Kenapa Energi Ramah Lingkungan Belum Luas Digunakan?

Ini Budi. Budi baru aja menemukan harta karun sebesar 100 miliar. Kepalang senang, dia pake harta karun itu seenaknya. Pokoknya foya-foya deh doi tiap hari. Sebenarnya Budi tau kalo duit 100 miliar itu suatu saat pasti akan habis. Tapi karena udah kepalang senang foya-foya, Budi menutup matanya. Dia ga kerja. Ga nabung. Bahkan dia ga mau mutar duitnya dengan investasi bisnis atau sejenisnya. Budi maunya senang-senang aja. Apa yang bakal terjadi ketika uang …

Dari Mana Datangnya Semua Energi yang Kita Gunakan?

Beberapa saat sebelum kita bangun pagi ini, sel-sel di dalam tubuh kita sudah sibuk melakukan pembakaran. Kalor (Q) yang dihasilkan pada proses pembakaran tersebut berguna untuk menjaga badan kita tetap hangat. Ketika kita bangun dan mulai bergerak, kita membutuhkan Energi Kinetik (Ek). Kalau kita menyalakan lampu, kita baru aja mengubah Energi Listrik menjadi Energi Cahaya. Kalau kita naik tangga, maka Energi Potensial (Ep) tubuh kita naik setiap kali menaiki anak …

Pembahasan: Kenapa Teh Botol Membeku Setelah Dibuka?

Beberapa hari yang lalu, Fanny bikin diskusi Fisika di blog ini. Buat yang kemarin ketinggalan dan masih pengen ikutan, diskusinya bisa dilihat di artikel ini: Diskusi: Kenapa Teh Botol Membeku Setelah Dibuka? Nah, di artikel ini, kita akan berusaha mencari penjelasan di balik fenomena tersebut. Sebelumnya, kita review dulu tentang bagaimana "percobaan" yang kemarin kita lakukan: Beli teh botol. Teh botolnya kita masukin ke dalam freezer. Setelah beberapa jam, kita keluarin teh botolnya. …

Kisah Manusia Mengendalikan Energi

Hidup jadi manusia zaman sekarang itu bisa dibilang lebih enak dibandingin manusia yang hidup pada abad-abad terdahulu. Manusia yang hidup di abad ke-21 kini hampir punya segala hal yang membuat hidupnya nyaman dan praktis, mulai dari listrik yang serba guna, lampu dengan penerangan yang memadai, kompor, AC, hape smartphone, sampe berbagai jenis kendaraan pribadi/umum yang memudahkan kita berpindah tempat. Bandingin dengan orang zaman dahulu yang opsi hidupnya terbatas. Kaisar Mansa Musa dari Kerajaan …

Kupas Tuntas Produk Minuman yang (katanya) Berkhasiat

Hey semua, the handsome chemist is back, Ivan. Masih ingat ga dengan tulisan ZeniusBlog tempo lalu tentang 10 mitos sains yang masih banyak dipercaya orang? Melihat artikel itu cukup jadi pembicaraan hangat, gue juga jadi ikutan tertarik nih untuk meluruskan beberapa salah pengertian tentang hal ilmiah yang terlanjur dipercaya banyak orang. Nah, tapi untuk artikel ini, gua akan terpusat pada satu topik aja, yaitu tentang AIR. Yes right, plain old H2O. Zat yang …