Hitler: dari Seniman menjadi Diktator

Artikel ini mengupas tuntas kisah hidup Adolf Hitler, dari masa kecilnya hingga bagaimana Hitler menjadi tokoh dunia paling kontroversial di abad 20. Halo semua, ketemu lagi sama gue di blog zenius. Kalo pada 2 artikel sebelumnya, gua sempat nulis tentang penyebab awal mula perang dunia di abad 20 & juga kisah 2 kapal yang mengubah sejarah dunia pada perang dunia 1 (disingkat PD1). Maka pada kesempatan kali ini, sesuai dengan request …

Sukarno : Kehidupan & Perjuangan Sang Pendiri Bangsa

Artikel ini mengupas tuntas kisah hidup Sukarno, dari masa mudanya hingga perjuangannya untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia. Oke guys, dari judulnya aja lo pasti udah bisa nebak apa isi artikel ini. Yak, setelah sebelumnya zenius blog pernah nulis biografi singkat dari Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, dan Kartini. Tepat hari ini tanggal 6 Juni 2016, sebagai bentuk peringatan kelahiran Bapak Bangsa kita, zenius blog mempersembahkan tulisan biografi singkat dari Ir. Sukarno, seorang …

Sutan Sjahrir: Arsitek di Balik Layar Kemerdekaan

Artikel ini menceritakan kisah kehidupan dan perjuangan Sutan Sjahrir sebagai arsitek kemerdekaan Indonesia yang bekerja di balik layar. Halo semua, pada artikel blog zenius kali ini, lagi-lagi gue mau bahas topik sejarah. Buat lo yang belum tau, hari ini tanggal 5 Maret, tepat 107 tahun yang lalu telah lahir salah satu Bapak pendiri bangsa kita. Bukan Sukarno, bukan juga Hatta, tapi seseorang yang berjuang di garis belakang dengan jalan kaderisasi kaum pergerakan …

Gandhi: Bapak Anti-Kekerasan yang Menginspirasi Dunia

Abad 20 memang sudah berlalu 15 tahun yang lalu, tapi sejarah yang ditinggalkan masih sangat berpengaruh hingga saat ini. Kalo sekarang kita merefleksi apa sih kejadian luar biasa yang dialami umat manusia pada abad 20? Menurut gua pribadi, salah satu hal yang paling pantas dikenang dan menandai sejarah abad 20 adalah perjuangan anti-kolonial di berbagai belahan dunia yang melahirkan banyak negara baru yang merdeka hingga membentuk peta dunia seperti yang kita kenal saat …

Mohammad Hatta: Bukan sekadar pendamping Bung Karno

Banyak orang melihat Hatta hanya sebagai pendamping Bung Karno. Padahal jika tidak ada Bung Hatta, mungkin NKRI sudah bubar pada tahun 1949. Ini kisahnya. Tepat pada hari ini, 113 tahun yang lalu di Bukittinggi Sumatera Barat, lahir seorang bayi yang nantinya akan dikenal sebagai salah seorang pendiri Republik ini. Yak, beliau adalah Drs. Muhammad Hatta atau yang lebih sering disapa Bung Hatta. Siapa sih orang Indonesia yang tidak tahu sosok Bung Hatta? Rasanya …

Tan Malaka: Bapak Republik Indonesia yang terlupakan

Tan Malaka adalah orang pertama yang mencetuskan konsep Republik Indonesia bahkan sebelum Sukarno & Hatta. Namun namanya seperti hilang dalam sejarah. Baca kisah selengkapnya! Bulan Juni itu sering diingat sebagai bulan lahirnya tokoh-tokoh besar nasional Indonesia. Diawali dengan hari lahirnya Pancasila (1 Juni) kemudian disusul dengan hari lahirnya mantan presiden pertama Indonesia Soekarno (6 Juni), mantan presiden kedua HM.Soeharto (8 Juni), mantan presiden ketiga B.J Habibie (25 Juni), dan juga presiden ketujuh kita …

Cara membuat kode, sandi, dan rahasia untuk memecahkannya!

Artikel ini mengupas tuntas ilmu kriptografi alias kode/sandi rahasia, lengkap berbagai teknik sederhana membuat kode/sandi yang bisa dicoba. Hei semua, udah lama banget ngga muncul di sini. Untuk para fans, maafkan jadwal nulis gue yang kurang tetap yah. Walaupun gue hiatus ngajar di Zenius sekarang, gue tetep kepengen bagi pengetahuan gue buat kalian semua. Kali ini gue mau bahas tentang sesuatu yang berdekatan sama kerjaan gue di luar dunia pendidikan …

Soe Hok Gie : Pemuda Indonesia yang Merdeka

Soe Hok Gie adalah legenda sekaligus icon bagi kaum intelektual muda Indonesia. Sebetulnya bagaimana kisah hidupnya yang begitu singkat namun bisa menjadi inspirasi bagi setiap generasi mahasiswa? Buat lo yang udah sering baca tulisan-tulisan gue, mungkin udah pada tau kalo gue orangnya lumayan doyan baca buku. Berhubung gue orangnya telaten (anggep saja begitu), jadi setiap buku gua itu pasti selalu gua rawat, gua kasih sampul yang rapi, bahkan gua catet kapan gua beli/dapetin …