Belajar
ZeniusLand
Guru
Profesional

Melangkah dengan Tepat Menuju Cita-cita

Persiapan terbaik di setiap jenjang SMA untuk meraih kampus impian

Lolos ke kampus impian tidak sesimpel bagus-bagusan nilai rapor. Ada berbagai jalur seleksi masuk PTN dengan strateginya masing-masing, mulai dari SNMPTN, UTBK, dan Ujian Mandiri. Pastikan anak Anda memiliki persiapan yang tepat untuk jalur yang tepat.
  • Kelas 10-11

    Jalur SNMPTN adalah seleksi masuk PTN berdasarkan nilai rapor semester 1-5 dan prestasi akademik/non-akademik. Kuota penerimaan SNMPTN berkisar 20-40% dari kapasitas jurusan. Jalur ini menyaring anak dengan nilai rapor yang meningkat konsisten.

    SNMPTN idealnya disiapkan dari kelas 10-11 karena yang dilihat adalah nilai semester 1-5. Tetapi sayangnya, banyak yang baru menyiapkan di kelas 12, sehingga peluang lolos menjadi kecil.

    Meraih nilai bagus di tiap ujian semester sekolah & aktif berpartisipasi di organisasi/kejuaraan adalah amunisi terbaik untuk memaksimalkan peluang lolos SNMPTN.

  • Kelas 11

    AKM adalah ujian nasional versi baru yang dilaksanakan di kelas 11 atau awal kelas 12. AKM menguji Literasi & Numerasi – bukan mampu baca, tapi paham makna bacaan; bukan mampu menghitung, tapi paham matematika sebagai model logika. Ini paradigma baru bagi sekolah yang terbiasa dengan pengajaran berorientasi hafalan.

    Paradigma AKM mirip dengan UTBK (ujian tulis masuk PTN). Persiapan AKM yang matang bisa sangat membantu persiapan UTBK di kelas 12.

  • Kelas 12

    Bagi anak kelas 12 yang tidak berasal dari SMA favorit & tidak memiliki nilai rapor kelas 10-11 yang bagus, pilihan terbaik masuk PTN adalah fokus persiapan UTBK & Ujian Mandiri dari awal kelas 12. Kuota penerimaan kedua jalur ini adalah total 60-80%.

    Jalur UTBK murni menyaring dari nilai ujian tulisnya, nilai rapor SMA tidak dilihat sama sekali.

    Sebagian besar materi yang diujikan di UTBK tidak diajarkan di sekolah. Kalaupun ada materi sekolah yang muncul di UTBK, biasanya dimulai dari materi kelas 10, yang sudah banyak dilupakan anak. Untuk mempelajari semua materi UTBK, sebaiknya anak fokus mempersiapkan UTBK dari awal kelas 12.

video

Untuk memiliki persiapan yang tepat, metode belajar efektif berbasis pemahaman menyeluruh menjadi penting. Bukan berorientasi pada hafalan yang menumpulkan nalar dan bikin belajar membosankan. Metode belajar yang bantu paham materi dari akarnya menjadi fondasi pembelajaran di bab-bab selanjutnya. Dengan fondasi yang kuat, proses belajar lebih efisien dan berdampak seumur hidup.

Prinsip Pengajaran Zenius

  • Kakak Pembimbing

    Zenius bukan sekadar pengajar, melainkan juga mentor menyeluruh. Tutor Zenius melatih mentalitas belajar yang tepat dan membangun motivasi, sekaligus jadi teman pendengar keluh-kesah.

  • Penajam Nalar

    Tutor Zenius menceritakan asal-usul dari segala sesuatu, mengajak untuk melihat ilmu sebagai rangkaian cerita yang runtut dan masuk akal. Proses belajar menjadi proses pencarian jawaban dari teka-teki yang seru.

  • Pemantik Candu

    Berbekal pengalaman selama 17 tahun, pedagogi Zenius mengeksploitasi sifat dasar manusia untuk membentuk pelajar dan alumni yang ketagihan belajar.

Produk Unggulan Zenius

Testimonial sukses dari mereka yang menggunakan Zenius

Popular
Pelajaran Sekolah

    Apa kata mereka tentang Zenius?

    Picture of the author

    Ibnu Riski

    Fisika – Universitas Diponegoro

    Zenius bener-bener merupakan anugerah. Gue berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak memprioritaskan pendidikan. Zenius mengubah gue yang dulu gak punya cita-cita, jadi bisa nge-upgrade diri hingga keterima di Jurusan Fisika Universitas Diponegoro & ikut lomba-lomba hingga ke Malaysia.

    Penuhi potensi anak dengan Zenius

    Lihat Semua Paket
    Pahami Perjalanan Mewujudkan Cita-cita

    Jalur SNMPTN optimal disiapkan dengan meningkatkan nilai rapor dari kelas 10-11 dan aktif berprestasi/berorganisasi. Jika baru disiapkan di kelas 12, sudah terlambat karena yang dilihat adalah nilai rapor semester 1-5.


    Karena UTBK tidak melihat nilai rapor dan sebagian besar materi yang diujikan tidak dipelajari di sekolah, persiapan UTBK sangat direkomendasikan untuk dimulai dari awal kelas 12.


    Fokus pengujian AKM selaras dengan tuntutan soal UTBK. Oleh karena itu, persiapan AKM yang matang akan sangat membantu persiapan UTBK untuk seleksi PTN.


    Anak SMP bisa menargetkan masuk SMA favorit, di mana ia bisa ikut jalur SNMPTN dengan peluang lolos lebih tinggi ketimbang ikut SNMPTN dari SMA non-favorit.


    Penanaman kognitif dasar, nilai, dan karakter terbukti membantu anak unggul secara akademis di masa depan. Kemampuan kognitif dasar tidak berhenti pada calistung, tetapi juga penajaman logika & nalar yang dibangun lewat rangkaian cerita menarik dan aktivitas yang seru.


    Zenius Support