Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS

Artikel ini membahas tuntas soal HOTS, mulai dari definisi, ciri-ciri, contoh soal, dan strategi belajar menghadapi soal HOTS di UN dan SBMPTN. Hai, Zenius Fellows! Di artikel ini, gue akan membahas tuntas topik yang lagi hot akhir-akhir ini di dunia pendidikan Indonesia, yaitu soal HOTS. Tapi sebelum gue masuk ke pembahasannya, gue mau cerita dulu nih sepenggal pengalaman gue berkecimpung di dunia pendidikan. Lima tahun yang lalu, gue memulai karier …

Pembahasan Soal SBMPTN 2018

Berisi daftar lengkap soal SBMPTN 2018 untuk semua kelompok ujian dalam bentuk PDF yang bisa diunduh gratis dan disertai video pembahasan. Sesuai dengan judulnya, pada artikel kali ini, gue akan berbagi daftar lengkap pembahasan soal SBMPTN 2018 untuk semua paket ujian dan mata pelajaran. Soal-soal yang ada di sini bisa banget lo gunakan sebagai ajang latihan. Latihan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya adalah permulaan yang baik untuk meraba tingkat kesulitan soal SBMPTN. Lo juga …

Panduan Belajar UN SMP Matematika 2018

Artikel ini menyediakan sumber dan tips belajar materi-materi yang perlu dikuasai untuk UN SMP Matematika 2018 berdasarkan kisi-kisi resmi pemerintah. Halo semuanya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang persiapan belajar untuk menghadapi UN Matematika SMP 2018. Mungkin kamu masih bertanya-tanya: “UN Matematika SMP 2018 ini nanti menggunakan kurikulum apa ya?”  “Kira-kira, bab-bab apa saja yang perlu dipelajari untuk UN Matematika SMP 2018 nanti?” Saya akan langsung jawab saja …

Persiapan Final menghadapi USBN dan UNBK tingkat SMA

Kompilasi tips panduan belajar, latihan soal, dan pembahasan soal-soal tahun lalu dari Ujian Nasional & Ujian Sekolah USBN tingkat SMA. Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2017, tapi telah disesuaikan dengan peraturan, jadwal, dan kisi-kisi USBN dan UN SMA 2018 terbaru. Artikel kali ini gua buat khusus untuk lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA yang akan menempuh Ujian Nasional & Ujian Akhir Sekolah. Oke, buat lo yang sekarang duduk …

Panduan Belajar UN Geografi SMA 2019

Artikel ini membahas kisi-kisi UN SMA Geografi yang akan membantu menentukan prioritas belajar, menjawab soal HOTS, lengkap dengan kumpulan latihan soal UN SMA Geografi. Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Februari 2018 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMA Geografi 2019 terbaru. Halo, guys! Perkenalkan nama gue Rifad. Sekarang, gue adalah tutor baru buat mata pelajaran Geografi di Zenius. Kali ini gue bakal bahas strategi belajar UN buat mata pelajaran yang kids zaman now anggap …

Panduan Belajar UN SMA Sosiologi 2019

Artikel ini membahas kisi-kisi UN SMA Sosiologi 2019  yang akan membantu menentukan prioritas belajar dan menghadapi soal HOTS, lengkap dengan kumpulan latihan soal UN SMA Sosiologi. Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Februari 2016 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN Sosiologi 2019 terbaru. Gak kerasa bentar lagi udah mau UN. Lo udah harus mulai siap-siap dari sekarang. Lo buka artikel ini juga kayaknya dalam rangka siap-siap UN, sih. Gimana nih persiapan UN kalian? Udah …

Panduan Belajar UN SMA Biologi 2019

Artikel ini akan membandingkan kisi-kisi UN Biologi 2019 dengan soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya sekaligus memberi panduan belajar per topik sesuai kisi, termasuk soal HOTS. Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2017 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMA Biologi 2019 terbaru. Ga terasa sebentar lagi Ujian Nasional SMA 2019 bakal digelar. Pastinya para siswa kelas 12 lagi heboh persiapan belajar buat UN. Semangat deh ya. Pada kesempatan kali ini, gue akan membantu lo untuk …

Pembahasan Soal SBMPTN 2017

Berisi daftar lengkap PDF soal yang bisa diunduh gratis beserta video pembahasan soal SBMPTN 2017 untuk semua kelompok ujian. Dari 797.738 peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2017, hanya 148.066 peserta yang dinyatakan lolos atau cuma sekitar 18,56% yang akhirnya bisa menyandang gelar “maha”siswa. Faktanya, persentase kelulusan SBMPTN skala nasional tiap tahunnya hanya 15-18%. Untuk tahun 2017, berarti ada 649.672 peserta SBMPTN yang harus menelan pil pahit kegagalan di jalur ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya. Buat lo …