Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel

Kata siapa Biologi ga ada hubungannya dengan matematika? Dalam hukum hereditas Mendel, justru kita bisa lebih mantap memahaminya jika menguasai matematika. Beberapa waktu yang lalu, ketika gue sedang menjelaskan ke murid-murid di kelas bahwa ilmu yang didapat di sekolah itu saling berhubungan, ada yang nyeletuk gini:  “Kalau lu bisa nunjukin hubungannya Biologi sama Matematika, lu gue traktir deh, Nu.” Biologi itu sering banget dipersepsikan sebagai hafalan. Mungkin karena kebanyakan anak …

Apa betul hewan purba itu moyangnya hewan sekarang? Tahu dari mana?

Metode yang digunakan ilmuwan untuk mengetahui kekerabatan antar spesies dibahas lengkap dengan penjelasan konsep dasar genetika dan kekerabatan. Halo Guys, ketemu lagi dengan gue, Ijul. Kalo pada artikel sebelumnya, Ivan udah sempat ngebahas tentang Gimana caranya ilmuwan tau umur dari fosil yang ditemukan. Gue jadi ikutan gemes sekaligus tertantang untuk ngebahas topik yang sama tapi dari sudut pandang disiplin ilmu yang beda, yaitu Biologi. Sebagai pelajar yang dari kecil udah dicekokin berbagai …

Asal-usul Meme Internet

Asal usul meme internet dibahas tuntas di artikel ini, dimulai dari sejarahnya yang ternyata berkaitan dengan Biologi dan Antropologi Budaya. Ketika generasi 90-an suka membanggakan diri bagaimana mereka lebih sering berinteraksi dan bermain secara fisik dengan temannya (main congklak bareng, kirim-kiriman surat cinta, salam-salaman di lapangan pas bulan puasa, dll.), generasi yang lahir dan besar pada zaman 2000an sampe sekarang akan membanggakan dirinya, "Ah itu kuno, sekarang jamannya digital!". Ngga …

Mana yang Duluan, Ayam atau Telur?

Pertanyaan klasik "Duluan ayam atau telur?" dijawab tuntas dengan penjelasan ilmiah yang mudah dimengerti. Mungkin salah satu pertanyaan yang paling klasik di dunia ini adalah : "Mana yang duluan, ayam atau telur?"   Ada yang tahu jawabannya? Kalo ayam, kenapa? Kalo telur, kenapa? Atau mungkin lo mikir kalo pertanyaan ini terlalu gak penting buat dijawab? Sekilas pertanyaan ini emang terkesan sepele dan gak penting, tapi sebetulnya PROSES untuk menjawabnya pertanyaan …