Indonesia sebagai poros maritim dunia

Materi Geografi: Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia

Artikel ini membahas materi Geografi, yaitu potensi Indonesia sebagai poros maritim dunia, berdasarkan letak astronomis, geografis, luas wilayah, batas wilayah, serta karakteristik daratan dan juga perairan di Indonesia.

Diartikel sebelumnya kita udah pernah bahas mengenai dinamika planet bumi, dan juga hidrosfer, atau yang mungkin kalian juga sudah temui di geografi kelas 10, Nah materi mengenai Indonesia sebagai poros maritim dunia ini juga sebenarnya berhubungan erat sama kedua materi itu, terutama dengan hidrosfer. 

Dimana pada materi ini kita bakal ngebahas mengenai Indonesia dalam potensi kelautannya dimana dilansir dari Portal Informasi Indonesia hal ini dicanangkan kepada masyarakat internasional oleh Joko Widodo pada pertemuan East Asia Summit ke-9 di Nay Pyi Taw, Myanmar pada 13 November 2014 (tahun pertama Joko Widodo menjabat sebagai Presiden Indonesia) yaitu Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sangat berpotensi sebagai poros maritim dunia, hal ini dapat dilihat dari letak astronomis, geografis, luas wilayah, batas wilayah, serta karakteristik daratan dan juga perairan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya kita kana bahas itu semua satu-persatu dibawah ini. 

Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis ini digambarkan oleh garis khayal, alias tidak ada di dunia nyata, namun digambarkan oleh kartografer atau pembuat peta untuk memudahkan dalam mengetahui lokasi absolutnya, yaitu dengan mengetahui garis lintang dan garis bujurnya. 

Bagi kalian yang mungkin belum tau, Garis lintang adalah garis yang membagi dunia bagian utara dan selatan (horizontal), sedangkan garis bujur adalah  yang membagi dunia bagian barat dan timur (vertikal). Indonesia sendiri terletak 6° LU- 11° LS dan 95° BT – 141° BT.  Itulah kenapa kita sering banget nih denger kalo indonesia menganut budaya timur, sedangkan negara bagian eropa dan amerika merupakan budaya barat, karena letak astronomisnya ini. 

Dari letak astronomisnya ini, kita bisa tau bahwa daerah paling utara di Indonesia, adalah pulau We, Aceh yang terletak di 6° LU, sedangkan daerah paling selatan adalah pulau Rote, di NTT tepatnya di 11° LS. Untuk daerah paling barat Indonesia adalah pulau Benggala, Aceh terletak di 95° BT, dan bagian paling timur indonesia yaitu Merauke, Papua tepatnya di 141° BT.

Garis Lintang

Berdasarkan letak astronomisnya, kita dapat mengetahui bahwa sebagian besar Indonesia ada di bagian selatan, dan juga berada di bagian lintang rendah, itulah kenapa Indonesia menganut iklim tropis, dan memiliki rata-rata kelembaban dan curah hujan yang tinggi, sehingga kita memiliki keanekaragaman hayati yang cukup beragam.

Garis Bujur

Dampak dari adanya garis bujur yaitu Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu yang berbeda yaitu WIB atau Waktu Indonesia Barat yaitu GMT +7, WITa atau Waktu Indonesia Tengah yaitu GMT +8, dan WIT atau Waktu Indonesia Timur yaitu GMT +9. Namun hal ini sebenarnya tetap menjadi ketentuan yang ditentukan oleh pemerintahan itu sendiri, misalnya Singapura yang seharusnya berada di garis bujur GMT +7 namun karena untuk kepentingan bisnis dan berbagai hal, membuat singapura menggunakan zona waktu GMT +8.

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis atau sering disebut letak relatifnya, Indonesia sendiri memiliki letak geografis sebagai berikut

Utara: Benua Asia

Selatan: Benua Australia

Barat: Samudra Hindia

Timur: Samudra Pasifik

Indonesia dibilang sebagai negara dengan letak yang strategis, kenapa? Berikut dampak dari letak geografis Indonesia

  1. Dari segi fisik memiliki 2 musim, karena angin muson barat membawa musim kemarau, dan angin muson timur membawa uap air, atau membawa musim hujan.
  2. Dari segi ekonomi, dilewati jalur perdagangan Internasional, dimana dekat dengan singapura, tepatnya di selat malaka sebagai selat paling sibuk di dunia.
  3. Dari segi budaya, memiliki budaya yang beragam karena adanya akulturasi, atau percampuran budaya.
  4. Secara biologis, perbauran spesies flora dan fauna atau keanekaragaman hayati.

Luas Wilayah Indonesia

Indonesia sebagai poros maritim dunia
Sumber gambar: indonesia.go.id

Luas daratan Indonesia di ketahui 1.913.578,68Materi Geografi: Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia 17, dan Jumlah Pulau di Indonesia itu ada sebanyak 17.504 pulau. Sementara luas wilayah laut di Indonesia 6.653.341,439 Materi Geografi: Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia 17, yang artinya proporsi daerah daratan : lautan di indonesia berkisar 23,06 : 76,94. Itulah kenapa konteks sebagai negara maritim sangat cocok dengan Indonesia, karena Luas wilayah Indonesia sangat memadai untuk menjadi negara maritim.

Batas Wilayah Indonesia

Indonesia sendiri dibatasi oleh berbagai negara dan juga lautan, berikut batas-batas wilayah indonesia

Batas darat: Indonesia berbatasan dgn 3 negara yaitu Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Batas laut: Indonesia berbatasan dengan 10 negara yaitu India, Thailand, Malaysia, Singapura, vietnam, Filipia, Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Sementara untuk perbatasan di bagian utara, daratan Indonesia Berbatasan dengan Malaysia dan bagian perairan kita berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan filipina. 

Perbatasan di bagian selatan, bagian daratan kita berbatasan dengan timor leste, dan bagian perairan kita berbatasan dengan perairan australia dan samudra hindia.

Perbatasan bagian barat, Indonesia hanya berbatasan dengan perairan yaitu samudra hindia dan laut andaman, sedangkan perbatasan bagian timur, daratan kita berbatasan sama papua nugini, dan perairan kita berbatasan dengan samudra pasifik.

Karakteristik Wilayah Daratan Indonesia

Wilayah daratan Indonesia dibagi menjadi 3 (tiga) wilayah, yaitu wilayah dataran tinggi, wilayah dataran rendah dan wilayah gunung dan bukit.

Wilayah Dataran Tinggi

Lebih dari 400 m di atas permukaan laut (DPL), sehingga lebih sejuk dan cocok untuk perkebunan.

Wilayah Dataran Rendah

Datarannya lebih datar, topografinya tidak terlalu miring < 100 m dpl, sehingga cocok untuk kegiatan perdagangan, industri, dan peternakan. Biasanya sebagian besar penduduk di Indonesia tinggal di dataran rendah. 

Bukit dan Gunung

Tahukan kalian kalau negara kita Indonesia berada pada wilayah cincin api atau ring of fire,

Dimana Indonesia berada pada pertemuan 2 sirkum api yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik.

Oleh karena itu Indonesia memiliki banyak bukit dan gunung, dimana Indonesia kurang lebih memiliki 500 gunung api dimana diantaranya ada 229 yang aktif dan dalam 400 tahun terakhir ada 70 gunung yang meletus.

Karakteristik Wilayah Perairan Indonesia

Saat ini kita memiliki hukum internasional yang mengatur batas-batas laut yang dinamakan UNCLOS atau United Nation Convention on the law of the Sea, yang merupakan hasil dari konvensi PBB pada tahun 1982 tentang hukum laut. 

Kemudian Indonesia melakukan ratifikasi dari hukum tersebut menjadi hukum nasional dalam Undang-undang (UU) No. 17 tahun 1985 kemudian di update menjadi UU No. 6 tahun tentang perairan indonesia yang mengatur pembagian perairan di Indonesia.

Sehingga secara hukum, perairan kita dibagi menjadi Laut Teritorial, zona tambahan, zona ekonomi eksklusif, sementara secara fisiografis perairan indonesia dibagi menjadi paparan sunda, paparan arafura-sahul, dan laut dalam indonesia bagian timur. 

5 Pilar Utama Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia

Dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Presiden Joko Widodo mencanangkan 5 pilar utama, yaitu:

  1. Pembangunan kembali budaya indonesia.
  2. Berkomitmen dalam menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.
  3.  Komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, pelabuhan laut, logistik, dan industri perkapalan, serta pariwisata maritim.
  4. Diplomasi maritim yang mengajak semua mitra indonesia untuk mengajak semua mitra indonesia untuk bekerja sama pada bidang kelautan.
  5. Membangun kekuatan pertahanan maritim.

Atau kalian bisa lihat dalam video dibawah ini 

Kurang lebih begitulah penjelasan mengenai potensi kelautan Indonesia untuk mencapai Indonesia sebagai poros maritim dunia, kalo kalian mau mendapat pembahasan dalam bentuk video singkat dan dijelaskan oleh tutor zenius yang kece, kalian bisa akses di materi Indonesia sebagai poros maritim dunia secara gratis, cuma perlu login loh! Sekian ya guys, semoga artikel ini membantu kalian, semangat belajar geografinya!

Baca juga Artikel Geografi Lainnya

Dinamika Hidrosfer

Dinamika Planet Bumi