Kurikulum 2013 SMP

Seperti yang sebagian besar kita ketahui, saat ini pendidikan Indonesia sedang berjalan menggunakan tiga (3) kurikulum yang berbeda, yaitu KTSP 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikukum 2013 Revisi. Adanya tiga kurikulum yang berbeda ini tentunya menuntut sumber materi belajar yang berbeda pula. Sebagai teman belajar yang setia, Zenius pastinya ga mau ketinggalan untuk menyediakan materi belajar buat masing-masing kurikulum dong. Setelah Zenius tanya sana-sini, ternyata untuk tingkat SMP, kebanyakan masih lagi …

Pembahasan Soal Ujian Nasional SMP 2016

Hallo Guys! Udah denger kan kabar tentang rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) di tahun 2017? Rencananya, UN akan digantikan dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Eiitts, tapi kabar terbaru di tanggal 9 Desember 2016, pemerintah bilang kalo rencana penghapusan UN itu mau ditinjau kembali. Artinya, sampe sekarang, sebenarnya beritanya masih belum final apakah nanti di 2017 tetap ada UN atau adanya USBN. Walau belum final, bukan berarti kita cuma bisa bengong nunggu …

Latihan Soal UAS Semester Ganjil untuk SMP - SMA

Hai hai guys.. Wah lagi pada sibuk UAS ya? Pas gue tanya murid-murid di kelas dan matengin twitter @zeniuseducation, ada yang udah mulai UAS minggu lalu, tapi ada juga yang baru mulai minggu ini. Walaupun kita liat udah ada yang inisiatif manfaatin soal persiapan UAS tahun sebelumnya, tetep aja rasanya ga lengkap ya kalo belum ada persiapan UAS khusus untuk tahun ini. Di twitter pun udah ada yg ingetin Zenius …

Pembahasan Soal Ujian Nasional 2015

Halo guys, artikel kali ini gua buat khusus untuk lo semua yang akan menghadapi Ujian Nasional / UN. Mungkin sebagian dari lo (terutama yang kelas 6 SD dan 9 SMP) ngerasa kalo sekarang ini terlalu cepet untuk mikirin UN. Yah, mungkin emang agak sedikit kecepetan, tapi menurut gua ga ada salahnya lo coba mulai untuk sekedar ngintip dulu seperti apa sih tingkat kesulitan soal Ujian Nasional itu... Cara paling praktis untuk meraba-raba …

Pembahasan Soal Ujian Nasional tahun 2013

Hey, ketemu lagi sama gua di minggu yang sama! Nah, kemaren gua sempet nanyain tuh di twitter gimana persiapan kalian buat ujian nasional. Yaaa.. seperti yang udah gua duga lu pade kebanyakan pada belom nyiapin dan belom mulai nyicil buat UN taon depan. -_- Emang bener sih, sekarang aja masih awal bulan November dan ujian nasional tuh masih jauuuh... banget dan kita masih punya waktu buanyak buat nyiapin segala hal …

Prediksi Soal Ujian Nasional SD, SMP, SMA sesuai SKL

Halo zenius fellow ! Nggak kerasa yah akhirnya Ujian Nasional udah di depan mata.. Gimana persiapan kalian? Gua harap sih sejauh ini semua uda mempersiapkan diri dengan cukup matang. Oke, jadi kali ini gua akan membahas topik yang udah kita semua tunggu-tunggu semua nih, yaitu Prediksi soal UN berdasarkan SKL ! Ada yang belum tau apa itu SKL ? Jadi  SKL atau Standar Kompetensi Lulusan adalah  standar kelulusan yang dibuat resmi …