akses fitur-fitur asiknya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 

Bagikan Artikel Ini!