Mengenal Apa Itu Teks Negosiasi

Artikel ini akan membahas tentang teks negosiasi, mulai dari pengertiannya, struktur, hingga ciri-ciri dari teks negosiasi. Hi, guys. Kali ini aku masih akan membahas tentang materi kelas 10, tapi mata pelajaran Bahasa Indonesia nih. Kamu udah tau belum tentang teks negosiasi? Kira-kira teks negosiasi itu apa sih, guys? Buat kamu yang belum paham teks negosiasi itu seperti apa dan bagaimana strukturnya, aku bakal jelasin secara detail di artikel ini. So, …

5 Contoh Surat Pribadi

Artikel ini membahas materi bahasa Indonesia tentang 5 contoh surat pribadi baik berdasarkan tujuan menulis surat pribadi, dan individu yang dituju dalam menulis surat pribadi. Nah artikel sebelumnya, kita udah bahas mengenai Surat Pribadi yang dipelajari di mata pelajaran bahasa indonesia kelas 7. Sekarang biar kalian semakin paham dan kebayang kayak apa sih surat pribadi itu,nah yuk baca artikel ini sampe habis buat liat contoh-contoh surat pribadi, siapa tau kalian …

Materi Bahasa Indonesia kelas 7: Surat Pribadi

Artikel ini membahas materi bahasa Indonesia tentang pengertian, ciri-ciri, manfaat, dan struktur surat pribadi. Mungkin di zaman sekarang ini kita udah agak jarang yaa surat-suratan sama kerabat gitu, atau sama keluarga, namun pernah gak sih kalian ngefans sama selebriti gitu dan pengen ngungkapin rasa kekaguman kita ke selebriti tersebut? Nah, kita bisa mengakalinya dengan memberikan surat pribadi ke mereka. Bahkan boy group BTS yang saat ini lagi digandrungi semua orang …

4 Contoh Teks Persuasi yang Perlu Kamu Baca

Artikel ini membahas tentang contoh teks persuasi dibidang pendidikan, politik, advertensi, dan propaganda. Nah, di artikel ini kita bakal bahas contoh teks persuasi nih guys, tapi sebelum ke contoh nya nih, kalian tau gak sih sebenernya apa itu teks persuasi, kalo belum tau kalian kudu baca artikel kita mengenai Teks Persuasi nih, biar udah paham gitu konsepnya teks persuasi.  Sesuai dengan namanya yang mengandung “persuasi” tentunya bentuk teks nya pun …

Mengenal Jenis Teks Persuasi

Artikel ini akan membantumu dalam memahami teks persuasi, mulai dari pengertian teks persuasi, ciri-ciri teks persuasi, struktur teks persuasi, dan kaidah kebahasaan teks persuasi. Pernahkah kamu mengajak temanmu untuk melakukan sesuatu atau makan sesuatu? Coba ingat-ingat bagaimana cara kamu mengajaknya? Apakah ia tertarik dengan ajakanmu? Atau justru kamu yang pernah diajak oleh temanmu? Atau mungkin kamu pernah menemukan kalimat begini: “Sayang, maukah kau menikah denganku? Akan aku berikan separuh hidupku …

Materi Unsur Pembangun Puisi

Artikel ini membahas materi tentang unsur pembagun puisi yang mencakup unsuk intrinsik dan unsur ektrinsik. Pernah gak si kalian denger atau baca puisi yang bagus banget, sempe mikir “kok bisa ya dia sepuitis itu?” entah karena maknanya yang bagus, atau karena pemilihan kata-katanya yang indah atau mungkin malah karena keduanya. Itulah kenapa mengetahui dan menerapkan unsur pembangun puisi itu penting guys.  Diluar dari kemampuan seorang penyair membuat puisi, unsur-unsur yang …

Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

Artikel ini akan membahas tentang pengertian dan unsur buku fiksi maupun nonfiksi, contoh-contohnya, serta unsur-unsur dalam penyusunannya. Apakah kamu suka membaca buku? Buku jenis apa yang suka kamu baca? Buku materi pelajaran atau novel genre romance? Terlepas dari genre apa yang suka kamu baca, tentunya kamu sudah tidak asing dengan karya tulis fiksi dan nonfiksi, bukan? Dalam karya tulis tersebut terdapat unsur-unsur penyusunnya, mulai dari sampul hingga isi bukunya. Dengan …

6 Contoh Hikayat Berdasarkan Jenisnya

Di sini, kamu akan memahami lebih jauh tentang hikayat atau cerita rakyat, karena artikel ini akan membahas tentang contoh-contoh hikayat. Hi, guys! Kali ini aku mau bahas tentang contoh-contoh hikayat. Tapi, sebelumnya kamu harus tau apa itu hikayat terlebih dahulu. Kamu bisa langsung cek di sini untuk mengetahui apa sih sebenarnya hikayat itu! Singkatnya, hikayat adalah salah satu bentuk prosa yang menceritakan tentang kehidupan manusia, bisa tentang kehidupan raja, khayalan …