Review Encanto Disney: Pelajaran Hidup Menarik dari Keluarga Madrigal

encanto disney

“Welcome to the Family Madrigal …”.

“The home of the Family Madrigal ….”

Sudah hampir sebulan lebih gue nonton film Encanto (2021) dari Disney dan setiap lagu yang mereka punya di filmnya rasanya kayak nggak bisa keluar dari kepala gue, alias masih nge-stuck!

Film Encanto dari Disney ini langsung jadi biggest hit setelah rilis di bulan November 2021 lalu. Nggak lama setelah itu, film ini bisa dinikmati para penggemar Disney di aplikasi streaming Disney Plus (Disney+) mulai bulan Desember 2021.

Apa, sih, yang bikin film ini menarik?

Gue juga awalnya bertanya-tanya, karena gue kira film ini nggak jauh beda sama film Disney lainnya. Tapi ternyata, pengemasan plot dan penampilan setiap karakternya benar-benar fresh banget!

Bahkan, gue ngerasa semua karakter di film ini punya penampilan dan karakter yang unik, jadi bisa menonjol sendiri tanpa tertutup sama karakter lain.

Duh, gue semakin nggak sabar mau kasih review tentang film ini. Jadi, langsung aja, yuk!

Baca Juga: Kenapa Polar Night Bisa Terjadi di Beberapa Wilayah, ya?

Review Film Encanto Disney

Film Encanto Disney memberikan warna baru dengan budaya dan latar belakang Colombia, negara di Amerika Latin, yang menakjubkan. Apalagi kehadiran masing-masing karakternya yang sangat beragam dari segi visual, ini yang bikin gue semakin tenggelam sama ceritanya.

Pengenalan karakter yang unik dilakukan sama Disney buat film ini, yaitu lewat lagu “The Family Madrigal” (2021). Lagu ini dinyanyikan sama Mirabel, karakter protagonis utama di Encanto.

Selama menonton filmnya, elo bakal disuguhin sama dunia magis yang memang jadi latar utama keluarga Madrigal. Masing-masing orang di keluarga ini punya kemampuan magis, kecuali Mirabel.

Rasa kasihan gue mulai tumbuh, nih, pas sampai ke adegan kalau Mirabel satu-satunya anggota keluarga Madrigal yang nggak punya kekuatan apa-apa. Rasanya pasti sedih banget hidup di antara keluarganya yang ajaib itu.

Meskipun keluarga Madrigal ini punya kekuatan magis, ternyata mereka nggak sombong. Justru, keluarga ini ramah banget dan selalu membantu masyarakat yang juga tinggal di Colombia bareng mereka.

Ini juga yang bikin karakter utama kita, Mirabel, ngerasa semakin tertinggal. Apalagi dia punya dua kakak perempuan, Isabela yang dijuluki The Perfect Golden Child karena penampilannya yang terlalu sempurna dengan kemampuan bisa bikin bunga-bunga bermekaran.

Lalu ada Luisa yang dijuluki The Super Strong karena kekuatannya yang super kuat, bahkan bisa mindahin jembatan dengan gampang. Kira-kira, kekuatannya si Luisa ini mirip sama Hulk, deh.

Nah, di sini gue mulai merasa relate sama Mirabel. Menjadi beda memang terkadang bikin gue insecure juga sama apa yang gue punya, karena selalu ngerasa orang lain lebih baik daripada gue.

Mirabel juga menunjukkan hal itu berkali-kali di film ini. Sampai akhirnya dia nemuin fakta kalau kedua kakaknya ternyata punya kecemasan karena kemampuan mereka. Isabela selalu usaha buat keliatan sempurna, padahal itu bukan jati dirinya. Sedangkan Luisa takut kalau dia nggak akan berguna kalau nggak bisa bantu orang lain.

Review Encanto Disney: Pelajaran Hidup Menarik dari Keluarga Madrigal 17
Ilustrasi Review Disney Encanto. (Arsip Zenius, dok. IMDb)

Alur ceritanya menarik banget, karena di sini diperlihatkan walaupun keluarga Madrigal punya kekuatan magis, satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan mereka dari kehancuran justru adalah Mirabel, si The Ordinary One.

Soundtrack yang ada di film Encanto Disney juga bisa bikin gue semakin betah nontonnya. Apalagi lagu “We Don’t Talk About Bruno” (2021) yang sempat jadi trending nomor satu di YouTube.

Menurut gue, film Encanto Disney layak buat dikasih skor 9/10 karena dari segi cerita, visual, karakter, hingga soundtrack-nya, semuanya dikemas dengan rapi dan cantik! Cocok banget buat dinikmati bareng keluarga di rumah.

Baca Juga: Fenomena Gundam sampai Jadi Budaya Jepang

Pelajaran Hidup Menarik dari Keluarga Madrigal

Karena Encanto Disney banyak memperlihatkan pengembangan diri atau self-development. Jadi ada beberapa pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari kisah keluarga Madrigal.

Apa aja, tuh? Baca sampai habis, ya!

Kerendahan Hati

Kerendahan hati bisa dilihat pas Mirabel menyanyikan “The Family Madrigal” buat memperkenalkan keluarganya. Di adegan tersebut, Mirabel nggak mengenalkan dirinya sama sekali, lho.

Ya, terlepas dari dia memang satu-satunya yang nggak punya kekuatan magis, dia tetap memperkenalkan dan memuji anggota keluarganya yang ajaib itu.

Elo juga bisa ngeliat kerendahan hati ketika Luisa, karakter yang digambarkan kuat banget, ngerasa cemas sama kemampuannya ini kayak di lagu “Surface Pressure” (2021). Dia takut ketika dia nggak bisa membantu orang lain, dia jadi nggak berguna.

Di sini Mirabel coba buat mengerti kakaknya itu dan memberikan kerendahan hati dia buat nyemangatin Luisa, bukan malah menghakiminya karena kecemasan tersebut.

Review Encanto Disney: Pelajaran Hidup Menarik dari Keluarga Madrigal 18
Ilustrasi Karakter Encanto (Arsip Zenius, dok. Berbagai Sumber)

Memiliki tekad yang kuat

Nah, plot utama dari film ini selain keluarga, juga menunjukkan bagaimana Mirabel punya tekad yang kuat buat menyelamatkan kekuatan ajaib milik keluarganya.

Selain itu, tekad yang kuat juga ditunjukkan dari penggambaran Isabela yang harus selalu sempurna. Dalam lagunya “What Else Can I Do” (2021), Isabela bertekad untuk menemukan jati dirinya tanpa terpaku sama gimana orang lain memandang dirinya.

Akhirnya dengan tekad yang kuat tersebut, Isabela berhasil jadi dirinya sendiri dan menunjukkan ke keluarganya kalau nggak ada sesuatu yang sempurna, yang ada hanya keinginan kuat buat menjadi lebih baik.

Saling memaafkan, mengerti, dan menyayangi

Yang terakhir adalah pelajaran untuk saling memaafkan, mengerti, dan saling menyayangi. Ini ditunjukkan di adegan Bruno yang memaafkan Abuela, nenek Mirabel, karena telah mengusirnya.

Tetapi, seseorang baru bisa memaafkan setelah mengerti keadaan orang lain. Makanya film ini mengajarkan kita untuk bisa memahami keadaan orang dulu, alih-alih langsung menghakiminya.

Mirabel juga mengerti keadaan keluarganya yang ternyata lebih mudah retak dibanding dirinya, karena ketergantungan mereka dengan kekuatan magis yang ada. Makanya, Mirabel menunjukkan rasa kasih sayangnya dan memaafkan mereka yang pernah merendahkannya.

Itulah tadi beberapa pelajaran hidup menarik yang bisa kita pelajari dari film Encanto Disney. Buat gue, pelajaran yang paling berharga dari film ini yaitu perbedaan bukan alasan buat menyerah.

Menjadi yang berbeda dari yang lain nggak selalu buruk, lho. Justru kita bisa melengkapi orang lain dengan perbedaan yang kita punya itu. Kayak Mirabel yang melengkapi dan dilengkapi oleh keluarganya. Mereka jadi lebih kuat setelah bisa menerima perbedaan tersebut.

Buat Sobat Zenius yang belum nonton Encanto Disney, yuk habiskan akhir pekan buat nonton film ini! Happy weekend!

Referensi

Encanto (2021) – Full Cast & Crew – IMDb

Here are four themes in Disney’s “Encanto” that make it the perfect mid-pandemic release – Disney Dining

Sumber Gambar: Devian Art, Movie Poster DB, IMDb, Digital Trends.

Bagikan Artikel Ini!