Rumus Fungsi

Rumus Fungsi Linear (Contoh dan Pembahasan)

Artikel ini membahas tentang rumus fungsi linear disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Hai temen-temen, balik lagi untuk belajar matematika nih? Hari ini kita bakalan ngebahas tentang rumus fungsi linear! Sebelumnya mungkin temen-temen udah pernah belajarin persamaan linear, jadi tenang aja pasti langsung masuk deh materinya. Jadi kalem aja guys, yang penting dibaca dan disimak sampai habis ya artikelnya! 

Pengertian Fungsi

Oke gua tau pasti udah ga sabar buat belajarin rumus fungsi linear, tapi katanya kalau ga kenal ga sayang.. Jadi biar makin sayang, gua kenalin ulang yaa siapa sih si fungsi ini. Definisi dari fungsi adalah relasi yang memasangkan setiap anggota di himpunan A tepat ke satu anggota himpunan B. Diinget tuh, semua anggota himpunan A harus ada pasangan di himpunan B. Kalau himpunan B jomblo mah ga masalah, yang penting anggota himpunan A harus ada pasangan ya!

Rumus Fungsi Linear

Bisa dilihat ya dari gambar di atas gimana contoh dari fungsi. Eh btw dari tadi gua ngomongin himpunan masih pada inget kan? Kalau temen-temen udah lupa gapapa juga sih, santai ajaa. Kalian bisa baca dan belajarin ulang himpunan di artikel berikut yang ngebahas tentang himpunan sampai sembuh amnesia lu!

Fungsi Linear 

Jadi apa sih fungsi linear itu? Secara gampangnya aja, fungsi linear itu adalah suatu fungsi yang membentuk grafik garis lurus. Nah fungsi linear adalah fungsi yang pangkat tertinggi variabelnya sama dengan satu. Untuk memudahkan, nih ada contoh gambar dari fungsi linear!

Rumus Fungsi
Dok: Wikipedia

Mau tau yang menarik ga? Menurut Penerapan Fungsi Linear yang diterbitkan oleh Universitas Komputer Indonesia, “Fungsi linear adalah suatu fungsi yang sangat sering digunakan oleh para ahli ekonomi dan bisnis dalam menganalisa dan memecahkan masalah-masalah ekonomi.” Berguna banget ga sih? Ayok dah para calon-calon ekonom bangsa, kita lanjut pelajarin rumus fungsi linear!

Rumus Fungsi Linear

Oke kita sekarang masuk ke bagian rumus fungsi linear. Perhatiin baik-baik ya, rumus berikut ini! Disertai contoh kok biar kalian gampang pahaminnya!

Rumus Fungsi

Pertama-tama gua mau kasih tau kalau a dan b itu adalah  konstanta, sementara x adalah variabel. Dari contoh itu kelihatan kalau a itu dapetnya dari angka yang dikali dengan x, sementara b angka yang menemaninya dalam penjumlahan atau pengurangan. Gua bakalan kasih contoh yang disertain grafiknya nih guys, coba disimak ya!

Rumus Fungsi Linear (Contoh dan Pembahasan) 9Pada contoh di atas, kita membatasi domain fungsinya x dari -2 hingga 2. Fungsi yang didapetin itu adalah hasil perkalian rumus fungsi dengan variabel x yang tersedia dari domain tadi. Di sampingnya ada gambar grafik fungsi linear biar kalian kebayang aja fungsi linear dalam bentuk grafik.

Contoh Soal dan Pembahasan

Oke sekarang saatnya kita tes kemampuan fungsi linear temen-temen melalui soal dan pembahasan, good luck untuk temen-temen yang mau nyoba kerjain dulu sebelum cek pembahasan!

Contoh Soal 1

Sebuah taksi menetapkan tarif awal sebesar Rp10.000 dan diteruskan dengan tarif selanjutnya sebesar Rp5000 per km. Anton menyewa taksi tersebut dan menempuh perjalanan sejauh 10 km. Biaya yang perlu Anton keluarkan untuk membayar taksi adalah…

Pembahasan:

Misalkan:

Tarif taksi = f(x)

Tarif per km = x

Maka:

f(x) = 5.000x + 10.000

f(10) = 10 . 5.000 + 10.000

f(10) = 50.000 + 10.000

f(10) = 60.000

Jadi biaya yang Anton perlu keluarkan untuk membayar taksi adalah Rp60.000

Contoh Soal 2

Jika suatu fungsi linear adalah f(x) = 4x + b. Tentukan bentuk fungsi tersebut jika diketahui f(6) = 8

Pembahasan:

f(x) = 4x + b

f(6) = 4.6 + b = 8

8 = 4.6 + b

b = 8 – 24 

b = -16

f(x) = 4x – 16

Kurang lebih begitu sih temen-temen. Kalau ada pertanyaan, masih bingung atau mau diskusi lebih lanjut, kabarin aja ya lewat kolom komentar! Jangan lupa juga buat cek materi-materi berikut untuk mempelajari lebih lanjut pelajaran matematika yang masih berhubungan dengan fungsi linear, kan lumayan belajar buat ngisi waktu luang.

Fungsi Linear – Persamaan Garis

Jenis-Jenis Fungs

Relasi dan Fungsi 

Bagikan Artikel Ini!