Silsilah dan Peninggalan Kerajaan Kutai – Materi Sejarah Kelas 10

silsilah peninggalan kerajaan kutai

Hai, guys! Kalian semua pasti tahu kan, tentang Kerajaan Kutai? Yap, siapa sih, yang tidak kenal dengan kerajaan bercorak Hindu ini? Sebagai salah satu kerajaan tertua di Nusantara, tak heran banyak yang ingin tahu mengenai silsilah dan peninggalan Kerajaan Kutai. 

Salah satu peninggalan Kerajaan Kutai yang populer adalah Prasasti Yupa yang berisi silsilah kerajaan Kutai. Lantas, siapa saja ya, yang termasuk kedalam anggota kerajaan? Yuk, kita cari tahu bersama.

Peninggalan Kerajaan Kutai 

prasasti yupa peninggalan kerajaan kutai
Prasasti Yupa (Dok. cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Prasasti Yupa merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kutai yang didalamnya berisi fakta mengenai silsilah Kerajaan Kutai. Prasasti ini ditulis dalam bentuk puisi anustub dan diperkirakan sudah berusia 400 Masehi. Sayangnya, dari tujuh buah Prasasti Yupa hanya sebagian saja yang berhasil diterjemahkan. 

1. Prasasti Yupa Muarakaman I 

Prasasti Yupa Muarakaman I tertulis dalam 12 baris pahatan yang menceritakan tentang silsilah Kerajaan Kutai. Prasasti yang diperkirakan dibuat pada abad ke-4 ini menyebutkan bahwa Raja Mulawarman merupakan anak dari Aswawarman dan merupakan cucu dari Kudungga. Isi Prasasti tersebut yakni sebagai berikut: 

Srimatah srinarendrasya,

Kundunggasya mahatmanah,

Putro svavarmmo vikhyatah,

Vansakartta yathangsuman,

Tasya putra mahatmanah,

Trayas traya ivagnayah,

Tesan trayanam pravarah,

Tapo bala damanvitah,

Sri mulavarmma rajendro,

Yastva bahusuvarnnakam,

Tasya yajñasya yupo ‘yam,

Dvijendrais samprakalpitah.

Artinya: 

Sang Maharaja Kudungga, yang amat mulia, mempunyai putra yang mashur, Sang Aswawarman namanya, yang seperti Sang Ansuman (dewa Matahari) menumbuhkan keluarga yang sangat mulia. Sang Aswawarman mempunyai putra tiga, seperti api (yang suci) tiga. Yang terkemuka dari ketiga putra itu ialah Sang Mulawarman, Raja yang berperadaban baik, kuat dan kuasa. Sang Mulawarman telah mengadakan kenduri (selamatan yang dinamakan) emas amat banyak. Buat peringatan kenduri (selamatan) itulah tugu batu ini didirikan oleh para brahmana.

Kerajaan Kutai termasuk dalam materi Kerajaan Hindu Buddha. Kamu bisa pelajari sejarah kerajaan lainnya di sini: Daftar Kerajaan Maritim Hindu Buddha di Indonesia.

2. Prasasti Yupa Muarakaman II

replika prasasti yupa zenius education
Replika Prasasti Yupa di Museum Purbakala Muara Kaman (Dok. commons.wikimedia.org)

Jika Prasasti Yupa Muarakaman I terdiri dari 12 baris, maka berbeda dengan Prasasti Yupa Muarakaman II yang hanya terdiri dari 8 baris tulisan nih, guys! Prasasti ini menceritakan tentang Raja Mulawarman yang menyumbangkan 20.000 ekor sapi kepada para kaum Brahmana. Isi prasasti tersebut yakni sebagai berikut: 

Srimato nrpamukhyasya

Rajñah sri mulavarmmanah

Danam punyatame ksetre

Yad dattam vaprakesvare

Dvijatibhyo ‘gnikalpebhyah

Vinsatir ggosahasrikam

Tasya punyasya yupo ‘yam

Krto viprair=ihagataih

Artinya:

Dengarkanlah oleh kamu sekalian, Brahmana yang terkemuka, dan sekalian orang baik lain-lainnya, tentang kebaikan budi Sang Mulawarman, Raja besar yang sangat mulia. Kebaikan budi ini ialah berwujud sedekah banyak sekali, seolah-olah sedekah kehidupan atau semata-mata pohon kalpa (yang memberi segala keinginan), dengan sedekah tanah (yang dihadiahkan). Berhubung dengan kebaikan itulah maka tugu ini didirikan oleh para Brahmana (buat peringatan)

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

3. Prasasti Yupa Muarakaman III

Prasasti Yupa Muarakaman III menceritakan tentang kebaikan budi dan kebesaran Raja Mulawarman. Isi Prasasti tersebut yakni sebagai berikut: 

sri-mulavarmmano rajnah yad dattan tilla-parvvatam sadipa-malaya sarddham yupo, yam likhitas tayoh.

Artinya: 

Tugu ini ditulis buat (peringatan) dua (perkara) yang telah disedekahkan oleh Raja Mulawarman, yakni segunung minyak (kental), dengan lampu serta malai bunga.

4. Prasasti Yupa Muarakaman IV

Selanjutnya ada Prasasti Yupa Muarakaman IV yang terdiri dari 11 baris tulisan, nih, Sobat! Sayangnya, hurufnya sudah tidak terbaca lagi dikarenakan telah aus. 

5. Prasasti Yupa Muarakaman V

yupa peninggalan kerajaan kutai
Prasasti Yupa (Dok. commons.wikimedia.org)

Prasasti Yupa Muarakaman V terdiri dari 4 baris tulisan yang berisi tentang peringatan sedekah yang telah diberikan oleh Raja Mulawarman. Isi Prasasti tersebut yakni sebagai berikut: 

Sri mulavarmmana rajña

Yad=dattan=tilaparvvatam

Sadipa malaya sarddham

Yupo yam likhitas=tayoh

6. Prasasti Yupa Muarakaman VI

Selanjutnya, Prasasti Yupa Muarakaman VI terdiri dari 8 baris tulisan. Prasasti ini menceritakan tentang Raja Mulawarman yang memberikan persembahan kepada para kaum Brahmana berupa air, keju, minyak wijen, dan sapi. Isi Prasasti tersebut yakni sebagai berikut: 

Jayaty=atiba[lah]

Sriman=sri mulavarmma nr[pah]

Yasya likhitani

Danany=asmin=mahati [sthale]

Jaladhenung ghrtadhe[num]

Kapiladanan=tath=aiva ti[ladanam]

Vrsabh=aikadasam=api yo

Datva vipresu rajendra[h]

7. Prasasti Yupa Muarakaman VII

Prasasti Yupa Muarakaman VII ini terdiri dari 8 baris tulisan yang menceritakan tentang puncak kejayaan Kutai pada periode Raja Mulawarman yang telah mengalahkan raja-raja saat itu. Isi Prasasti tersebut yakni sebagai berikut: 

Sri mulavarmma rajendra[h] sama[re]jitya partthi[van]

Karadam nrpatimsa cakre yatha raja yudhistirah

Catvarimsat=sahasrani sa dadu vaprakesvare

Ba……..trimsat=saharani punar=ddadau

………sa punar=jivadanam prithagvidham

Akasadipam dharmmatma partthivendra[h] svake pure

….. ….. ….. ….. ….. ….. ….. mahatmana

Yupo yam sth[apito] viprair=nnana….ih=a[gataih]

Belajar sejarah di video materi Zenius

Contoh Soal Peninggalan Kerajaan Kutai 

  1. Keberadaan Kerajaan Kutai diketahui berdasarkan sumber berita yang ditemukan yaitu berupa prasasti yang terbentuk …

A. Yupa/tiang batu berjumlah 7 buah

B. Punden berundak-undak

C. Artefak

D. Waruga

E. Neraca

Jawaban: A. Yupa/tiang batu berjumlah 7 buah


Materi Video Kerajaan Kutai

Kamu pernah ngebayangin nggak, gimana caranya jadi Raja Kudungga yang mendirikan kerajaan besar seperti Kutai? Apa sih yang bisa membuat orang terdahulu menjadi raja? Nah, yang udah berlangganan paket belajar Zenius, simak selengkapnya yuk di video pembahasan Zenius!


Nah, jadi itu dia guys isi Prasasti Yupa yang membahas mengenai silsilah Kerajaan Kutai. Dapat disimpulkan bahwa Kudungga memiliki seorang anak yang bernama Aswawarman dan anak dari Aswawarman ialah Mulawarman.

Selama ini banyak orang salah paham mengenai Kudungga yang dianggap sebagai Raja pertama Kutai. Padahal, ia bukan Raja pertama lho, melainkan hanya sebagai kepala suku. 

Dari Prasasti tersebut kita jadi tahu bahwa pendiri Kerajaan kutai adalah Aswawarman yang juga merupakan Raja pertama Kerajaan Kutai. Sementara itu, Raja yang paling terkenalnya yaitu Mulawarman. 

Oh iya, sebagai informasi tambahan ternyata di Kutai yang menganut agama Hindu hanya kalangan Raja saja lho, sedangkan masyarakatnya masih menganut agama nenek moyang.

Oke deh, segitu dulu pembahasan kita hari ini. Menarik dan seru banget kan, guys, pembahasan tentang peninggalan Kerajaan Kutai ini? Btw, kalau masih penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai Kerajaan Kutai, kalian bisa kunjungi aplikasi Zenius, ya!

Di sana, gak hanya membahas sejarah saja lho, melainkan juga membahas mengenai mata pelajaran lainnya seperti Bahasa Inggris, Matematika, dan lain sebagainya. Maka dari itu, yuk, buat akun Zenius kalian sekarang

Bagikan Artikel Ini!