Tips Belajar untuk Aturan Baru Seleksi Masuk PTN 2023! Murid Wajib Tahu!

Strategi belajar menghadapi ujian

Sobat Zenius, Menteri Nadiem Makarim baru aja mengumumkan aturan baru untuk seleksi PTN 2023. Di aturan baru ini tetap ada tiga jalur seleksi PTN, tapi ada beberapa perubahan dalam sistem penilaian dan pelaksanaan seleksi.

Menurut elo, dampaknya buat kita apa? Benar! Perubahan ini tentu ngebuat cara belajar dan strategi kita ikut berubah.

Panik nggak? Panik nggak? He he he… tenang, guys! Kali ini gue mau sharing tips belajar supaya kita siap menghadapi seleksi masuk PTN tahun depan. Sok, disimak ya!

Aturan Baru Seleksi PTN 2023

Sebelum gue bahas lebih jauh, elo udah tahu aturan apa aja yang berbeda antara seleksi PTN tahun sebelumnya dan seleksi PTN 2023? Kalau belum tahu, baiknya elo baca dulu artikel yang mengulas peraturan baru seleksi masuk PTN dan 2023 di sini.

Atau elo bisa nonton video Zenius di bawah ini.

Guys, yang namanya perubahan pasti nggak terasa selalu enak. Meskipun perubahan itu dibuat supaya sistemnya lebih baik, tetap aja perubahan ngebuat kita harus keluar dari zona nyaman kita dan mengubah jalur atau rencana yang mungkin udah kita siapkan matang-matang.

Misalnya, buat elo yang udah mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PTN 2023 melalui jalur SNMPTN atau raport. Terus, elo udah sengaja fokus naikin nilai di mata pelajaran tertentu dari kelas X, eh nggak taunya sekarang semua nilai mata pelajaran diperhitungkan. Ini wajar bikin panik, karena bisa aja tambahan nilai mata pelajaran yang lain malah bikin rata-rata kita turun.

cara belajar saat menghadapi seleksi masuk PTN

Selain itu, tadinya kita mungkin punya bayangan kampus apa aja yang “dalam jangkauan kita” dari ngeliat jumlah alumni yang keterima di PTN. Dengan adanya perubahan sistem, akhirnya ya kita jadi blank lagi. Wajar kok panik. Loh, loh, tulisan ini kok malah bikin tambah panik yaa~

He he nggak maksud gitu, kok. Gue hanya ngejembrengin (is ngejembrengin even a word?) kemungkinan-kemungkinan yang ada di hadapan kita. Nilai raport itu udah pasti nggak bisa diubah, jadi kalo elo ragu dengan raport elo, ada baiknya elo siapin rencana berikutnya.

Rencana berikutnya apa? Benar, persiapin diri untuk ikut seleksi PTN 2023 melalui jalur UTBK.

Baca juga:

Tips Membuat Jadwal Belajar UTBK SBMPTN yang Efektif

Tips Belajar untuk Aturan Baru Seleksi Masuk PTN 2023!

Sobat Zenius, kalau berdasarkan aturan baru, ada perubahan yang cukup signifikan di seleksi PTN 2023, yaitu dihilangkannya Tes Kemampuan Akademik. Jadi, udah nggak ada lagi ujian khusus mata pelajaran soshum atau ujian khusus mata pelajaran saintek.

Tapi, jangan hore hore dulu, guys. Aturan ini hanya berlaku untuk UTBK, jalur mandiri bisa aja beda lagi. Nah, kita balik dulu ya ke UTBK. Kaya yang udah dijelasin di artikel dan video di atas, tahun depan hanya akan ada TPS atau Tes Potensi Skolastik.

Pahami Konsep Dasar

Tes Potensi Skolastik ini intinya menguji penalaran dan logika kita dalam memahami konsep dasar. Ada soal potensi kognitif, penalaran matematika, dan literasi dalam berbahasa. Sekilas basic banget, ya? Iya, basic, tapi bukan berarti mudah. Kenapa? Karena jawaban soal-soal dalam tes ini kemungkinan besar nggak akan kita dapet dari hafalan.

Sekarang coba kita sama-sama merenung. Selama ini, elo paham nggak sih dengan konsep-konsep yang elo pelajari di sekolah? Atau sebagian besar elo hanya menghafal rumus?

Bagian paling penting dari belajar itu bukan menghafal, tapi memahami. Kalau modal kita hanya menghafal pelajaran, kita akan capek sendiri karena ada banyak banget materinya. Makanya, kita perlu paham konsep dasarnya. Kalau udah, baru petakan materi yang dipelajari. Kalau pun ada sesuatu yang perlu dihafal, pasti akan lebih mudah ingat karena kita tau peta dan alurnya.

Nah, elo bisa tonton pembahasan yang lebih jelas tentang konsep dasar yang akan jadi soal seleksi PTN 2023 di video berikut ini. Seru banget, guys, asli. Tonton dulu, deh!

Seperti yang disampaikan video di atas, begitu kita udah nemuin peta dan alur berpikir yang tepat, TPS ini nggak akan jadi masalah lagi. Tinggal kita harus kreatif dalam melihat dan memecahkan soal. Jangan lupa juga untuk banyak-banyak latihan supaya punya skill problem solving yang oke.

Ingat, Bersaing!

Ilustrasi bersaing

Guys, ada satu hal yang harus kita inget terus-terusan. Menghilangkan TPA bukan berarti menghilangkan saingan kita. Seleksi PTN 2023 itu beda sama ujian sekolah. Di sekolah, yang penting nilai kita di atas KKM. Dalam seleksi PTN 2023, nilai bagus itu nggak cukup. Nilai gue dan nilai elo harus lebih bagus dari ratusan atau ribuan orang lain untuk jadi mahasiswa PTN.

Duh, kok mendadak ambis hahaha.

Tapi, ini beneran. Coba deh elo cari data daya tampung di tiap jurusan PTN dan berapa yang daftar ke sana setiap tahun, angkanya nggak main-main. Nah, makanya supaya kita bisa lebih unggul dari 500 atau bahkan seribu peserta lain se-Indonesia Raya, usaha kita juga harus sangat, sangat, besar.

Mumpung masih ada waktu, segera belajar dengan cara yang udah gue bilang di atas. Banyak latihan soal, main ZenCore, dan ikut try out (by the way, Zenius lagi ngadain Try Out Tes Skolastik UTBK sampai 25 September, gratis! Cek infonya di sini!), atau tanya sama tutor-tutor Zenius. Intinya, manfaatin semua source yang elo punya untuk belajar

Siapkan Banyak Rencana

Saat elo lagi mempersiapkan diri untuk seleksi PTN 2023, selalu siapin banyak rencana, bahkan prepare for the worst. Maksudnya? Jangan cuma siap-siap untuk ikut di satu jalur SBMPTN. Kalau kita, amit-amit, nggak keterima melalui UTBK, kita harus siap untuk ikut jalur mandiri.

Nah, masalahnya… jeda waktu antara UTBK dan ujian mandiri ini nggak panjang. Di jeda waktu ini, kita bakal sibuk sama pendaftaran ke masing-masing PTN. Belom lagi kalau ujiannya dilaksanakan di kampus beda kota dari tempat tinggal kita. Kebayang kan ribetnya kayak apa?

Masalah lainnya… ujian mandiri itu sepenuhnya kewenangan tiap PTN. Sistemnya bisa jadi sama, bisa jadi beda-beda di tiap kampus. Bisa aja jalur mandiri ini hanya menggunakan TPS, tapi nggak menutup kemungkinan akan ada tes akademik.

Kesimpulannya apa? Tetap belajar mata pelajaran dari sekarang, jangan hanya fokus ke soal TPS. Ingat, kuota penerimaan melalui jalur mandiri ini cukup besar. Lagi-lagi, meski ada jeda waktu antara UTBK dan jalur mandiri, tapi apa elo yakin waktu itu cukup untuk kita siap-siap dari awal lagi?

Baca juga:

Rekomendasi Produk dan Fitur Zenius Buat Bantu Elo Belajar

Semangat, ya, Sobat Zenius!

Duh, Zen… baru baca tulisan ini aja gue udah capek banget…

He he he he he. Iya, guys. Gue kebayang banget gimana capeknya jadi elo. Padahal ini gue baru ngomongin seleksi masuk PTN. Selain ini, elo masih harus berhadapan dengan berbagai ujian sekolah dan urusan-urusan lain khas siswa mau lulus.

Gue juga paham banget bahwa menghadapi seleksi PTN pasti rasanya campur aduk. Dulu pun gue sering banget ngerasa bimbang dan nggak yakin sama diri sendiri. Gue sering banget mikir, “Kemampuan gue cukup nggak, ya?”, “Apa gue cukup pintar untuk bersaing dengan orang lain?”. Duh, emang rebutan untuk sesuatu itu nggak enak :’).

Bimbang dengan diri sendiri

Tapi, biar gimana pun ini adalah sesuatu yang perlu kita lalui, Sobat Zenius. Waktu kita untuk sekolah udah nggak panjang, jadi anggap aja ini adalah battle terakhir kita pake seragam. Di dunia kuliah nanti, elo udah nggak akan ngalamin hal-hal kayak gini lagi.

Jadi, dirasakan dan diingat baik-baik setiap lelah dan jerih payah perjuangan elo. Hargai setiap prosesnya, supaya nanti waktu elo lagi capek dan kesel sama kuliah, elo bisa ingat lagi perjuangan elo sekarang dan balik semangat lagi. Yah, anggap aja ini semua adalah bagian dari menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk jadi mahasiswa nanti.

Duh, ya ampun, jadi terharu sendiri, guys, nulis ini… hahaha!

Tetap semangat ya, Sobat Zenius! Gue tau kalian semua adalah murid-murid yang cerdas dan cerdik. Murid-murid yang nggak gampang patah semangat meskipun jalan yang dilewati berliku-liku dan penuh belokan.

Pasti akan selalu ada jalan, kok. Kalau elo bingung di tengah jalan, jangan takut untuk tanya orang dewasa, guru, atau bahkan tutor-tutor Zenius yang pasti dulu juga pernah ngalamin hal serupa. Tetap sehat dan kuat menggapai cita-cita ya!

Sobat Zenius, supaya persiapan elo lebih matang, langganan paket belajar Zenius, yuk! Ada banyak paket yang bisa elo pilih. Elo pun bisa ikut live class dengan tutor-tutor Zenius, akses video pembelajaran yang nggak terbatas, soal-soal pilihan serta pembahasannya. Segera klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut!

jadwal kesibukan kelas 12

See you di artikel lainnya!

Bagikan Artikel Ini!