ZenBot: Aplikasi Tanya Jawab Soal Fisika yang Praktis

ZenBot: Aplikasi Tanya Jawab Soal Fisika yang Praktis

Halo Sobat Zenius! Di artikel kali ini gue membawa solusi dari semua permasalahan elo dalam menjawab soal Fisika. 

Gue sadar, kalo sebagian besar dari kita merasa mengerjakan soal yang ada hitungannya (termasuk soal Fisika) kadang punya tantangan tersendiri. 

Dan kali ini gue akan membahas alasan kenapa sih kita harus belajar mata pelajaran yang ada hitungannya, kayak Fisika, Matematika dan Kimia?

Tentunya, kalau ada kesulitan kita harus mencari solusi. Nah, gue punya solusi supaya elo bisa menjawab semua soal Fisika yaitu dengan menggunakan aplikasi tanya jawab soal Fisika dari Zenius bernama ZenBot. 

Selain Fisika, ZenBot juga bisa digunakan untuk menjawab soal Matematika dan Kimia lho. Mantep banget kan?

Bisa banget digunain jika ada latihan soal Fisika atau kalau ada PR yang susah, langsung aja tanya ke ZenBot. 

Kalo elo mau tau gimana cara tanya soal di Zenius pake ZenBot dan keuntungan apa aja yang elo peroleh menggunakan aplikasi yang satu ini, pastikan elo baca artikel ini sampai selesai ya!

Kenapa Kita Harus Belajar Fisika?

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, kenapa sih harus belajar Fisika?

Ada banyak mata pelajaran yang bisa dipelajari di sekolah, kenapa Fisika salah satunya?

Pertanyaan-pertanyaan ini bisa muncul dari berbagai jenis siswa, mulai dari siswa yang emang suka sama mata pelajaran Fisika atau siswa yang gak suka sama sekali. 

Khusus buat elo yang gak suka sama mata pelajaran ini, gue punya pertanyaan simple nih. 

Sebenernya kenapa sih elo gak suka sama mata pelajaran Fisika?

Apakah karena Fisika adalah mata pelajaran yang susah? Atau karena guru Fisika di sekolah gak asik? Atau karena elo cuman belum memahami konsep Fisika dengan baik?

Kebanyakan siswa gak suka sama suatu mata pelajaran itu karena pengaruh dari luar (eksternal). Padahal banyak banget lho manfaat dari mempelajari Fisika. 

Yang pertama, Fisika itu menarik.

Fisika membantu kita memahami cara kerja dunia di sekitar. Mulai dari kerja roda di sepeda elo, memahami energi listrik yang berubah menjadi lampu yang terang-benderang di rumah elo atau penjelasan mengenai kenapa kaki elo bisa berpijak di tanah yang terasa datar padahal bumi yang kita tinggali ini bentuknya bulat. 

Fisika berkaitan dengan dasar-dasar, dan membantu kita untuk melihat hubungan antara fenomena yang tampaknya berbeda.

Yang kedua, Fisika itu bermanfaat.

Dengan mempelajari Fisika, elo berkesempatan melatih keterampilan kuantitatif dan analitik yang diperlukan untuk menganalisis data dan memecahkan masalah dalam sains, teknik, kedokteran, ekonomi, dan lainnya. 

Banyak penemuan dalam teknologi modern yang diawali dengan Fisika dasar. Contohnya handphone, MRI (magnetic resonance imaging), elektrokardiogram, alat kemoterapi, roket, laser, satelit luar angkasa, dan lain-lain. 

Yang ketiga, belajar Fisika bisa membuat elo memiliki banyak pilihan karier di masa depan.

Contohnya, orang yang mengambil jurusan Fisika dapat melanjutkan karier di bidang-bidang seperti ilmu komputer, teknik, hingga ke bagian penelitian dan pengembangan.

Kenapa Soal Fisika Sulit Dijawab?

Tidak salah kalau Fisika punya julukan sebagai sepupunya Matematika. Karena, mata pelajaran yang satu ini memang masih punya “hubungan darah” dengan Matematika. 

Nah, hubungan mereka inilah kadang membuat beberapa orang yang belajar Fisika, mau gak mau harus bisa memahami Matematika juga. 

Dan memang rumit untuk memperoleh semua pengetahuan yang tercakup dalam teori Fisika tanpa melihat Matematikanya.

Poin kedua selain fakta bahwa dua mata pelajaran ini masih bersaudara adalah Fisika memiliki bahasanya sendiri, dan karena itu elo harus mengetahuinya untuk memperoleh kefasihan dalam menangani konsep-konsep.

Sebab, Fisika bukanlah mata pelajaran yang mengandalkan memori, melainkan kemampuan dan cara berpikir. Makanya, mata pelajaran ini sangat dekat dengan cara memecahkan teka-teki menggunakan logika.

Belajar Fisika seperti membangun rumah. Tidak peduli seberapa kokoh dan indah atap yang dipasang di atas, kalau pondasi atau batu bata pertama di bawah rumah goyah, maka rumah sebentar lagi akan rubuh. 

Pengertian ini dibangun dengan analogi bahwa banyak teori Fisika dibangun di atas sejumlah konsep yang saling terkait dan saling terkait satu sama lain.

Sayangnya banyak siswa, termasuk gue kebanyakan selalu terburu-buru untuk menghafal beberapa teori dan rumus Fisika. Dan berpikir bahwa kalo gue udah hafal rumus, artinya gue bisa menjawab soal Fisika. 

Padahal, ini salah besar! 

Kunci sebenarnya dari menjawab soal Fisika adalah adalah ketika elo berhasil mendekonstruksi teori, prinsip, dan hukum Fisika terlebih dahulu untuk menyederhanakan dan memperjelasnya. 

Contoh sederhananya, misal elo sedang mempelajari rumus Gaya tentang Hukum Newton 3. Elo gak bisa mempelajari bagian ini sendiri tanpa memahami rumus Hukum Newton 1 dan 2. Atau tanpa mengetahui pengertian dari gaya dan rumus dasar gaya. 

Ini disebut juga sebagai kesenjangan pengetahuan dalam Fisika, dan hanya bisa dipecahkan ketika elo sadar dan meninjau kembali konsep Fisika apa yang belum elo pahami. 

Sayangnya, untuk menyudahi masalah ini, terkadang elo perlu bantuan dari orang lain yang ekspert di bidangnya (contohnya tutor Fisika) 

Dan di tengah perkembangan teknologi sekarang, elo ternyata bisa menggunakan aplikasi tanya jawab soal Fisika seperti ZenBot. 

Kenalan dengan Aplikasi Tanya Jawab Gratis dari Zenius – ZenBot

Berkembangnya zaman dan teknologi patut kita syukuri, karena sekarang belajar dan menjawab soal Fisika udah makin mudah. 

Elo bisa menggunakan aplikasi untuk mencari jawaban soal Fisika dari Zenius bernama ZenBot. 

ZenBot bisa menjawab membantu elo menjawab soal di tingkat SMP hingga 12 SMA secara gratis!

Apa Itu ZenBot?

ZenBot: Aplikasi Tanya Jawab Soal Fisika yang Praktis 33
ZenBot yang siap nemenin elo menjawab soal Fisika, Matematika dan Kimia yang sulit! (Arsip Zenius)

Mungkin elo ada yang belum familiar dengan aplikasi yang satu ini. Oke, kita kenalan dulu ya~

Jadi, ZenBot ini adalah aplikasi tanya jawab soal milik Zenius yang diluncurkan pada tahun 2021. 

Dengan menggunakan ZenBot, elo bisa bertanya mengenai berbagai macam soal dari mata pelajaran yang sulit. Gak cuman soal Fisika, elo juga bisa nanya jawaban dari soal Matematika, dan Kimia. 

Ada banyak keuntungan yang bisa elo dapatkan ketika menggunakan ZenBot, gue jelasin satu-satu di bawah ini ya:

  1. ZenBot adalah Aplikasi Tanya Jawab Gratis dari Zenius

Keuntungan pertama adalah elo bisa menggunakan ZenBot secara gratis, tis, tis!

Iya, jadi aplikasi tanya jawab soal Fisika, Matematika dan Kimia yang satu ini adalah aplikasi gratis dari Zenius.

Jadi elo bener-bener tidak akan dipungut biaya apapun ketika menggunakan ZenBot. Nah, keuntungan ini pastinya sangat berguna untuk meningkatkan pengetahuan elo terhadap mata pelajaran yang memiliki basis hitung-hitungan. 

  1. ZenBot Bisa Digunakan 24 Jam 

Mau ujian besok, belajar sampai malem, nemu soal Fisika sulit tapi gak tau mau nanya sama siapa?

Tenang, ZenBot akan selalu setia menemani elo kapan pun dan di mana pun. Bahkan ZenBot lebih setia dari gebetan elo yang suka nge-ghosting itu lho. 

Soalnya, aplikasi tanya jawab soal dari Zenius yang satu ini bisa elo akses 24 jam non-stop dan gak terbatas jam kerja. 

Jadi kalo elo malem-malem masih pengen ngerjain soal untuk persiapan ujian tapi bingung nyari jawaban ke mana. Langsung aja buka aplikasi Zenius dan temukan ZenBot ya Sobat! 

  1. Tanya ZenBot Tak Terbatas Per-Hari

Mau nanya lima soal sehari? Boleh. Lagi banyak tugas, mau nanya sepuluh-dua puluh soal? Boleh juga. 

Pertanyaan yang elo ajukan ke ZenBot juga tidak dibatasi oleh jumlah soal atau waktu, jadi elo bisa memaksimalkan penggunaan ZenBot kapan pun, di mana pun dan sebanyak apapun.

  1. ZenBot Memberikan Jawaban Detail dan Penjelasan Jelas

Sering kesel gak sih kalo masalah itung-itungan tapi jawabannya kayak sulap?

Gak tau dari mana, jalannya gimana, rumusnya yang mana, tiba-tiba ada aja jawabannya. Bukannya makin paham, malah makin bingung yang ada. 

Tenang, ZenBot tidak akan melakukan hal ini ke kita semua kok. Soalnya, ZenBot paham kalo mata pelajaran Fisika, Matematika dan Kimia memang perlu pemahaman konsep untuk menjawab soalnya. 

Makanya, kalo elo nanya ke ZenBot, dia akan ngasih jawaban yang detail dengan penjelasan yang jelas. 

Kerennya, elo juga akan mendapat jawaban dalam bentuk teks dan video, sehingga elo makin siap menghadapi ujian.

  1. ZenBot Dapat Menjawab Berbagai Tingkat Soal
     

Gak masalah kalau elo ternyata pengen nanyain soal Fisika kelas 11 SMA padahal elo masih kelas 10. 

Karena, ZenBot emang dirancang untuk menjawab berbagai tingkatan soal. Ini akan sangat membantu elo kalau elo ternyata termasuk siswa yang punya ketertarikan tinggi dengan soal-soal yang jauh lebih susah dibandingkan soal di kelas elo sekarang.

  1. ZenBot Dapat Menjawab Banyak Pertanyaan Sekaligus

Keuntungan lainnya dari menggunakan aplikasi tanya jawab soal Fisika, Matematika dan Kimia dari Zenius ini adalah elo bisa bertanya banyak pertanyaan sekaligus. 

Elo juga bisa bertanya dari berbagai mata pelajaran, gak terbatas ke satu mata pelajaran aja. 

Keuntungan ini bisa membantu elo meningkatkan pemahaman di banyak mata pelajaran (terutama yang ada hitungannya) sekaligus. 

  1. ZenBot Bantu Elo Mendapatkan Nilai Bagus di Sekolah

Nah, kalo udah sering nanya ke ZenBot dan udah dapet penjelasan mendalam, diharapkan elo bisa memahami konsep dari soal Fisika, Matematika dan Kimia yang dianggap banyak siswa termasuk kelompok mata pelajaran sulit. 

Kalo elo udah memahami konsep dan sering latihan soal bareng aplikasi Zenius dan ZenBot, dapet nilai bagus di sekolah adalah masalah kecil. 

Cara Menggunakan ZenBot untuk Jawab Soal Fisika

Oke, tadi kita udah kenalan sama ZenBot dan keuntungan apa aja yang bisa elo peroleh ketika menggunakan aplikasi tanya jawab soal dari Zenius itu. 

Sekarang gue akan jelasin gimana caranya ngegunain ZenBot. Pokoknya dengan ZenBot, kalo elo mentok, cukup cekrek soalnya, langsung ngerti!

Nah, berikut ini adalah cara menggunakan ZenBot untuk jawab soal Fisika, Matematika dan Kimia:

  • Download Aplikasi Zenius

Pertama-tama, elo harus download aplikasi Zenius dahulu, karena ZenBot ini terintegrasi langsung dengan aplikasi Zenius. 

Buat pengguna iphone, elo bisa download di sini ya: Download aplikasi Zenius di App Store.

Pengguna android langsung download aja di sini: Download aplikasi Zenius di Play Store.

Dan pengguna Huawei jangan lupa download di sini: Download aplikasi Zenius di Apps Galery Huawei.

  • Buka Aplikasi Zenius, Temukan ZenBot 

Setelah download aplikasi Zenius, elo tinggal registrasi pake nomor handphone (yang aktif) atau email (yang aktif juga). 

Nah, setelah elo login, elo akan segera menemukan si ZenBot di halaman awal aplikasi Zenius. Itu lho yang lambangnya robot ungu menggemaskan~

Letak ZenBot dalam home page aplikasi Zenius (Arsip Zenius)
Letak ZenBot dalam home page aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

  • Klik ZenBot dan Cekrek Soalnya 

Ketika elo klik icon ZenBot, elo akan memperoleh tampilan seperti ini di aplikasi:

ZenBot: Aplikasi Tanya Jawab Soal Fisika yang Praktis 34
Tampilan ZenBot dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

Kebayang gak capeknya kalo nulis atau ngetik soalnya satu-satu? 

Nah, dengan ZenBot, elo hanya perlu foto soal yang mau elo cari jawabannya. Pastinya akan lebih mudah dan gak menghabiskan waktu.

ZenBot: Aplikasi Tanya Jawab Soal Fisika yang Praktis 35
Foto soal dengan jelas sebelum bertanya ke ZenBot (Arsip Zenius)
  • Pilih Subjek Mata Pelajaran 

Setelah elo foto soal yang mau dicari jawabannya, selanjutnya elo tinggal pilih ini masuk dalam mata pelajaran apa. 

Di ZenBot ada soal dari tiga mata pelajaran yang bisa elo pilih yaitu: soal Fisika, soal Matematika dan soal Kimia. 

Pilih soal dari tiga mata pelajaran: Fisika, Matematika atau Kimia (Arsip Zenius)
Pilih soal dari tiga mata pelajaran: Fisika, Matematika atau Kimia (Arsip Zenius)
  • Biarkan ZenBot Menjawab Soal 

Kalau udah pilih mata pelajaran, selanjutnya tunggu sebentar dan biarkan ZenBot memindai soal yang elo foto tadi. 

Oh iya, pastikan foto yang elo ambil jelas dan gak blur ya, jadi ZenBot bisa cepat mendeteksi soal dan memberikan jawaban dan penjelasannya ke elo.

Biarkan ZenBot memindai soal sebelum memberikan jawaban dan penjelasan (Arsip Zenius)
Biarkan ZenBot memindai soal sebelum memberikan jawaban dan penjelasan (Arsip Zenius)
  • Pilih Pembahasan dari Soal yang Telah Dipindai ZenBot 
Contoh soal Fisika yang berhasil dijawab oleh ZenBot (Arsip Zenius)
Contoh soal Fisika yang berhasil dijawab oleh ZenBot (Arsip Zenius)

Setelah elo memberikan foto soal Fisika ke ZenBot, selesai menjawab ZenBot akan memberikan elo jawaban beserta video pembahasan dari soal yang bisa langsung elo tonton, seperti di atas ini. 

Selain itu, elo juga bisa mengetahui soal yang elo tanya ini masuk ke dalam soal Fisika materi apa. 

Nah, itu tadi penjelasan gue mengenai pentingnya belajar Fisika dan aplikasi yang bisa membantu elo menaklukkan mata pelajaran ini, yaitu dengan menggunakan ZenBot. 

Aplikasi untuk mencari jawaban soal Fisika dari Zenius ini akan mendampingi elo kalo udah mentok dalam mengerjakan soal-soal dan pastinya tidak dipungut biaya apapun. 

ZenBot adalah jawaban dari kebingungan elo menjawab soal mata pelajaran yang berfokus pada itung-itungan dan pemahaman konsep. 

Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Zenius dan elo bisa dengan bebas memecahkan masalah dari soal Fisika, Matematika dan Kimia ditemenin ZenBot!

Oh iya, elo juga bisa kenalan lebih jauh dengan ZenBot melalui video dari Youtube Channel Zenius yang satu ini ya: Dapat Penjelasan Soal Fisika, Matematika dan Kimia dengan ZenBot, GRATIS!

ZenBot: Aplikasi Tanya Jawab Soal Fisika yang Praktis 36
Bagikan Artikel Ini!