Apa Jadinya Ketika Bumi Mendekat dan Menjauh dari Matahari?

Artikel ini membahas pengaruh aphelion dan perihelion terhadap suhu rata-rata bumi dan hoax seputar fenomena alam tersebut. Akhir-akhir ini, sering banget kita menemukan informasi-informasi yang terbukti hoax dan ga sedikit yang menimbulkan kepanikan bagi masyarakat. Parahnya lagi, kalo hoax-nya tuh “bandel” alias punya tren berulang tiap tahun seperti isu fenomena alam atau astronomi. Miskonsepsi terhadap suatu hal biasanya gampang banget jadi hoax yang beredar. Gue punya pengalaman pas lagi ngobrol sama temen …

Bagaimana Manusia Bisa Melihat Warna?

Warna itu sebetulnya tidak ada. Warna itu hanyalah persepsi visual dalam otak manusia saja. Lalu bagaimana manusia bisa melihat warna-warni yang berbeda? Ini penjelasan ilmiahnya. Pernah nggak sih lo pas lagi bengong ngeliatin langit, tiba-tiba muncul pertanyaan di dalam benak lo. Kenapa ya langit berwarna biru? Kenapa api berwarna merah? Kenapa daun berwarna hijau? Kenapa pelangi bisa memiliki 7 warna? Kenapa pemimpinnya Power Rangers selalu ranger merah? Kenapa gebetan gue …

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengukur jarak antara Matahari dan Bumi, serta benda-benda angkasa lainnya tanpa harus meninggalkan Bumi. Halo guys! Ketemu lagi nih dengan Steve dan Wisnu. Kali ini kita berdua mau ngomongin tentang gimana caranya ngukur benda-benda angkasa. Sebelum kita mulai, lo pernah gak, sih, wondering tentang seberapa jauhnya Matahari dari Bumi? Atau jarak antara Bumi dengan Bulan? Nah, kebetulan, kita sering banget dapet pertanyaan kayak gini: Q: Berapa sih jarak dari Bumi ke Matahari? Z: AU lah. Q: Eh seriusan. …