SBMPTN - Materi Fisika (Ringkas)


Gue sering liat anak-anak bawa ringkasan rumus fisika kan. Nah menurut gue ringkasan rumus itu cenderung bisa sesat nih kalo nggak ngerti maksudnya apa. Apalagi yang namanya ringkasan bukannya ngeringkes eh malah jadi makin kompleks karena buanyaaakk banget yg mesti dihafalin. Padahal sih fisika nggak gitu cara belajar yg bener, jadi mendingan gue singkat aja fisikanya tapi bahannya cukup mengcover 70% bahan SBMPTN, nah kalo butuh lumayan ngerti fisika dalam waktu cepet... ini dia nih caranya!

 
Kalo ada pertanyaan, bisa langsung mention ke @sabdaps on twitter, nanya banyak juga gpp udah biasa hehehe
 

Sabda PS

Belajar Fisika mulai dari mana? Di sini dijelaskan cara yang lebih efektif dalam belajar fisika. Hubungan matematika dengan konsep fisikanya jadi lebih jelas.

Mekanika adalah ilmu yang mempelajari gerak benda dan penyebabnya. Termasuk kinematika, dinamika (gaya, torsi, dsb), usaha dan energi, momentum dan impuls.

Soal Mekanika mencakup kinematika gerak lurus, melingkar, parabola, hukum Newton I, II, III (gaya) dan gravitasi, usaha dan energi, dan momentum dan impuls.

GGB itu Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Termasuk di dalamnya ada konsep getaran pegas, gelombang berjalan, gelombang berdiri, bunyi sebagai gelombang mekanik, dan efek doppler.

Getaran, Gelombang, dan Bunyi (GGB) termasuk di dalamnya ada konsep getaran pegas, gelombang berjalan, gelombang berdiri, bunyi, dan efek doppler.

Zat dan Kalor mencakup fisika termal (perpindahan kalor, perubahan kalor dan wujud), teori kinetik gas, termodinamika, dan sedikit fluida statis (zat cair).


Soal Zat dan Kalor menguji pemahaman konsep fisika termal (perpindahan kalor, perubahan kalor dan wujud), teori kinetik gas, dan termodinamika.

Versi ringkas dari konsep Listrik dan Magnet, cuma ada konsep listrik statis, kapasitor, listrik DC, dan medan magnet. Listrik arus bolak-balik (AC) belum ada. (Listrik AC ada di Fisika lengkap)

Soal Listrik dan Magnet yang baru mencakup konsep listrik statis, medan magnet, kapasitor, listrik arus searah, energi dan daya listrik.

Fisika modern mencakup fisika atom (termasuk di dalamnya efek fotolistrik), relativitas, dan fisika inti.

Soal fisika modern yang menguji konsep waktu paruh, efek fotolistrik, tingkatan energi atom, peluruhan, relativitas khusus, dan eksitasi energi.

Soal fisika modern yang menguji konsep peluruhan, relativitas khusus, struktur atom, reaksi inti, efek fotolistrik, emisi elektron, defek massa dan energi ikat.