Yuk, Dapatkan Panduan Lengkap untuk Menghadapi SNBT (UTBK) 2023!

Learning Guide SNBT_Blog Banner zenius
Yuk, Dapatkan Panduan Lengkap untuk Menghadapi SNBT (UTBK) 2023! 9
Isi data lo sebelum download

Hi, Sobat Zenius yang duduk di kelas 12!

Gimana kabar elo? Pasti akhir-akhir ini elo mulai sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai ujian sekolah dan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ya! Terus, apakah elo udah siap untuk menghadapi seleksi masuk PTN? Atau masih ngerasa takut dan nggak yakin?

Tenang aja, Sobat Zenius! Untuk membantu persiapan elo, gue akan membagikan panduan lengkap untuk menghadapi SNBT 2023.

93% Peserta Tryout Nggak Lulus Kompetensi Minimum!

Hmm… ujian seleksi masuk PTN memang merupakan salah satu hal yang paling “menakutkan” buat banyak siswa tingkat akhir. Nggak jarang para siswa jadi khawatir dengan masa depan mereka karena ngerasa kalau persiapan mereka masih kurang.

Nah, salah satu cara untuk mengukur kesiapan kita dalam mengikuti tes seleksi PTN adalah dengan mengikuti Tryout. Makanya, beberapa waktu lalu, Zenius mengadakan Tryout Tes Skolastik SNBT (UTBK) 2023.

Hasilnya 93% peserta nggak lulus kompetensi minimum, lho!

Eits, elo enggak perlu berkecil hati melihat hasil di atas! Untung aja itu baru Tryout. Lagipula, hasil itu harusnya ngebuat kita semakin termotivasi untuk belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Nah, Zenius punya berbagai fitur yang bisa membantu elo mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk PTN, seperti latihan soal Try out, ZenCore, dan Live Class.

Panduan Lengkap untuk Menghadapi SNBT 2023

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, SNBT (UTBK) tahun 2023 nanti akan lebih fokus pada kemampuan elo dalam menalar dan memahami bacaan. Soal-soalnya berubah, karena hanya akan ada Tes Potensi Skolastik (TPS). Sedangkan Tes Kemampuan Akademis (TKA), baik ilmu sosial maupun ilmu pengetahuan alam dihilangkan.

Nah, kalau elo udah akrab dengan fitur-fitur Zenius, pasti elo tau banget kalau fitur-fitur belajar di Zenius emang selalu fokus pada penalaran dan pemahaman, bukan hafalan dan cara cepat. Elo bisa manfaatin setiap fitur yang udah disiapkan oleh tim akademis dan tutor-tutor Zenius supaya elo siap mengikuti seleksi.

Latihan Soal & Tryout

Dengan latihan soal dan Try out elo bisa memetakan kemampuan elo. Elo bisa lihat letak kekurangan elo, sehingga bisa dievaluasi ulang. Dengan begitu, elo bisa belajar dan mendapatkan nilai yang lebih baik.

Video Materi

Zenius itu gudangnya materi! Elo bisa cari materi apapun yang ingin elo pelajari, termasuk materi-materi yang berkaitan dengan SNBT (UTBK). Saat nonton video, coba elo simak gimana cara para tutor bernalar dalam memahami soal atau materi serta gimana problem solving mereka. Pasti ini bakal membantu banget saat elo mengerjakan soal nanti.

Live Class

Ada juga yang namanya Live Class, Sobat Zenius!

Seperti namanya, fitur ini menyediakan kelas langsung bersama tutor yang bisa elo ikuti. Jadi, elo bisa berinteraksi langsung dengan para tutor Zenius yang — ini beneran guys — cerdas dan asik-asik banget. Plis cobain kalo belom pernah ikut Live Class.

Elo bisa manfaatin fitur ini untuk tanya langsung ke para tutor mengenai materi yang belom elo ngerti. Mantap banget!

ZenCore

Terus, ada juga fitur ZenCore!

Fitur ini ngebuat belajar jadi berasa kaya main. Elo bakal diasah kemampuan penalaran dan pemahamannya secara cepat dan tepat. Selain itu, elo bisa saingan karena fitur ini dilengkapi dengan Leaderboard.

Kalau elo mau tau lebih lengkap tentang strategi dan fitur-fitur Zenius untuk menghadapi seleksi PTN, bisa elo akses panduan lengkap untuk menghadapi SNBT (UTBK) 2023 melalui link berikut ini!

Aturan Baru Seleksi Masuk PTN 2023

Sobat Zenius, aturan baru dari Pemerintah tentang seleksi masuk PTN 2023 emang bikin kita wajib waspada dan siap-siap dari sekarang!

Meskipun pada SNBT (UTBK) 2023 nanti hanya akan menguji Tes Potensi Skolastik (TPS), persaingannya tetep nggak akan mudah. Jadi, elo benar-benar harus menguasai setiap subjek yang diujikan, yaitu Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi Bahasa Indonesia, dan Literasi Bahasa Inggris.

Ah, santai! Kan nanti masih ada seleksi mandiri~

Eits, jangan gitu! Kuota mahasiswa melalui SNBT ini nggak sedikit, lho. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) udah menetapkan bahwa setidaknya 40% penerimaan di PTN berasal dari SNBT. Untuk itu, penting banget untuk elo mempersiapkan diri untuk mengikuti SNBT, mengingat proporsinya yang cukup besar.

Kalau elo mau tahu lebih banyak terkait dengan perubahan aturan SNBT, elo bisa tonton Zenius Learning Podcast bareng Sabda di channel YouTube Zenius!

So, tunggu apa lagi, Sobat Zenius? Segera persiapkan diri elo untuk masuk PTN impian dengan Zenius!

siap masuk PTN 2023 Zenius
Isi data lo sebelum download
Bagikan Artikel Ini!