Materi Unsur Pembangun Puisi

Artikel ini membahas materi tentang unsur pembagun puisi yang mencakup unsuk intrinsik dan unsur ektrinsik. Pernah gak si kalian denger atau baca puisi yang bagus banget, sempe mikir “kok bisa ya dia sepuitis itu?” entah karena maknanya yang bagus, atau karena pemilihan kata-katanya yang indah atau mungkin malah karena keduanya. Itulah kenapa mengetahui dan menerapkan unsur pembangun puisi itu penting guys.  Diluar dari kemampuan seorang penyair membuat puisi, unsur-unsur yang …

Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

Artikel ini akan membahas tentang pengertian dan unsur buku fiksi maupun nonfiksi, contoh-contohnya, serta unsur-unsur dalam penyusunannya. Apakah kamu suka membaca buku? Buku jenis apa yang suka kamu baca? Buku materi pelajaran atau novel genre romance? Terlepas dari genre apa yang suka kamu baca, tentunya kamu sudah tidak asing dengan karya tulis fiksi dan nonfiksi, bukan? Dalam karya tulis tersebut terdapat unsur-unsur penyusunnya, mulai dari sampul hingga isi bukunya. Dengan …

Contoh Resensi Buku

Artikel ini menyajikan contoh-contoh resensi buku, baik fiksi maupun non-fiksi yang akan disajikan secara menarik. Di artikel sebelumnya kamu udah baca tentang pengertian resensi dan stuktur-strukturnya. Berarti kamu udah tau dong apa itu resensi? Biar kamu makin paham dan terbayang resensi itu seperti apa, aku bakal kasih contoh-contoh resensi di artikel ini. Jadi, simak terus sampai akhir ya!   Contoh Resensi Buku Non-fiksi Buku pertama yang akan aku resensi kali …

Panduan Belajar UTBK Bahasa Indonesia

Artikel ini berisi tips panduan belajar untuk persiapan menghadapi soal-soal UTBK Bahasa Indonesia, termasuk soal HOTS. Dari pembahasan materi sampai latihan soal, lengkap! Halo, kawan-kawan calon mahasiswa! Ketemu lagi dengan gue, Fajar. Pada kesempatan kali ini, gue hadir untuk memberikan tips tentang soal Bahasa Indonesia (selanjutnya disebut BI) untuk ujian UTBK yang akan elo hadapi nanti (baca: gerbang masa depan alias deg-degan alias cieee sudah enggak SMA lagi dong). Ya, …

Memahami Tipe-Tipe Esai Dalam Bahasa Indonesia Beserta Ciri-Cirinya

Pada artikel kali ini Zenius Blog membahas tentang tipe-tipe esai dalam Bahasa Indonesia. Namun sebelum membahas tentang tipe-tipe esai lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu esai dan apa saja ciri-ciri dari esai tersebut. Dunia menulis tentu bukan hal yang asing lagi bagi kita. Sejak kecil kita telah menulis. Di sekolah kita menulis catatan perjalanan. Sepulang sekolah kita menulis tentang orang yang kita sukai di buku harian. …

Panduan Belajar UNBK SMP Bahasa Indonesia

Artikel ini menyediakan tips belajar, sumber belajar, dan latihan soal untuk persiapan UN Bahasa Indonesia SMP 2019 berdasarkan kisi-kisi resmi pemerintah. Hai guys! Sebagian dari kamu mungkin saat ini lagi bingung mencari panduan UN Bahasa Indonesia 2019. Jangan khawatir, karena di artikel ini aku akan memberi kamu beberapa informasi penting termasuk strategi bagaimana menghadapi UN Bahasa Indonesia, jadi kamu bisa lebih tenang menghadapi masa ujian nanti. Tapi, sebelum aku membahas …

Persiapan Belajar UN SMA Bahasa Indonesia 2019

Panduan belajar untuk persiapan menghadapi UN SMA mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bedah SKL, materi prioritas, pembahasan soal UN tahun-tahun lalu. Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2016 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN Bahasa Indonesia 2019 terbaru. Halo, kawan-kawan calon mahasiswa! Jadi, sudah siap untuk di-OSPEK, berganti dari pakai seragam menjadi baju bebas, menjadi mahasiswa, dan merasakan segenap atribut-atribut yang belum pernah elo sandang sebelumnya? Siap tidak siap, momen itu pasti akan datang. …

Sumpah Pemuda: Mengapa Bahasa Indonesia yang Dipilih Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda? Mengapa bukan bahasa Jawa, yang jumlah penggunanya lebih banyak di Nusantara? Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gue yakin banget kalo lo tahu bahwa kalimat-kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda …