Mekanika Level Dasar


Mekanika level dasar mencakup kinematika (gerak benda), dinamika (penyebab gerak benda - gaya, energi, momentum & impuls), gerak melingkar, & gravitasi newton.
Dalam Kinematika, kita mempelajari gerak benda tanpa mempersoalkan gaya penyebab gerakan. Di sini, kita akan mempelajari konsep jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan, percepatan, dan lain-lain.

Latihan soal kinematika ini dibuat untuk menguji pengertian kamu terhadap konsep jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan, percepatan, dan lain-lain.

Pada Dinamika, kita mempelajari penyebab timbulnya gerak. Di bagian pertama ini, kita mempelajari hubungan antara gaya, massa, dan percepatan.

Latihan soal Dinamika I ini dibuat untuk menguji pemahaman kamu tentang konsep gaya dan hubungannya dengan massa dan percepatan benda.

Pada Dinamika, kita mempelajari penyebab timbulnya gerak. Di bagian ke dua ini, kita mempelajari konsep energi, momentum & impuls, dan kaitannya dengan gerak.

Latihan soal Dinamika II tentang konsep energi (energi mekanik, energi potensial, dan energi kinetik), momentum & impuls, dan kaitannya dengan gerak.

Bagian ini mencakup gerak melingkar beraturan (GMB), gerak melingkar berubah beraturan (GMBB), konsep torsi, inersia, dan hukum gravitasi Newton.

Latihan soal gerak melingkar & gravitasi Newton menguji pemahaman konsep gerak melingkar, torsi, inersia, percepatan sudut, hukum gravitasi Newton, dll.

Latihan soal ini menguji pemahaman hukum Gravitasi Newton, termasuk konsep gaya gravitasi, percepatan gravitasi, tetapan gravitasi umum, massa, jarak, dll.