7 Peradaban Tertua di Dunia – Materi Sejarah Kelas 10

Ilustrasi peradaban tertua di dunia.

Apa yang terlintas dalam benak elo ketika ditanya tentang peradaban tertua di dunia? Apakah Yunani Kuno? Atau Romawi Kuno? Nggak salah, kok. Keduanya termasuk dalam daftar seperti yang ada di artikel ini. Cari tahu semuanya, yuk!

Halo, Sobat Zenius! Untuk mengawali materi kita kali ini, gue punya pertanyaan yang bisa dibilang sebagai pemancing ke materi yang akan kita bahas, nih.

“Bagaimana peradaban awal manusia bisa tercipta?”

Kan nggak mungkin, ya, tiba-tiba dunia udah seperti sekarang ini. Orang-orang udah ada yang tinggal di kota besar, teknologi canggih di mana-mana, makanan dan minuman bervariasi.

Padahal, dulu nggak kayak gini, lho. Kita merupakan generasi di abad ke-21 yang bisa dibilang beruntung bisa menikmati itu semua. Nah, elo penasaran, nggak, sih, gimana peradaban tertua di dunia itu bisa tercipta?

Kita mengenal beberapa peradaban, seperti peradaban Mesir Kuno, peradaban Romawi Kuno, dan peradaban Yunani Kuno. Namun, tahukah elo manakah peradaban yang paling awal di dunia? Itulah yang akan kita bahas di sini. Buat elo yang penasaran, simak urutan peradaban tertua di dunia, yuk!

Peradaban Tertua di Dunia

Oke, kita balik dulu ke pertanyaan, “Bagaimana peradaban awal manusia bisa tercipta?”

Kita flashback dulu ke sekitar 200.000 tahun yang lalu, ketika manusia pertama, Homo sapiens muncul di Afrika. Dulu, manusia itu masih nomaden, yaitu hidup berpindah-pindah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kalau di satu tempat sudah tidak ada makanan atau dirasa udah nggak aman, maka mereka akan pindah ke tempat lainnya yang lebih baik daripada sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, manusia purba mengalami perkembangan. Dari yang awalnya nomaden, kemudian mereka mulai menetap. Peralihan tersebut menjadi tanda ketika manusia purba memasuki Revolusi Neolithikum. Mereka bisa menetap di suatu wilayah karena mulai menjalani kehidupan bercocok-tanam (agrikultur) dan domestikasi hewan. Artinya, sumber makanan berlimpah tanpa mereka harus pergi mencarinya ke tempat lain.

Palaeolithikum → Mesolithikum → Neolithikum

Nah, ketika manusia udah mulai menetap dan merasa aman, hal itu berkorelasi pada meningkatnya jumlah manusia. Dari situ, muncul suatu kumpulan manusia di satu daerah—kita bisa menyebutnya desa.

Semakin berkembang lagi, manusia akhirnya mulai memiliki rasa kepemilikan pribadi. Misalnya dari aktivitas beternak, manusia punya ternak masing-masing, mereka nggak mau dong, kalau ternak miliknya diakui oleh orang lain. Dari situ, muncul juga yang namanya spesialisasi. Orang-orang bekerja sesuai dengan kemampuannya, ada yang bekerja sebagai petani, peternak, pengrajin, dan pedagang.

Hal-hal itulah yang menjadi dasar terbentuknya suatu peradaban manusia, guys. Jadi, ini dia resep-resep terciptanya suatu peradaban.

Cuplikan video materi Zenius tentang awal mula terciptanya suatu peradaban tertua di dunia.

Yap, gambar di atas merupakan cuplikan video materi Zenius yang menjawab pertanyaan gue di awal, “Bagaimana peradaban awal manusia bisa tercipta?”. Apakah elo bisa menontonnya? Tentu saja bisa. Elo bisa nonton videonya di sini, pastikan elo udah punya akun Zenius, ya. 

Peradaban Mesopotamia

Peradaban tertua di dunia yang pertama akan kita bahas adalah peradaban Mesopotamia. Ini dia peradaban yang paling awal di dunia. Nggak ada yang tahu pasti kapan peradaban ini dimulai. Namun, banyak yang menganggap peradaban ini muncul sekitar 3300 SM.

Nama Mesopotamia berasal dari bahasa Yunani, yaitu mesos yang artinya tengah dan potamos yang artinya sungai.

Dengan begitu, Mesopotamia berarti peradaban di antara Sungai Eufrat dan Tigris. Hayoo, ada yang bisa nebak, nggak, peradaban Mesopotamia sekarang jadi negara apa?

Yap, lokasi peradaban ini terletak di wilayah yang sekarangnya menjadi negara Irak, Turki, Iran, dan Suriah.

Kita langsung bahas poin-poin penting dari peradaban ini, yuk!

Corak PolitikTemple state atau negara kuil, di mana di setiap kota ada kuil dan kepercayaannya masing-masing.Teokrasi, yaitu sistem pemerintahan yang dibentuk atas dasar kepemimpinan orang-orang yang mengaku sebagai wakil kekuatan gaib (Tuhan, Dewa, atau Dewi).Dipimpin oleh imam raja yang menguasai kuil dan negara sekaligus.
Corak Sosial EkonomiTerhimpun dalam polis (kalau ngomongin negara, ya berarti ngomongin kota).Telah mengenal stratifikasi sosial Teokrasi, yaitu imam raja → pedagang → petani, nelayan, peternak → budak.
Corak EkonomiPertanian, yaitu jelai, bawang, anggur, dan apel.Penangkapan ikan.
Corak Sains dan TeknologiAksara cuneiform atau aksara paku (bentuk aksaranya seperti paku, guys).Sexagesimal (sistem angka dengan 60 sebagai dasarnya).Sistem kalendar bulan.Penamaan dan sistem 7 hari dalam seminggu.Sistem pembagian waktu 1 hari = 60 menit.Diagnosis penyakit.

Nah, untuk timeline dari peradaban ini, yaitu sebagai berikut.

  • Pre-Sumeria (waktunya tidak diketahui, karena tidak ada catatan tentangnya)
  • Sumeria (4500 – 2900 SM)
  • Akkadia (2334 – 2154 SM)
  • Assyria (2500 – 1609 SM)
  • Babilonia (1895 – 539 SM)
  • Seleucia (305 SM – 165 M)
  • Parthia (247 SM – 224 M)

Kalau elo mau mengetahui uraian dari masing-masing timeline di atas, elo bisa cek ke artikel Zenius di bawah ini!

Baca Juga: Peradaban Mesopotamia dan Peninggalannya

Peradaban Amerika Kuno

Peradaban tertua di dunia selanjutnya yang akan kita bahas adalah peradaban Amerika Kuno. Di sini, elo akan mengenal istilah yang nggak asing lagi tentunya, yaitu peradaban suku Maya. suku Aztec, dan suku Inca.

Tapi, itu akan kita bahas di artikel yang berbeda dan khusus, di sini gue hanya akan membahas singkat mengenai peradaban yang satu ini.

Bentuk PemerintahanPeradaban Amerika Kuno mayoritas menganut sistem pemerintahan monarki. Bisa dibilang, pemerintahannya menganut feodalisme, yaitu para penguasa memiliki daerahnya masing-masing.
Sistem KepercayaanMasyarakat Amerika Kuno menganut sistem polytheisme, yaitu adanya lebih dari satu kepercayaan. Tepatnya, menyembah banyak Dewa. Sama seperti mayoritas peradaban kuno lainnya, kok.
Kehidupan MasyarakatMayoritas, penduduk peradaban Amerika Kuno hidup dengan bercocok tanam, guys. Komoditasnya seperti kentang dan coklat.

Nah, untuk timeline dari peradaban Amerika Kuno, yaitu:

  • Pernak-pernik tertua ditemukan di Wyoming (8000 SM).
  • Monumen La Galgada di Peru dibangun (2700 SM – 1700 SM).
  • Ditemukannya seni rupa keramik di Ekuador (2000 SM – 250 M).
  • Dimulainya peradaban Maya (300 SM – 250 M).
  • Kekaisaran Aztec mulai muncul (1428).
  • Kedatangan Christopher Colombus (1492).
  • Columbus Exchange (abad ke-15 dan 16).

Baca Juga: Peradaban Amerika Kuno, Peninggalan, dan Kebudayaannya

Peradaban Mesir Kuno

Peradaban Mesir Kuno terjadi pada sekitar tahun 3100-27 SM. Lokasi peradabannya ada di sepanjang Sungai Nil. Masyarakat Mesir sendiri sering menyebut wilayahnya dengan sebutan Kemet atau Kumat yang artinya tanah hitam. Yap, sebutan tersebut sesuai dengan kondisi tanahnya yang berwarna hitam.

Untuk sejarah perkembangan peradaban Mesir Kuno, elo bisa lihat timeline-nya berikut ini.

  • Periode dinasti awal (3150 – 2686 SM).
  • Periode kerajaan Mesir lama (2686 – 2181 SM).
  • Periode pertengahan pertama (2181 – 2055 SM).
  • Periode kerajaan Mesir pertengahan (2055 – 1650 SM).
  • Periode pertengahan kedua (1650 – 1550 SM).
  • Periode kerajaan Mesir baru (1550 – 1069 SM).
  • Periode pertengahan ketiga (1069 – 664 SM).
  • Periode akhir Mesir Kuno (664 – 332 SM).

Nah, kita bahas singkat mengenai corak kehidupan masyarakat Mesir Kuno, yuk!

Corak PolitikTeokrasi.Fir’aun sebagai wakil Tuhan.
Corak EkonomiPertanian.Perdagangan.
Corak SosialPolytheisme.Masyarakatnya menganut sistem stratifikasi tertutup (artinya seseorang  sulit untuk naik ke kelas sosial yang lebih tinggi), dengan urutan hierarki: Fir’aun → penasihat → pendeta → tentara → tukang → petani → budak.
Corak Sains dan TeknologiAlat-alat pertanian.Teknik sipil.Kalendar surya.Alat bedah.Rias wajah.Alat tulis dari papirus.Piramida.

Nah, ini contoh bahwa masyarakat Mesir Kuno menganut kepercayaan polytheisme. Mereka menyembah banyak Dewa, guys.

Ilustrasi berbagai Dewa yang disembah oleh masyarakat Mesir Kuno.
Dewa-dewa utama Peradaban Mesir Kuno. (dok. Wikimedia Commons)

Baca Juga: Peradaban Mesir Kuno dan Peninggalannya

Peradaban India Kuno

Peradaban tertua di dunia selanjutnya adalah peradaban India Kuno. Kata ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu indus yang artinya peradaban di Sungai Indus dan kata India yang dipakai secara luas ketika Inggris menjajah wilayah ini.

Lokasinya ada di sekitar Sungai Indus dan Gangga, tepatnya ada di Kota Mohenjodaro dan Harappa. Kalau sekarang, lokasinya ada di bagian selatan atau barat laut wilayah India modern.

peta peradaban india kuno zenius
Peta peradaban India Kuno. (dok. Wikimedia Commons)

Selanjutnya, kita bahas secara singkat mengenai kehidupan masyarakat India Kuno, ya.

Corak PolitikMasyarakatnya kompleks, ada pembuatan keputusan secara bersama.Mengenal asumsi negara mandiri dan komunalisme.Sistem pemerintahannya teratur, maju, dan makmur dilihat dari peninggalannya pada reruntuhan Kota Mohenjodaro dan Harappa.
Corak EkonomiPertanian: gandum dan jelai.Peternakan: sapi Zebu.Perdagangan dengan Mesopotamia.
Corak Sosial BudayaPernak-pernik perundagian.Polytheisme.
Corak Sains dan TeknologiSistem metrologi.Metalurgi.Sistem sanitasi.

Baca Juga: Peninggalan Peradaban India Kuno dan Peninggalannya

Peradaban Cina Kuno

Peradaban yang satu ini udah ada sebelum Dinasti Qin, lho, guys. Dinasti pertama yang diceritakan dalam sejarah peradaban Cina Kuno adalah Dinasti Xia yang didirikan oleh Yu the Great. Lokasi peradaban Cina Kuno ada di sekitar Sungai Yangtze dan Huang He.

Akar kata Cina sendiri berasal dari bahasa Sansekerta di dalam kitab Mahabarata. Kemudian, kata tersebut diadaptasi oleh bahasa Persia dan dikenal luas di Eropa. Oh iya, bangsa Cina sendiri menyebut negeri mereka dengan sebutan Zhouggou yang artinya negeri tengah.

Berikut merupakan tabel mengenai kehidupan masyarakat Cina Kuno.

Corak PolitikFeodalisme.Kesatuan (unitarian).Deifikasi atau mandate of heaven, yaitu kekaisaran Cina yang dianggap sebagai orang-orang terpilih oleh langit untuk memerintah.Adanya birokrasi.
Corak EkonomiAgraris (pertanian sungai), yaitu kedelai, beras, teh, dan sutra.
Corak Sosial BudayaMultikultural, yaitu keberagaman budaya.Kepercayaan terhadap leluhur, Taoisme, Konghucu, dan Buddha.Mengembangkan aksara piktogram atau sistem aksara yang menggunakan penampakan gambar untuk meniru objek sebenarnya.
Corak Sains dan TeknologiObat herbal, akupuntur, feng shui.Kertas.Keramik porselen.Bubuk mesiu.

Baca Juga: Peradaban Cina Kuno Beserta Kebudayaannya

Peradaban Yunani Kuno

Selanjutnya, kita bahas peradaban Yunani Kuno. Elo tahu, nggak, bahwa kata Yunani itu berasal dari mana? Ternyata, kata Yunani berasal dari nama kota paling Timur di Yunani, yaitu Ionia. Namun, orang Yunani sendiri menyebutnya dengan kata Hellas.

Lokasi peradaban ini ada di Semenanjung Balkan, Kepulauan Peloponnesos.

Letak Yunani Kuno di ujung Selatan Semenanjung Balkan.
Ini dia peta peradaban Yunani Kuno, ada di ujung selatan Semenanjung Balkan, ya, guys. (Arsip Zenius)

Untuk kehidupan masyarakat Yunani Kuno, elo bisa lihat secara singkat pada tabel di bawah ini.

Corak PolitikBerhimpun dalam polis (negara kota).Praktik demokrasi.Kolonisasi.Sistem peradilan, yaitu Heliaia.Sistem pemerintahan, yaitu Archon, Boule, dan Ecclesia.
Corak EkonomiPerdagangan maritim.
Corak Sosial BudayaHellenisme, yaitu tradisi, kepercayaan, dan gaya seni khas Yunani.Menganut kepercayaan paganisme, yaitu menyembah dewa-dewi (polytheisme).Menganut stratifikasi sosial yang terdiri dari empat kelas, yaitu kelompok atas (laki-laki) → perempuan setempat → pendatang → budak.
Corak Sains dan TeknologiFilsafat.Matematika.Demokrasi (sosial budaya).Sistem aksara, yaitu Alfabet.

Baca Juga: Peradaban Yunani Kuno, Peninggalan, dan Hasil Kebudayaannya

Peradaban Romawi Kuno

Peradaban tertua di dunia yang akan kita bahas terakhir adalah peradaban Romawi Kuno. Elo tentu tahu bangunan Colosseum atau kepikiran tentang Gladiator, nggak? Nah, keduanya merupakan peninggalan Romawi Kuno, guys.

Kata Romawi berasal dari mitologi setempat, yaitu Dewi Roma dan kisah Remus dan Romulus. Lokasi peradaban ini ada di sekitar Sungai Tiber dan Semenanjung Italia.

Gue akan membahas secara singkat tentang kehidupan masyarakat Romawi Kuno pada tabel berikut ini.

Corak PolitikRepublikanisme, yaitu pengurusan negara sesuai dengan semangat kepentingan umum.Adanya sistem hukum, seperti Lex Tabularum Duodecim, Ius Gentium, Ius Civile, Ius Naturae, dan Corpus Juris.Separation of power, yaitu senate dan tribune.
Corak EkonomiPertanian.Perdagangan.Pertambangan.Penjajahan, yaitu dalam bentuk rampasan dan pajak.
Corak Sosial BudayaAksara latin.Musik dan sastra.Kepercayaannya merupakan salinan dari mitologi Yunani.Etika dan moralitas.Theater dan amphitheater.Pendidikan (pedagogi).
Corak Sains dan TeknologiBeton.Busur.Aquaduk, yaitu bangunan saluran air bersih.Jalan raya.Sanitasi.Teknik militer.
Ilustrasi peninggalan Romawi Kuno dalam corak sains dan teknologi berupa aquaduk.
Nah, ini dia yang dimaksud dengan aquaduk. (dok. PxHere)

Baca Juga: Peradaban Romawi Kuno dan Peninggalannya

Nah, udah mulai kebayang, kan, gimana peradaban kita saat ini mengalami perkembangan yang begitu signifikan. Karena, peradaban sejak awal itu udah seberkembang itu. Ada banyak sistem atau peninggalan sejak peradaban tertua yang dibawa atau masih diaplikasikan hingga saat ini.

Elo bisa banget, lho, nonton video materi tentang semua peradaban di atas dengan nonton video Zenius dengan klik banner di bawah ini.

klik ke video Sejarah Zenius

Contoh Soal dan Pembahasan Peradaban Tertua di Dunia

Dari uraian di atas mulai dari peradaban Mesopotamia hingga Romawi Kuno, tentu elo masih ingat mengenai ciri-ciri atau poin-poin penting dari masing-masing peradabannya, kan? Elo bisa menguji kemampuan elo dengan mengerjakan contoh soal yang udah gue sediakan di bawah ini.

Contoh Soal 1

Peradaban Sungai Indus ada di wilayah….

A. Amerika.

B. Cina.

C. India.

D. Mesir.

E. Yunani.

Jawab: C. India.

Pembahasan:

Peradaban Sungai Indus merupakan sebuah peradaban kuno yang ada di sepanjang Sungai Indus. Sekarang, wilayah tersebut menjadi Pakistan dan India Barat.

Nah, peradaban tersebut ditandai atau dibuktikan dengan reruntuhan kota Mohenjodaro dan Harrapa, guys. Jadi, peradaban Sungai Indus ada di wilayah India, ya.

Contoh Soal 2

Di bawah ini merupakan daftar peradaban tertua di dunia, kecuali….

A. Peradaban Mesopotamia.

B. Peradaban Amerika Serikat.

C. Peradaban Mesir.

D. Peradaban India.

E. Peradaban Cina.

Jawab: B. Peradaban Amerika Serikat.

Pembahasan:

Hayo, siapa yang terkecoh dengan pilihan ganda di atas? Ingat, ya, kita sedang membahas peradaban kuno. Sedangkan, Amerika Serikat itu bukan peradaban kuno, guys. Amerika Serikat itu baru merdeka pada tahun 1776. Selain itu, penduduk asli Amerika Serikat juga bukan yang kita kenal seperti sekarang ini. Penduduk asli mereka berasal dari Suku Indian.

*****

Oke, guys, pembahasan kita kali ini mengenai peradaban tertua di dunia harus berhenti sampai di sini. Tapi, elo jangan khawatir, karena elo bisa belajar lebih lanjut mengenai sejarah peradaban di video materi Zenius. Kayak gini contoh tampilannya.

Cuplikan website video belajar Zenius tentang peradaban tertua di dunia.
Tampilan website video belajar Zenius tentang peradaban dunia kuno mancanegara dan persiapan ujian sekolah. (Arsip Zenius)

Gimana, tertarik buat nonton video belajarnya Zenius? Elo hanya perlu login, terus udah bisa menikmati video gratis dan premiumnya, deh. Selain itu, elo juga bisa mencoba melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran dengan klik link di bawah ini!

Try Out bareng Zenius

Bagikan Artikel Ini!