Apa sih Perbedaan Sistem Ekonomi Sosialis, Kapitalis, dan Campuran?

Kali ini Zenius Blog membicarakan apa-apa saja sistem ekonomi yang ada di dunia. Mulai dari definisi, kelebihan, serta kekurangan dari masing-masing sistem. Dalam menjalankan perekonomian, setiap masyarakat atau negara memiliki caranya sendiri-sendiri. Setiap masyarakat memiliki caranya masing-masing demi mensejahterakan penduduknya. Berbagai kebijakan akan dibuat untuk mencapai hal itu. Dalam tulisan kali ini, Zenius Blog akan membahas beberapa sistem ekonomi yang ada di dunia mulai dari definisi, kelebihan, serta kekurangan dari …

Ribuan Tahun Berbentuk Kekaisaran, Bagaimana Tiongkok menjadi Negara Komunis?

Ribuan tahun Tiongkok berbentuk kekaisaran, kok sekarang malah berubah menjadi negara komunis? Artikel ini menceritakan bagaimana Partai Komunis Tiongkok bisa meraih kekuasaan dan bagaimana komunisme mempengaruhi berbagai sendi kehidupan rakyat Republik Rakyat Tiongkok. Halo, ketemu lagi sama gw Marcel di blog Zenius. Kali ini, lagi-lagi gw mau berbagi cerita sejarah yang seru banget, yaitu tentang peralihan bentuk salah satu peradaban tertua dan terbesar dalam sejarah dunia, yaitu peradaban Tiongkok. Kita semua tahu bahwa selama ribuan tahun …

Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Penasaran gimana sih pandangan lo seputar topik sosial, ekonomi, dan politik? Yuk kita bahas bareng-bareng melalui quiz online yang seru banget! Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, …

Dinamika Catatan Sejarah 30 September 1965

G30S PKI merupakan peristiwa misterius. Artikel ini mengupas berbagai versi cerita untuk memahami peristiwa paling kontroversial dalam sejarah Indonesia. Tepat malam ini 50 tahun yang lalu, terjadi sebuah skenario pembunuhan yang paling misterius dalam catatan sejarah bangsa Indonesia. Yak, pada malam 30 September 1965 atau lebih tepatnya 1 Oktober subuh dini hari, 6 Perwira Tinggi Militer Indonesia diculik dan kemudian dibunuh secara misterius. Peristiwa ini kemudian menjadi titik tonggak perubahan transisi …