7 Universitas Swasta di Jawa yang Dapat Menjadi Pilihan

universitas swasta

Halo Sobat Zenius yang sedang mencari PTS terbaik di Jawa Tengah, Barat, Timur! Ini merupakan tulisan yang tepat untuk elo karena gue akan membahas 7 Perguruan Tinggi Swasta terbaik di pulau Jawa.

Jika emang elo memang harus dan perlu untuk masuk PTS, gak perlu khawatir atau minder karena semua universitas itu sebenarnya baik kok. Dalam hal berkuliah, poin pentingnya adalah elo suka dengan yang elo pelajari.

7 Rekomendasi Universitas Swasta di Jawa

Misal elo dapat PTN tapi jurusannya yang tidak diinginkan, biasanya elo tidak sepenuh hati kuliahnya. Bisa jadi lemah, lesu, lunglai saat masuk kelas. Jadi PTS merupakan solusi yang tepat. Perlu juga elo ketahui kalau universitas swasta kualitas serta fasilitasnya gak kalah jauh dari PTN.

Kesempatan bersaing di dunia kerja juga besar kok. Jadi gapapa banget kalau sudah usaha semaksimal mungkin dapetin PTN impian elo tapi gagal. Siapa tau nih di PTS nanti elo adalah mahasiswa terbaik, bisa lulus dapat predikat cum laude.

Okelah, gue rasa cukup motivasi dari gue, sekarang lanjut yuk ke rekomendasi universitas swasta di Jawa.

Telkom University

universitas swasta
Tel-U Source: telkomuniversity.ac.id

Rekomendasi satu adalah Telkom University yang biasa dikenal Tel-U. PTS terbaik di Jawa Barat ini berdiri sejak tahun 2013. Tel-U memiliki 7 fakultas dengan 37 program studi. 

Kampus swasta terbaik di Jawa Barat ini terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan kampus lainnya berlokasi di Gegerkalong Hilir, utara Kota Bandung.

Meskipun masih tergolong baru, menurut Webometrics Tel-U berada di posisi 7 kampus terbaik se-Indonesia. 

Buat elo yang tertarik kuliah di bidang teknik, teknologi informasi, bisnis, maupun seni dan desain. Tel-U dapat elo pertimbangkan nih, karena Tel-U punya jurusan-jurusan yang mungkin elo minati.

Universitas Bina Nusantara

universitas swasta di jawa terbaik
Universitas Bina Nusantara. Source: binus.ac.id

Elo pasti tau Binus kan? Binus adalah singkatan dari Universitas Bina Nusantara. Binus merupakan salah satu universitas swasta di Jawa yang cukup populer. Gedung kampusnya ada di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Pada Webometrics Binus menempati posisi 1912 sedunia. Binus merupakan universitas terbaik urutan ke-9 se-Indonesia.

Kampus yang berdiri sejak 1981 ini memiliki akreditasi A. Ini sebuah bukti juga kalau Binus merupakan PTS yang layak dipilih. 

Di bawah ini merupakan fakultas yang dimiliki oleh Binus:

Accounting & Finance

Art & Design

Business

Communication

Computing

Engineering

Hospitality and Tourism

Humanities 

Kalau elo tertarik untuk mendapatkan info lebih mendalam mengenai Binus, langsung aja ke website-nya ya.

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Universitas swasta terbaik di jawa
UAD Source: news.uad.ac.id

Elo tau UAD, kan? UAD adalah singkatan dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Universitas swasta di Jawa ini dibangun sejak 18 November 1960. 

Salah satu PTS terbaik di Pulau Jawa ini telah terakreditasi A serta meraih posisi 27 terbaik di Indonesia dan 3160 pada peringkat dunia.

Tidak hanya itu, UAD juga memiliki pedoman untuk memegang erat kaidah perguruan tinggi Muhammadiyah dan Tri Dharma. 

Kalau elo tertarik untuk belajar di bidang teknologi atau sosial humaniora, keguruan dan ilmu pendidikan, teknologi, sastra dan budaya. Cari universitas swasta di Jogja yang murah dan berkualitas namun tidak murahan, UAD merupakan pilihan yang tepat untuk elo!

Universitas Dian Nuswantoro

universitas swasta
Udinus. Source: kelaskaryawan.org

Universitas Dian Nuswantoro yang dikenal juga Udinus mungkin saja menjadi pilihan tepat untuk elo kuliah.

Udinus merupakan universitas swasta terbaik di Semarang. Berdiri sejak tahun 1990, Udinus memiliki akreditasi A.

PTS terbaik di Jawa Tengah ini memiliki 7 fakultas dan 14 program studi. Udinus juga menduduki peringkat 28 se-Indonesia dan peringkat 3188 se-dunia.

Universitas Kristen Satya Wacana

7 Universitas Swasta di Jawa yang Dapat Menjadi Pilihan 9
UKSW. Source: wikipedia

Selain Udinus di Semarang, PTS terbaik di Jawa Tengah selanjutnya adalah UKSW. UKSW adalah singkatan dari Universitas Kristen Satya Wacana.

UKSW berlokasi di Salatiga, Jawa Tengah. PTS terbaik di Jawa Tengah ini memiliki 14 fakultas dan 31 program studi.

UKSW berdiri sejak tahun 1956, dan sudah mendapatkan akreditasi A serta posisi 3203 di dunia. Jurusan paling diminati di UKSW adalah Teknologi Informasi, Teknik Elektro, Akuntansi, Sastra Inggris dan Ekonomi.

Universitas Mercu Buana

universitas swasta
UMB Source: mercubuana.ac.id

Di Jakarta selain ada Binus, ada juga Universitas Mercu Buana atau dikenal juga UMB.

UMB memiliki banyak pilihan fakultas dan jurusan, lho! Antara lain Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Arsitektur, Teknik, dan Desain. 

UMB berada di peringkat 37 se-Indonesia dan 3654 sedunia menurut Webometrics serta telah bekerja sama dengan 31 perguruan tinggi luar negeri, di Asia dan Eropa. 

Kalau elo berpikiran mau kuliah sambil bekerja, UMB merupakan jawaban dari segala doa. Sebab UMB memiliki kelas untuk karyawan. Bisa bantu orang tua bayar kuliah nih.

Universitas Katolik Parahyangan

universitas swasta di jawa terbaik
Universitas Katolik Parahyangan. Source: unpar.ac.id

Rekomendasi universitas swasta di Jawa terakhir adalah Universitas Katolik Parahyangan atau yang biasa dikenal Unpar.

Unpar merupakan PTS terbaik di Bandung. Universitas yang berdiri sejak tahun 1955 ini memiliki 7 fakultas dengan 15 program studi, serta terakreditasi A. 

Jurusan favorit Unpar yang bisa banget jadi pilihan elo, antara lain: Hukum, Arsitektur, dan Hubungan Internasional.

Selain sudah mendapatkan predikat Akreditasi A, Unpar juga berada di peringkat 39 se-Indonesia dan 3760 di Dunia.

Elo berminat untuk kuliah Hukum, HI, atau Arsitektur di PTS terbaik di Bandung ini? Cus daftar.

Nah itulah tadi rekomendasi 7 PTS terbaik di indonesia. Pilihlah sesuai dengan minat serta bakat elo, Sobat Zenius. Pilih juga dengan bijak.

Oh iya, nanti setelah daftar ke salah satu PTS terbaik tersebut elo pasti akan melalui tes terlebih dahulu. Meski PTS, tetap ada lho tesnya. Jadi elo perlu banget tetap belajar dan main-main ke Zenius. Main-main yang gue maksud di sini, kerjain latihan soal di Zenius. Hehehe…

Tetap semangat Sobat Zenius. Good life ahead! See you!

Bagikan Artikel Ini!