Ilustrasi Alexander Graham Bell dan teknologi hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi dan Dampaknya – Materi Sejarah Kelas 12

Perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) menjadi hal yang patut kita syukuri saat ini. Pekerjaan kita menjadi lebih mudah dengan adanya perkembangan ini. Namun, pernahkah elo mengulik gimana sejarah perkembangan TIK? Simak uraiannya di sini, ya!

Halo, Sobat Zenius! Tahukah elo, bagaimana perkembangan teknologi informasi saat ini? Gua tanya yang ringan dulu, deh, elo baca tulisan ini lewat mana? Laptop, HP, atau tablet?

Teknologi yang elo gunakan saat ini, baik laptop, HP, atau tablet itu nggak ujug-ujug datang. Tentu ada perkembangannya. Gue ingat banget, zaman gue SD dulu, gue masih mengalami yang namanya wartel. Wartel merupakan singkatan dari warung telepon atau warung telekomunikasi.

Ilustrasi wartel sebagai contoh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Wartel atau warung telekomunikasi yang saat ini sudah punah. (dok.Wikimedia Commons)

Sekarang, coba elo cari wartel di daerah elo, ada nggak? Gue yakin udah nggak ada. Yap, wartel udah punah.

Dulu, HP masih menjadi barang mahal, guys. Jadi, yang nggak punya HP dan ingin menghubungi kerabat harus datang ke wartel. Semakin lama durasi ngobrolnya, maka semakin tinggi juga tarifnya. Jadi, teleponan tuh cuma yang penting-penting aja.

Nggak seperti sekarang, kita bisa ngobrol berjam-jam sama teman, bahkan ada yang teleponan sampai ketiduran! Bahkan, semenjak pandemi, ada perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) lagi berupa teleconference, yaitu komunikasi jarak jauh secara daring atau online.

Contoh di atas merupakan perkembangan teknologi informasi komunikasi di Indonesia. Hmm, ternyata perkembangan TIK itu pesat juga, ya? Eh, iya nggak, sih? Coba kita uraikan perkembangan teknologi informasi komunikasi di bawah ini, yuk!

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ketika berbicara mengenai perkembangan teknologi informasi komunikasi, kita nggak bisa jauh-jauh dari tokoh yang satu ini.

Foto Alexander Graham Bell
Ini dia Alexander Graham Bell. (dok. PxHere)

Yap, tokoh tersebut adalah Alexander Graham Bell.

Salah satu tonggak penting dalam perkembangan teknologi informasi komunikasi di dunia dimulai pada tahun 1875, ketika Alexander Graham Bell menjadi orang pertama yang mematenkan telepon yang dapat bekerja. Peristiwa ini merupakan momen yang penting, karena,dari telepon inilah kemudian muncul TKI-TKI yang lebih modern lainnya.

Setelah telepon, muncul penemuan radio pada tahun 1895 oleh Guglielmo Marconi asal Italia. Namun, elo jangan berpikir bahwa radio yang ditemukan oleh Guglielmo Marconi itu sama seperti radio yang elo kenal sekarang, ya. Di mana, radio yang sekarang itu ada penyiar dan pemutar musik.

Radio pertama menggunakan sinyal analog yang digunakan oleh para pelaut. Tujuannya untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode morse antara kapal yang sedang berlayar dan operatornya yang ada di daratan. Jadi, si operator bakal ngasih tahu kalau akan terjadi badai. Dengan begitu, awak kapal akan lebih berhati-hati dan bisa menyiapkan strategi untuk menghindarinya.

Nah, di masa Perang Dunia, kedua alat komunikasi tersebut menjadi penting untuk menggerakkan pasukan, berkoordinasi, menyampaikan pesan diplomatik, dan untuk memata-matai musuh.

Baca Juga: Guglielmo Marconi, Sosok di Balik Teknologi Komunikasi Nirkabel

Selanjutnya, ada penciptaan televisi pada tahun 1884 oleh Paul Gootlieb Nipkow asal Jerman. Namun, televisi tersebut baru dijual secara komersial untuk pertama kalinya pada tahun 1920-an. Lha, kenapa jaraknya jauh banget?

Ilustrasi penjualan televisi di Amerika Serikat pasca Perang Dunia I.
Pasca Perang Dunia I, televisi pertama kalinya dijual secara komersial. (Arsip Zenius)

Karena, pada tahun 1914-1918 ada Perang Dunia I. Pasca Perang Dunia I, orang-orang masih merasa stress dan trauma dengan kejadian yang mereka alami. Bisa dibilang, tahun 1920-an itu menjadi masa Roaring Twenties. Sehingga, banyak hiburan yang diadakan, seperti sirkus, jazz, dan televisi. Yap, televisi itu awalnya diciptakan untuk hiburan, guys.

Dari situ, ada perkembangan teknologi informasi komunikasi lagi berupa kemunculan kaset video mulai tahun 1970-an. Kemudian, kaset video mengalami perkembangan menjadi cakram laser, DVD, Blu-ray, hingga akhirnya televisi bisa diakses melalui internet.

Baca Juga: Sejarah Hari Televisi Sedunia dan Dampaknya untuk Kita (21 November)

Setelah itu, elo bisa menebak, nggak, teknologi penting apa yang diciptakan selanjutnya? Yap, penciptaan komputer pertama kali oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat pada tahun 1945. Komputer pertama tersebut dinamakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Tentu saja tujuannya untuk kepentingan militer.

Namun, penciptaan komputer tersebut tidak lepas dari tokoh bernama Charles Babbage yang hidup di abad ke-19. Penemuannya berupa mesin hitung pada tahun 1882, membuat Amerika Serikat terinspirasi untuk mengembangkan komputer.

Sayangnya, komputer zaman dulu itu nggak berukuran kecil seperti sekarang ini. Komputer zaman dulu itu sebesar ruangan, lho!

Nah, setelah komputer, sekarang lanjut ke penemuan internet (Interconnection Networking) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Nama internet tersebut adalah ARPANET.

Gue kaget, sih, waktu awal-awal tahu, bahwa teknologi informasi komunikasi yang saat ini kita gunakan itu dulunya banyak ditemukan oleh pihak militer untuk tujuan militer. Elo merasa gitu juga, nggak, sih?

Oke, lanjut lagi, yuk! Masih belum selesai, nih. Selanjutnya, kita bahas tentang awal mula kemunculan social media.

Social media muncul pada tahun 1995 dengan berbasis website yang bernama Geocities. Namun, kalau dilihat-lihat, Geocities ini lebih mirip 4shared yang kita kenal sekarang. Karena, kita bisa share file ke situs tersebut dan orang lain bisa mengunduhnya. Begitu pun sebaliknya.

Nah, kalau penemuan social media seperti yang kita kenal saat ini terjadi pada tahun 1997-1999 dengan nama Sixdegree dan Classmates. Hingga akhirnya, social media terus mengalami perkembangan hingga lahirlah Friendster pada tahun 2002.

Itu dia sejarah perkembangan teknologi informasi komunikasi. Elo bisa lihat sejarahnya dalam timeline singkat di bawah ini.

Ilustrasi timeline perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Timeline sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. (Arsip Zenius)

Dari uraian di atas, elo udah sekaligus mengetahui contoh perkembangan teknologi informasi komunikasi, lho. Ada telepon, radio, televisi, komputer, internet, hingga social media.

Baca Juga: Seperti Apa sih, Teknologi Digital Itu?

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan TIK tentu ada pengaruh positif dan negatifnya. Apa dampak positif dengan adanya perkembangan teknologi informasi komunikasi? Lalu, apa saja dampak negatif dari perkembangan tersebut? Langsung aja kita bahas satu per satu, yuk!

Dampak Positif

Pertama, kita akan bahas dampak positif atau manfaat dari perkembangan TIK, ya. Apa manfaat perkembangan teknologi informasi komunikasi?

1. Demokratisasi Akses Informasi

Dulu, informasi hanya bisa diakses lewat media koran, televisi, dan radio. Itu pun nggak semua orang bisa mengaksesnya secara mudah. Nah, sejak adanya perkembangan TIK, semua orang jadi bisa mengakses informasi secara mudah dan cepat. Kita juga bisa menyaring informasi mana yang ingin kita terima atau tolak.

2. Memajukan Berbagai Bidang Kehidupan

Perkembangan TIK juga bisa memajukan berbagai bidang kehidupan. Misalnya, ketika mau bayar pajak tahunan, sekarang kita nggak perlu datang langsung ke kantor pajak. Kita bisa laporan di rumah secara daring.

Dalam bidang kesehatan, kita juga bisa konsultasi dari rumah secara daring, jadi nggak perlu datang ke klinik atau rumah sakit hanya untuk konsultasi dengan dokter. Nah, bisakah elo menyebutkan contoh pada bidang lain yang terbantu dengan adanya perkembangan teknologi informasi komunikasi?

3. Mendekatkan yang Jauh

Perkembangan TIK juga sangat membantu kita dalam mendekatkan teman dan keluarga yang jauh. Kita tetap bisa berkomunikasi sekadar menanyakan kabar lewat pesan, pesan suara, atau panggilan video yang dilakukan secara daring.

Benar-benar bisa dilakukan seperti tanpa batasan jarak dan waktu, deh.

Dampak Negatif

Meskipun ada banyak manfaat perkembangan teknologi informasi, namun tetap aja ada dampak buruk atau negatif dari perkembangan tersebut. Sekarang, kita bahas dampak negatifnya, ya.

1. Munculnya Kejahatan Siber (Cyber Crime)

Kejahatan seperti ini udah sering terjadi. Elo tentu udah nggak asing dengan istilah scamming (penipuan), hacking (meretas), dan cyber-bullying (bullying orang lain di internet).

Iya, penipuan dan bullying memang dari dulu di dunia nyata sudah ada. Namun, adanya perkembangan TIK membuat kejahatan-kejahatan seperti ini semakin berkembang ke dunia maya, dan bisa lebih tersebar dengan lebih cepat.

Baca Juga: Fenomena Cyberbullying, Kenapa Pelaku Suka Merundung?

2. Maraknya Berita Bohong (Hoax)

Dulu, informasi yang tersebar di masyarakat itu dilakukan secara terpusat, guys. Maksudnya, ketika ada informasi, maka yang menyampaikan informasi tersebut dari sumber yang resmi. Kalau di Indonesia, kita mengenal adanya stasiun televisi TVRI dan stasiun radio RRI. melalui radio.

Sedangkan, saat ini pemberian informasi nggak begitu terpusat. Akses terlalu bebas, sehingga semua orang bisa memberikan informasi. Sayangnya, berita yang beredar sering banget nggak dipastikan dulu keakuratannya. Sehingga, muncul berita bohong atau hoax.

Nah, di era perkembangan TIK ini, saran gue, elo perlu 3S ketika mau menyebarkan suatu berita atau informasi. Apa itu 3S? 3S adalah saring sebelum sharing.

Baca Juga: Senjata Ampuh untuk Membongkar Hoaks

3. Penggunaan Gawai Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu nggak baik, ya, guys. Misalnya, karena terlalu asik main gadget atau HP, elo jadi nggak ngobrol sama teman-teman yang lagi di tongkrongan sama elo. Atau elo jadi melewatkan berbagai momen keluarga, karena lebih suka main gawai sendirian di kamar dan chatting sama teman daring elo yang bahkan nggak pernah elo temui di dunia nyata.

Bisa dibilang, perkembangan TIK juga bisa menjauhkan yang dekat.

Kita juga bisa mengambil contoh anak yang terlalu sering bermain game hingga kecanduan, maka aktivitas normalnya seperti belajar, bermain dengan teman-teman di lapangan, itu menjadi terganggu. Kalau HP-nya diminta, ia bakal marah-marah sampai nggak mau sekolah. Hmm, lebih bijak lagi bermain gawainya, ya! Kita sebagai orang dewasa juga perlu mengawasi adik-adik kita dalam bermain gawai.

So, adanya perkembangan TIK ini perlu kita manfaatkan sebaik mungkin. Hindari kejahatan-kejahatan yang mungkin terjadi dan lebih bijaklah dalam menggunakan TIK. Oke?

Pengaplikasian perkembangan TIK juga udah Zenius lakukan, nih. Elo bisa belajar dari mana aja dan kapan aja dengan nonton video belajar Zenius. Klik banner di bawah ini untuk menonton materi di atas, ya! Pastikan juga elo udah login ke akun Zenius.

klik ke video Sejarah Zenius

Contoh Soal Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi

Untuk mengakhiri uraian materi ini, coba kerjakan contoh soal yang udah gue sediakan di bawah ini, yuk!

Contoh Soal 1

Berikut yang bukan contoh perkembangan alat teknologi informasi adalah….

A. Komputer, televisi, dan radio.

B. Televisi, HP, dan telegram.

C. Social media, laptop, dan tablet.

D. Mesin cuci, CCTV, dan microphone.

E. CPU, komputer, dan televisi.

Jawab: D. Mesin cuci, CCTV, dan microphone.

Pembahasan:

Teknologi informasi komunikasi adalah segala hal teknologi yang berkaitan dengan penyampaian informasi. Nah, opsi D itu bukanlah peralatan yang terkait dengan penyampaian informasi.

Contoh Soal 2

Berikut ini yang bukan merupakan adanya perkembangan teknologi informasi adalah….

A. Mendekatkan yang jauh.

B. Biaya pendidikan jadi mahal.

C. Proses komunikasi menjadi lebih cepat.

D. Belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

E. Demokratisasi akses informasi.

Jawab: B. Biaya pendidikan jadi mahal.

Pembahasan:

Mahalnya biaya pendidikan bukanlah dampak dari adanya perkembangan teknologi informasi komunikasi. Justru dengan adanya perkembangan TIK, pendidikan bisa diakses dari mana saja, sehingga menjadi lebih hemat.

Baca Juga: Kenalan Sama Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

*****

Oke, segini dulu uraian mengenai perkembangan teknologi informasi komunikasi. Elo bisa mempelajari materi sejarah lainnya dengan nonton video belajar Zenius. Nah, berhubung elo udah kelas 12, gue mau menyarankan elo untuk mencoba try out yang soal-soalnya mirip banget sama UTBK Klik link di bawah ini, ya!

Try Out bareng Zenius

Bagikan Artikel Ini!