UGM

SBMPTN Alumni

Gagal SBMPTN, sebaiknya mengulang atau nggak? Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum ngulang SBMPTN dijabarkan di artikel ini.

“Ngulang atau Nggak Ngulang?”

Biasanya kita bikin tulisan untuk lo yang masih akan ber-SBMPTN atau cerita tentang mereka-mereka yang udah lulus SBMPTN. Nah, kali ini gue mau nulis khusus buat mereka yang gagal SBMPTN di tahun pertama/kedua. Jadi, kalo lo adalah salah satu yang nggak tembus dan merasa gagal, terus bingung apakah mesti ngulang atau nggak, tulisan ini exactly what you need to read 🙂

Gue di sini nggak akan mencoba menghibur lo supaya keluar dari kegalauan lo, karena gimana pun hal itu berat dan gue akan berusaha sok tahu dengan cara ngasih kata-kata semangat yang sebenernya rada klise dan mungkin lo udah muak dengernya! Hehe… Gue percaya so far cuma waktu yang biasanya ngobatin (ini emang scientific fact kok). So, yang akan gue lakuin di sini adalah ngebantu lo supaya punya informasi, yang semoga berguna untuk ngebantu merencanakan what’s next.

Pertama-tama, gue coba jabarin beberapa alesan yang ngebuat anak-anak biasanya males ngulang:

  • Sayang buang-buang waktu 1 tahun lagi untuk nyoba, belom tentu juga tahun depan lulus
  • Males belajar lagi hal yang sama kayak tahun kemaren, kemaren aja udah muak 1 tahun masa mesti ngulang lagi
  • Dilarang ortu untuk ngulang, mereka bilang sayang waktunya, mending kuliah aja di swasta juga udah bagus kok
  • Malu sama temen-temen yang lain kalo ketawan belajar SBMPTN lagi, soalnya tahun kemaren lo udah cukup terkenal kalo belajar SBMPTN-nya termasuk serius
  • Jangan-jangan gue emang dodol jadi ngga pantes masuk PTN. Hmmmm...

Ngulang SBMPTN emang berat, gue pribadi emang nggak ngerasain beratnya, tapi gue punya ratusan murid yang gagal dan akhirnya ngulang di zenius. Jadi cerita, masalah, dan pengalaman mereka bisa ngebantu gue untuk ngerti bener-bener segala faktor penting dalam ngulang atau nggak-nya. Coba kita bahas:

Pertama, masalah “sayang nggak sih waktunya ngulang setahun…”.

Menurut gue pribadi, nope! sama sekali nggak sayang! setahun itu bener-bener nggak kerasa nantinya, karena sebenernya banyak orang yang butuh 5–10 tahun sampe akhirnya bisa dapet jalan hidup yang bener-bener dia pengen. Nah, 1 tahun itu mending dipake untuk kontemplasi dan belajar lagi tapi ujung-ujungnya (semoga) diterima di tempat yang lo pengen dibanding sekarang kuliah di tempat yang bukan bener-bener pilihan lo. Bahkan banyak yang udah diterima PTN, eh dalam beberapa tahun pindah kuliah ke tempat lain, atau bahkan ada juga orang-orang yang seumur hidup nggak pernah bener-bener tahu sebenernya mereka mau jalan hidup kayak apa sih. Gimana tuh?

Top universities di Amerika kayak Harvard and Princeton bahkan nyaranin nganggur setahun sebelum mulai kuliah, karena berdasarkan pengalaman mereka, yang nganggur setahun ternyata prestasinya lebih oke, karena 1 tahun bisa ngebantu anak-anak ini untuk belajar jauh lebih banyak, travelling, baca/ nonton macem-macem sesuai yang mereka mau (kalo kuliah/ sekolah biasanya kan bacaannya udah ditentuin). Intinya kalo menurut mereka, dan menurut gue juga, 1 tahun itu kesempatan lo investasi bisa belajar hal yang jauh lebih penting dari apa yang diajarin di sekolah/ kuliah sambil nyiapin buat SBMPTN. Buat lo yang belom baca tulisan gue yang The Virtue of Liberating Education, silakan baca dulu di blog ini juga.

Kedua, soal males belajar hal yang sama lagi,

Sebenernya masalah ini nggak begitu banyak, yang banyak ternyata merasa pengen belajar lagi karena masih seru belajar SBMPTN-nya hehe. Oke, kalo lo belajar hal yang lain-lain seperti gue bilang di atas, semoga lo akhirnya justru dapet pencerahan yang seru, yang malah ngebuat lo melihat pelajaran di SBMPTN dari kacamata yang baru, yang bikin ini semua jadi seru.

Ketiga, dilarang ortu.

Waduh kalo ini sih kita nggak bisa bantu banyak, tapi mungkin kalo ortu lo baca tulisan ini siapa tahu pikirannya jadi berubah.

Keempat, malu sama temen-temen

well…boys/ girls, hidup lo gimana pun punya lo, jangan sampe pendapat mereka nentuin jalan hidup lo sendiri, siapa tahu setelah 2/3 tahun juga nggak jadi temen lagi J. Tapi sebenernya banyak yang lulus SBMPTN dan posisi mereka sebagai temennya si yang gagal justru ngerasa pengen bantu juga temennya yg nggak lulus, mereka pengen nyemangatin. Beneran deh menurut mereka yg lulus dan punya temen nggak lulus ngomongnya kira-kira, “Sama sekali ngga nganggep rendah sahabat gue, paling dia lagi sial doang atau emang panik pas ujian”. Kalo ternyata emang temen lo bikin lo ngerasa malu, probably they’re not really the friends you want to hang-out with for the rest of your life anyway.

Kelima, ngerasa bahwa kita emang nggak sanggup sampe kapan juga untuk lulus PTN.

Beeuhh…ini nih yang bahaya banget, jangan sampe banget deh, gagal dan bikin confidence lo jadi ancur. Banyak yang udah bilang bahwa gagal dalam hidup tuh penting, supaya kita bisa belajar dari kegagalan, dan akhirnya (with the right attitude) be a better/wiser person. Kegagalan yang bener-bener berasa gagal gue tuh yang pertama kali gue rasain sekitar umur 21, dari situ gue ngerasa gue tumbuh jauh banget, kalo lo gagal earlier in life, mungkin banget justru lo lebih cepet tumbuh dibanding mereka-mereka yg belom pernah gagal.

Satu lagi nih soal kecerdasan, mungkin lo bisa baca dulu artikel Deliberate Practice yang udah pernah gue tulis sebelumnya, dan gue ulang lagi di sini, Kecerdasan itu bisa ditingkatin banget, karena IQ tuh bisa ningkat, banyak researches udah buktiin ini, masalahnya banyak yang belom tau caranya, nah siapa tau lo emang belom tau aja cara ningkatin kecerdasan (untuk bagian ini nanti bakal gue bahas khusus) atau belom tau namanya belajar yang bener atau belajar yang efektif.

Oiya, lo gagal SBMPTN bisa aja score SBMPTN elo 50% tapi passing grade 55%, kalo cuma 5% mah bisa banget dikejar dalam satu tahun, iya nggak sih? :p

Nah sekarang, bagian solusi praktisnya, sejujurnya zenius.net tuh bisa banget dipake buat lo untuk ngulang kalo mau sambil kuliah juga, apalagi ada zeniusclub juga yang bisa lo gunain buat tempat diskusi sama tutor/siswa lainnya, jadi nggak ngerasa sendirian. Tahun ini, gue janji di zeniusclub bakal gue masukin diskusi-diskusi seru supaya lo nggak cuma belajar SBMPTN doang, tapi hal-hal lain yang insightful yang sering gue sebut di artikel Three kinds of knowledge.

Sejujurnya, gue berharap lo mau untuk ngulang khusus tanpa kuliah, dan kita sangat welcome kalo lo mau belajar langsung di zenius. Bukannya promosi atau apa, tapi serius deh, pengalaman kita ngajar alumni tuh biasanya paling seru, karena bisa belajar buanyak banget hal.

If I may, gue mau jabarin dikit tentang program alumni di zenius…

Menurut zenius, ilmu itu kan ada tiga domain utama seperti gue jabarin di Three kinds of knowledge. Nah, biasanya di sekolah/ kuliah di indonesia itu, bagian fundamental skills sama insightful knowledge-nya kurang banget. Program 1 tahun di zenius itu, ditujukan untuk lo justru nguasain fundamental skills dan dapet banyak insightful knowledge. Dengan fundamental skills yang lebih oke, diharapkan pola pikir elo jadi gokil dan justru jadi lebih gampang untuk belajar SBMPTN.

Banyak yang ngerasa kalo ngulang takut ketinggalan sama mereka-mereka yang belajar di kuliah. Kalo soal ini, kita bisa guarantee justru lo bakal lebih oke dibanding mayoritas mereka yang langsung kuliah, karena tutor-tutor disini kan alumni ITB/ UI/ UNPAD, jadi tahu kayak apa sih yang didapet di tingkat satu. Kalo nggak percaya, nanti bisa tanya langsung alumni-alumni yang ngerasain belajar di program alumni zenius.

Menurut kita, belajar hal-hal lain selain SBMPTN tuh penting banget, inilah kesempatan lo untuk benerin fundamental thinking skills, dapet insights tentang banyak pengetahuan baru, significantly improve your english skills, selain belajar math & science (termasuk social sciences) dengan konsep dan paradigma yang bener, karena sebenernya kalo udah kuliah atau kerja nanti, hampir nggak ada waktu banyak untuk hal ini semua.

In short tujuan zenius dengan program alumni tuh kira-kira begini:

  • Make sure bahwa lo belajar fundamental skills (thinking skills, basic mathematics, and basic scientific thinking) dengan mantep sebagai dasar yang lebih pasti untuk lulus SBMPTN
  • Make sure your english skills drastically improving, because english is the window to world-class knowledge
  • Make sure pembelajaran SBMPTN didasari pada penguasaan konsep yang mantep, Deliberate Practice yang efektif dan membangun creative problem solving (sejujurnya bagian ini lo bakal capek banget sih, karena kita juga akan ngasih buanyak tugas, tapi semua itu supaya kemungkinan lo lulus lebih tinggi)
  • Make sure bahwa lo ter-exposed sama important insights supaya berasa bahwa lo dapet jauh lebih banyak dibanding yang didapetin di kuliah tingkat satu. Bagian ini sih udah terbukti seru lah, banyak yang ngakuin bahwa ini keunggulan utama zenius, yang mereka bener-bener ngerasa berguna dan nggak nyangka bakal dapet hal kayak gini hehe. Intinya di bagian ini lo akan bisa ngeliat dunia dengan kacamata baru yang berlandaskan solid thinking platform and scientific knowledge.

OK, kira-kira kayak gitu menurut zenius soal ngulang apa nggak di SBMPTN. Kalo mau ngulang, lo bisa coba belajar di zenius.net.

 Sabda PS (@sabdaps)

Founder & Teacher of zenius education 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut dengan Sabda terkait strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat lo yang lagi kebingungan belajar persiapan SBMPTN, zenius sangat menyarankan lo untuk baca beberapa artikel di bawah ini:

Bagikan Artikel Ini!