Elastisitas adalah kemampuan sebuah benda untuk mempertahankan bentuknya. Di sini, kita mempelajari tegangan, regangan, modulus elastisitas, dan hukum Hooke.

Getaran adalah gerak bolak-balik suatu benda terhadap suatu titik kesetimbangan. Contoh getaran yang paling sederhana adalah Gerak Harmonik Sederhana (GHS). Pada bagian ini, dibahas konsep trigonometri, kalkulus, dan analisis grafik yang digunakan pada gerak harmonik sederhana.

Soal getaran untuk menguji pemahaman terhadap penerapan hukum hooke, persamaan gerak harmonik sederhana, termasuk konsep trigonometri, kalkulus, dan analisis grafik persamaan tersebut.

Review teori dan latihan soal getaran. Mencakup materi dan soal tentang hukum hooke, energi pegas, dan gerak harmonik sederhana (GHS).

Pada bagian ini, kita mempelajari konsep, persamaan, dan analisis grafik dari gelombang mekanik, yaitu sebuah gelombang yang memerlukan medium untuk merambat.


Latihan soal gelombang mekanik mencakup konsep, persamaan, dan analisis grafik dari gelombang berjalan, persamaan gelombang berdiri, dan berbagai penerapannya.

Bunyi adalah salah satu bentuk gelombang mekanik. Materi di sini mencakup cepat rambat bunyi, efek doppler, pipa organa, dawai, frekuensi, dan intensitas bunyi.

Latihan soal gelombang bunyi mencakup konsep cepat rambat bunyi, efek doppler, pipa organa, dawai, frekuensi, intensitas bunyi, dan taraf intensitas.