Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?

Pernah gak sih, kalian mikir gini: “Kok nilai ulangan Bahasa Indonesia gue gak bagus-bagus amat, ya?” “Perasaan nilai ulangan Bahasa Indonesia gue lebih jelek dari Bahasa Inggris, deh.” Gue sering banget mendengar keluhan-keluhan tersebut dari para siswa. Selama gue mengajar, hal ini selalu saja menjadi fenomena yang berulang setiap tahunnya. Nilai ulangan atau ujian bahasa Indonesia kebanyakan siswa lumayan pas-pasan dan kadang lebih rendah daripada nilai ulangan bahasa asing, apalagi bahasa Inggris. …

Persiapan Belajar UN SMA Bahasa Indonesia

Halo, kawan-kawan calon mahasiswa! Jadi, sudah siap untuk diospek, berganti dari pakai seragam menjadi baju bebas, menjadi mahasiswa, dan merasakan segenap atribut-atribut yang belum pernah elo sandang sebelumnya? Siap tidak siap, momen itu pasti akan datang. Tapi sebelum masa-masa transisi itu datang, elo semua masih harus menyelesaikan berbagai kewajiban dulu nih di SMA, salah satunya Ujian Nasional! Nah, kali ini gue datang lagi untuk menghibur dengan petuah (sok) bijak tentang bagaimana sih …

Panduan Belajar SBMPTN Bahasa Indonesia

Halo, kawan-kawan calon mahasiswa! Ketemu lagi dengan gue, Fajar. Pada kesempatan kali ini, gue hadir untuk memberikan tips tentang soal Bahasa Indonesia (selanjutnya disebut BI) untuk ujian SBMPTN yang akan elo hadapi 16 Mei 2017 nanti (baca: gerbang masa depan alias deg-degan alias cieee sudah enggak SMA lagi dong). Ya, bisa dibilang tanggal itu tanggal kalian berperang melawan kebatilan (soal=masalah, jadi harus diperangi) demi naik kelas dari lulusan SMA ke derajat …

6 (Lagi) Salah Kaprah dalam Berbahasa Indonesia

Hei, semua! Bertemu lagi dengan gue, Fajar. Pada ZeniusBLOG kali ini, gue ingin mengajak kalian membahas sesuatu yang relatif ringan. Sesuatu yang pasti kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, yaitu berbahasa. Sayangnya, mungkin karena sering digunakan dan lebih mementingkan "Ah yang penting orang itu nyambung dengan omongan gue", banyak yang menyepelekan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar dan baik. Akhirnya, muncul berbagai salah kaprah dalam berbahasa. Tulisan ini menyambung tulisan gue sebelumnya yang …

10 Salah Kaprah dalam Bahasa Indonesia

A: Bro, besok kita nongkrong yuk. B: Ogah ah, males gue. A: Ah, dasar antsos lo.. B: Heh, gue cuma asosial, bukan psikopat! A: Hee? Gue yakin banget, banyak dari elo yang bingung dengan dialog di atas. Kalau bingung, itu berarti selama ini kalian biasa menggunakan istilah "antsos" untuk melabeli orang yang sedang malas atau menarik diri dari lingkungan sosialnya. Padahal, penggunaan istilah itu keliru, lho. Ini adalah contoh salah kaprah …

Tips Belajar UN SMA Bahasa Indonesia

Hai Temans, wah, nggak terasa ya UN SMA sebentar lagi akan segera tiba. Gimana, nih, persiapan kalian sejauh ini? Sudah matang atau masih setengah matang? *nggoreng telur, kali, yah…  🙂 Kali ini, gue akan ngasih tips-tips buat kalian, khususnya kelas 12 SMA yang sebentar lagi akan menghadapi UN Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA. Berikut tips-tipsnya. Disimak yaaa….