2015

2015

Belajar Strategis Menghadapi SBMPTN Kimia

Belajar Strategis Menghadapi SBMPTN Kimia

Hello Zenius fellows.. Nggak terasa ya SBMPTN tinggal beberapa bulan lagi. Oke, sebagaimana yang bisa kalian tebak dari judul artikelnya, kali ini kita akan membahas tentang segala hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi SBMPTN KIMIA. Biasanya bagi yang menjalani kelas 12 saat ini, banyak sekolah yang biasanya masih fokus ke materi sekolah yang sedang berjalan, terus di semester genapnya fokus menghadapi UN dulu, dan baru fokus menghadapi SBMPTN setelah UN selesai. … Baca Selengkapnya
Tips Ngerjain Soal Reading pada SBMPTN Bahasa Inggris

Tips Ngerjain Soal Reading pada SBMPTN Bahasa Inggris

Hello Zenius fellows! Pada kesempatan kali ini, gue mau bahas salah satu komponen dari ujian SBMPTN TKPA yaitu Bahasa Inggris. Jadi buat lo semua anak kelas 12 atau alumni yang ngerasa kemampuan Bahasa Inggrisnya masih lemot, ngerasa paling takut sama yang namanya bacaan Bahasa Inggris, atau mungkin gak pede menghadapi ujian Bahasa Inggris... gua saranin banget baca artikel ini sampai beres! 🙂 Okay sebelum gue masuk ke tips belajar SBMPTN Bahasa Inggris, gue sedikit mau … Baca Selengkapnya
Tips Menghadapi Soal SBMPTN Matematika

Tips Menghadapi Soal SBMPTN Matematika

SBMPTN sebentar lagi, tapi masih banyak nih anak kelas 12 yang belajarnya cuma ngikutin materi di sekolah aja. Padahal materi kelas 12 itu cuma sebagian kecil dari soal-soal yang muncul di SBMPTN. Kalau cara belajar lo masih kayak begitu, nanti pas deket-deket SBMPTN nyesel deh karena baru sadar kalau ternyata materi SBMPTN itu lebih banyak menguji bahan-bahan kelas 10 dan kelas 11, bahkan ada yang bahannya dari pelajaran SMP loh. … Baca Selengkapnya
Pembahasan Soal Ujian Nasional / UN SMK

Pembahasan Soal Ujian Nasional / UN SMK

Misi utama Zenius sebagai lembaga pendidikan adalah menyediakan great learning experience untuk pelajar Indonesia dengan menekankan pada pemikiran kritis dan pengetahuan ilmiah. Sejak resmi berdiri pada 2007, Zenius bekerja keras membantu ribuan pelajar Indonesia mengembangkan potensi dirinya, terutama di bidang akademik. Hal ini terlihat dari banyaknya testimoni yang kami terima dari para pembelajar Zenius yang berhasil mencapai target akademiknya, khususnya anak SMA. Namun, dari banyaknya testimoni positif yang kami terima, kami … Baca Selengkapnya
Panduan Belajar UN SMA Matematika IPA 2016

Panduan Belajar UN SMA Matematika IPA 2016

Penerapan kurikulum 2013 sudah memasuki tahun ke tiga. Itu artinya siswa-siswa yang dulu masih kelas 10 ketika kurikulum 2013 ini pertama kali diterapkan, sekarang sudah kelas 12, dan bersiap-siap untuk mengikuti Ujian Nasional di penghujung tahun ajaran. Meskipun begitu, kurikulum 2013 ini tidak diterapkan di seluruh sekolah. Sekitar 90% sekolah di Indonesia masih menerapkan kurikulum lama, KTSP. Dualisme kurikulum ini membuat banyak siswa kelas 12, baik yang KTSP maupun yang K13, … Baca Selengkapnya
Pembahasan soal Ujian Nasional 2015

Pembahasan soal Ujian Nasional 2015

Halo guys, artikel kali ini gua buat khusus untuk lo semua yang akan menghadapi Ujian Nasional / UN tahun 2016. Mungkin sebagian dari lo (terutama yang kelas 6 SD dan 9 SMP) ngerasa kalo sekarang ini terlalu cepet untuk mikirin UN. Yah, mungkin emang agak sedikit kecepetan, tapi menurut gua ga ada salahnya lo coba mulai untuk sekedar ngintip dulu seperti apa sih tingkat kesulitan soal Ujian Nasional itu... Cara paling praktis … Baca Selengkapnya
Pembahasan soal SBMPTN 2015

Pembahasan soal SBMPTN 2015

Ujian SBMPTN 2015 memang telah berlalu beberapa bulan yang lalu. Namun sedikit banyak peristiwa itu masih meninggalkan "luka" yang mendalam bagi para korban. Bagaimana tidak, seleksi tertulis SBMPTN memang bak tragedi kemanusiaan bagi para siswa kelas 12 SMA/SMK sederajat dan para alumni dalam upaya bersaing untuk mendapatkan kursi di PTN impian mereka masing-masing. Bayangkan saja, dari 693.185 total peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2015, hanya 121.653 peserta yang dinyatakan lolos atau sekitar 17,55% yang bisa … Baca Selengkapnya
Kompilasi Artikel "Perjuangan Masuk Kampus"

Kompilasi Artikel "Perjuangan Masuk Kampus"

"Menulis adalah bekerja untuk keabadian", kata Pramoedya Ananta Toer. Apalagi jika tulisannya berisi kisah perjuangan diri dalam meraih sesuatu. Tulisan tersebut akan selalu menjadi pengingat akan tujuan besar dalam hidup dan untuk selalu menghargai apa yang telah kita miliki, menghargai diri sendiri, dan semua pihak yang telah banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Begitulah kira-kira salah satu latar belakang dipilihnya tema "Perjuangan Masuk Kampus" untuk kompetisi blog Zenius tahun ini. Selain … Baca Selengkapnya