Infografis: Perbedaan Introvert dan Ekstrovert

perbedaan introvert dan ekstrovert

Gue adalah seorang introvert. Biasanya kalau terlalu lama di tempat yang ramai dan mengharuskan gue buat interaksi sama banyak orang, energi rasanya langsung habis, butuh rebahan.

Ada yang suka ngerasa kayak gini juga, nggak? Kalau iya, mungkin elo juga sama-sama introvert kayak gue!

Lalu, gue punya teman yang seorang ekstrovert. Teman gue ini bisa dibilang gampang banget berteman sama banyak orang. Seakan-akan, memang energinya dia terkumpul kalau berinteraksi sama banyak orang. Nggak kayak gue yang kebalikannya.

Terus, apa perbedaan introvert dan ekstrovert?

Nah, bisa tahu dari mana sih kalau elo seorang introvert atau ekstrovert? Sebenarnya, buat cari tahu tipe kepribadian, elo bisa coba tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang sering banget diomongin sama orang-orang.

Hasil tes itu nantinya bakalan mengklasifikasikan elo ke dalam satu dari 16 tipe kepribadian yang ada. Kalau elo kepo sama 16 tipe kepribadian itu, Zenius bakalan ngebahas tipenya satu-satu di artikel series nanti, tunggu ya!

Balik lagi ke introvert dan ekstrovert, sebenarnya, itu apa sih? Pernah nggak elo ngerasa penasaran sama dua hal ini awalnya dari mana dan kenapa bisa jadi populer banget sampai sekarang? Jawabannya bisa elo temuin di Mengenal Apa Itu Introvert dan Ekstrovert, lho!

Gue juga mau ngajak elo cari tahu apa perbedaan introvert dan ekstrovert, mengenal sedikit tentang MBTI, dan apakah orang introvert bisa berubah jadi ekstrovert dan sebaliknya? Karena menurut pencetus teorinya, yaitu Carl Jung, introvert dan ekstrovert ini nggak bisa benar-benar dijadikan acuan konkret buat mengklasifikasikan orang-orang.

Nggak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung lihat penjelasannya lewat infografis di bawah ini!

Baca Juga: Infografis: Ciri-ciri Anxiety dan Cara Mengatasinya

Perbedaan Introvert dan Ekstrovert

Referensi

Carl Gustav Jung: Arti Introvert dan Ekstrovert Menurut Pencetus Aslinya – Zenius Blog (2021)

Tipe Kepribadian – 16Personalities

How People Use the Myers-Briggs Personality Test To Find Themselves – The Atlantic (2015)

Extrovert vs. Introvert: How They’re Different – Healthline (2019)

Can Introverts Change To Extroverts, And Vice Versa? – Bustle (2015)

Sumber Gambar: Fandom & 16personalities

Bagikan Artikel Ini!