penggunaan modals

Penggunaan Modals dalam Bahasa Inggris

Halo Bapak/Ibu guru, sudah tahukah bagaimana penggunaan modals dalam Bahasa Inggris? Beberapa kali Bapak/Ibu guru pasti mendengar kalimat-kalimat Bahasa Inggris yang memakai kata can, could, may, might, must, shall, should, will, atau would. Wah, banyak juga ya ternyata. Kata-kata itu disebut dengan modals atau kata kerja modal. Coba kita perhatikan contoh kalimat-kalimat di bawah ini.

  • Can you help me?
  • She must clean the class.
  • They will tell you about the assignment later.

Dari kalimat-kalimat di atas, bisa dilihat kalau penggunaan modals erat banget dengan perbincangan sehari-hari, mulai dari menyatakan kemauan, kemampuan, kebutuhan, atau kemungkinan. Jadi, penting bagi siswa dan juga Bapak/Ibu guru untuk memahami penggunaan modals ini, agar nantinya bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara lancar. 

Selain membantu untuk mengungkapkan tentang kemampuan, membuat permintaan, meminta izin, dan lainnya, kata kerja modals dalam Bahasa Inggris berbeda dari kata kerja lain. Hal ini karena modals ini tidak digunakan secara terpisah dan tidak menunjukkan tindakan atau keadaan tertentu, mereka hanya mencerminkan modalitasnya, sikap pembicara terhadap tindakan tersebut. Itulah mengapa mempelajari modals dalam Bahasa Inggris penting banget.

Dalam penerapannya, banyak yang bilang kalau will adalah bentuk present dari would, can adalah bentuk present dari could, may bentuk present dari might, dan shall adalah bentuk present dari should. Di beberapa kasus, pernyataan itu bisa benar. Tapi secara garis besar, bentuk present atau past di modals jarang digunakan. Would, could, might, dan should bisa juga merujuk ke sesuatu dalam present dan tidak selalu bermakna lampau atau past.

Supaya siswa tidak kebingungan, minta mereka untuk tidak perlu terlalu memperhatikan bentuk past atau present. Karena seperti yang tertulis di atas, sebuah modals tidak selalu merujuk ke satu bentuk present atau past. Sekarang, yuk kita bahas bersama struktur dari modals itu sendiri!

Struktur Modals

contoh penggunaan modals
Contoh penggunaan modals Bahasa Inggris dalam kalimat.

Secara umum, penggunaan modals dalam kalimat positif adalah sebagai berikut:

S + modal + V1

She can sing

Sementara, untuk penggunaan modals dalam kalimat negatif, cukup menambahkan bentuk negatif not, seperti:

S + modal + not + V1

She cannot sing

Dalam kalimat pertanyaan yang jawabannya yes/no, modals bisa digunakan dengan rumus:

Modal + S + V1?

Can she sing?

Untuk modals dalam pertanyaan 5W1H, struktur yang dipakai adalah:

5W1H + O + Modal + S + V1?

What song can she sing?

Penggunaan Modals di Kehidupan Sehari-hari

penggunaan modals
Fungsi modals dalam kehidupan sehari-hari (Foto dari Pexels)

Setiap jenis modals punya fungsinya masing-masing. Ada yang digunakan untuk menyatakan keinginan seperti will, shall, would, should; menyatakan kepastian contohnya must, have to, had to, should, ought to; dan lain sebagainya. Semua fungsi modals ini harus dilihat lagi dari bentuk kalimatnya.

Nah, agar siswa bisa lebih mudah memahami penggunaan modals, Bapak/Ibu guru bisa menjelaskan jenis-jenis modal berdasarkan fungsinya.

penggunaan modals
Fungsi modals

Meminta Bantuan atau Polite Requests

Modals bisa digunakan untuk meminta tolong atau meminta bantuan ke seseorang. Dalam penerapannya, hal pertama yang harus kita lihat adalah subjek dari kalimatnya. Contohnya kalimat dengan subjek I dan you.

Subjek I

  • May I sit here?
  • Could I eat here?
  • Can I eat here? 

Subjek you

  • Would you close the door?
  • Will you close the door?
  • Could you close the door?
  • Can you open the door?

Menunjukkan Kemampuan atau Showing Abilities

Modals juga bisa digunakan untuk menunjukkan kemampuan. Biasanya, jenis modals yang dipakai untuk menunjukkan kemampuan adalah can dan could. Dalam hal ini, could berperan sebagai bentuk lampau dari can. Contohnya:

  • I can play the piano. (menunjukkan kemampuan bermain piano di waktu saat ini)
  • I could play the piano. (menunjukkan kemampuan bermain piano di waktu lampau)

Menunjukkan Pilihan atau Expressing Preference

Modals bisa digunakan untuk menunjukkan pilihan atau preferensi. Untuk fungsi ini, modals yang dipakai adalah would rather. Nah, untuk membandingkan sesuatu dalam kalimat would rather digunakan kata than. Contohnya:

  • I would rather sleep than study.
  • I would rather watch a movie.

Menyatakan Keharusan atau Expressing Necessity

Penggunaan modals dalam menyatakan keharusan atau expressing necessity yaitu must atau have to. 

  • You must go now.
  • Must I go now?
  • She has to read this book.
  • She had to read this book. (menyatakan keharusan dalam bentuk lampau)

Memberi Saran atau Advisability

Modals sering banget dibutuhkan untuk memberi saran atau advisability. Jenis modals yang biasa dipakai adalah should/ought to dan had better, dimana penggunaan had better memiliki makna yang lebih kuat dan terkadang mengandung konsekuensi yang akan diterima.

  • He should sleep earlier.
  • He ought to sleep earlier. 
  • You should arrive on time.
  • You ought to arrive on time.
  • You had better go home.
  • You’d better go home.

Supaya siswa bisa lebih mudah memahami penggunaan modals, setelah memberikan penjelasan Bapak/Ibu guru dapat meminta siswa untuk membuat kalimat-kalimat Bahasa inggris berdasarkan fungsi modals yang tertulis di atas. Kalau banyak berlatih, nantinya siswa akan lebih terbiasa dan mudah menggunakan modals tersebut ke dalam kalimat ataupun dalam percakapan secara langsung.

Bapak/Ibu guru juga bisa mengajarkan materi Bahasa Inggris kelas 9 lainnya menggunakan video materi yang ada di Zenius. Selain video materi, Bapak/Ibu guru juga bisa membagikan video latihan soal melalui LMS Zenius untuk Guru dan membahasnya bersama siswa. Video-video materi Bahasa Inggris kelas 6 SD ini bisa Bapak/Ibu guru akses secara gratis di sini, klik: Materi Bahasa Inggris Kelas 9.

Baca Juga Artikel Lainnya

Perbedaan Many dan Much

Cerita Rakyat: Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur Intrinsik, dan Contohnya

Seni Grafiti untuk Kembangkan Potensi Diri

Bagikan artikel ini